Tips Belajar Matematika Yang Asik Dan Menyenangkan

Cara Belajar Matematika Yang Asik Dan Menyenangkan
Cara Belajar Matematika Yang Asik Dan Menyenangkan

Tips Belajar Matematika Yang Asik Dan MenyenangkanTidak dapat ditampik lagi jika pelajaran Matematika selalu menjadi momok untuk anak – anak. Mereka akan selalu merasa kesusahan ketika menghitung, dalam memahami soal cerita, sampai menghafalkan rumus – rumus yang jumlahnya tidak sedikit. Pada akhirnya ini akan membuat anak – anak menjadi benci Matematika dan juga menjadi malas dalam mempelajari dengan lebih serius.

Pada sebenarnya Matematika bukanlah sesuatu yang susah untuk dipelajari. Setiap anak dapat memahami dengan baik asalkan cara belajarnya juga tepat. Belajar Matematika tidak dapat dilakukan dengan belajar soal terus menerus supaya paham. Belajar Matematika harus dilakukan dengan netode – metode dan cara yang menyenangkan supaya anak – anak dapat mudah untuk memahaminya tanpa merasa kesulitan dan juga merasa terpaksa.

Untuk itu kami memberikan alternatif tips belajar matematika yang asik juga menyenangkan, berikut ini merupakan tips yang dapat dipraktikkan supaya belajar Matematika  menjadi hal yang asyik juga menyenangkan.

Baca Juga Hari Kucing Sedunia 2018

Baca Juga Pendidikan Karakter Wajib Untuk Anak Sekolah, Ini Alasannya

Baca Juga 5 Fakta yang Belum Anda Ketahui Soal Hari Pramuka

  1. Belajar di Alam Terbuka

Belajar Di Alam Terbuka
Belajar Di Alam Terbuka

Tidak selamanya dalam belajar mengajar hanya dilakukan di dalam ruang kelas saja. Ada kalanya, jika anak-anak harus untuk diajak ke luar ruangan guna belajar dengan cara yang lebih seru lagi. Dalam belajar Matematika juga lakukan dengan demikian, anak-anak dapat diajak untuk keluar ruangan kemudian belajar dengan secara yang menyenangkan. Bila perlu dilakukan kegiatan di alam sekitar untuk menunjang pembelajaran matematika yang menyenangkan.

Anak-anak dapat diajarkan dengan cara berhitung dengan metode yang menyenangkan, misal dengan menggunakan daun – daunan ataupun bunga. Mereka dapat diajarkan pengurangan dengan melakukan metode transaksi seperti kegiatan jual beli di pasar. Hal-hal yang semacam ini akan lebih mendekatkan anak-anak dalam penerapan matematik yang secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kemampuan secara matematisnya.

 

  1. Menggunakan Permainan

 

Belajar Sambil Bermain
Belajar Sambil Bermain

Selain belajar di  area alam terbuka, belajar Matematika juga juga dapat dilakukan dengan permainan yang sangat menyenangkan. Permainan yang dapat dilakukan ada dua jenis cara. Pertama adalah permainan yang dilakukan dengan metode secara langsung, yakni berhitung dengan menggunakan jari, cepat-cepatan dalam menjawab, dan juga lain sebagainya. Permainan yang kedua dapat dilakukan dengan menggunakan alat peraga dan dapat juga melakukan aplikasi yang ada dalam komputer ataupun ponsel pintar.

  1. Mempelajari Trik-Trik Matematika

    Belajar Trik Trik Matematika
    Belajar Trik Trik Matematika

Untuk anak-anak, hal yang paling menyebalkan dari belajar Matematika yakni susahnya dalam menghafal rumus. Hampir dalam setiap materi Matematika, rumus yang digunakan sangat banyak dan juga semakin sulit. Untuk mereka yang mempunyai daya ingat tinggi, menghafal rumus tidak menjadi masalah kagi. Akan tetapi untuk mereka yang sulit dalam hal menghafal dapat menjadi masalah yang akan fatal.

Dalam mengatasi hal ini ada beberapa trik dalam Matematika akhirnya diciptakan. Dengan menggunakan trik ini, Matematika dapat dipelajari dengan suasana yang lebih menyenangkan. Trik dalam Matematika dapat berupa bagaimana cara menghitung dengan cara cepat, mencari nilai-nilai tertentu tanpa menggunakan rumus rumit, hingga dengan menggunakan jembatan keledai yang untuk menghafalkan rumus-rumus yang cukup panjang dan juga membingungkan.

        4. Mempelajari Sempoa

Mempelajari Sempoa
Mempelajari Sempoa

Sempoa merupakan alat hitung yang banyak dipakai oleh para masyarakat Tiongkok. Dengan menggunakan alat ini, hampir semua operasi bilangan dapat dilakukan dengan baik dan juga benar. Anak dapat diajari dengan menggunakan sempoa agar lebih memudahkan mereka pada saat menghitung. Anak-anak akan menjadi lebih cepat pada saat menghitung sehingga waktu yang akan dihabiskan untuk belajar akan jauh lebih sedikit.

Seiring dengan waktu yang berjalan, anak-anak akan menjadi tidak membutuhkan sempoa lagi untuk menghitung. Dengan menggunakan gerakan tangan dengan membayangkan sempoa. Akan dapat melakukan penghitungan dengan cepat. Metode sempoa dapat diajarkan kepada anak-anak sedari dini. Begitu mereka akan menguasai metode sempoa, anak-anak disini akan menerapkan secara terus menerus sampai mereka masuk ke jenjang SMP dan SMA.

 

Itulah beberapa tips dalam belajar Matematika yang asyik dan juga menyenangkan. Tips ini juga dapat diterapkan dalam kelas dan juga saat anak-anak telah berada di dalam rumah. Dengan melakukan hal-hal seperti di atas, anak-anak disini mulai menyukai  Matematika dan nilai mereka di bidang studi ini yang akan meningkat dengan sangat tajam.

Lihat cara yang lainya di ribuancara.com banyak sekali cara yang belum Kamu ketahui, banyak artikel yang membahas cara-cara yang bagus dan lengkap.