Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya – Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita. Terlebih lagi jika saat itu kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting, misalnya tugas kantor ataupun tugas sekolah yang harus segera dikumpulkan. Disini tentu kalian akan merasa pusing dan bingung bagaimana untuk mengatasi hal ini. Bukannya cepat menyelesaikan tugas, yang ada malah kita jadi kesal akibat laptop yang lemot.

Memiliki laptop yang lemot sangatlah membuat kita naik darah, selain memperlambat kita dalam mengerjakan tugas, hal ini juga mengganggu aktivitas yang kita lakukan dengan menggunakan laptop, baik itu untuk hiburan ataupun untuk mencari informasi. Nah pada kesempatan kali ini mastekno akan menjelaskan beberapa penyebab laptop menjadi lemot beserta cara mengatasinya.

10 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya Lengkap

Sebelum kalian mengatasi laptop kalian yang lemot, terlebih dahulu kalian harus mencari tahu penyebab dari laptop kalian yang lemot tersebut. Setelah kalian mengetahui penyebabnya, setelah itu kalian bisa mencari cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab laptop menjadi lemot dan cara mengatasinya.

#1. Kapasitas RAM Kecil

RAM (Random Access Memory) merupakan memori yang dipakai untuk menyimpan data secara sementara pada sebuah komputer ketika menjalankan program. Semakin banyak program dan aplikasi yang kalian jalankan pada Laptop, maka semakin banyak juga RAM yang diperlukan. RAM mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan multitasking. Berikut ini adalah cara mengatasinya:

  • Jika laptop kalian lemot dan bahkan crash ketika menjalankan beberapa program bersmaan, maka kalian harus menambah kapasitas RAM laptop kalian. Semain besar kapasitas RAM, maka semakin banyak program yang bisa kalian jalankan secara bersamaan. Harga RAM untuk ukuran 4GB sekitar 400rb tergantung dari merek dan tipenya.

#2. Banyak Program Dijalankan Bersamaan

Seperti yang sudah saya katakan di atas sebelumnya, salah satu penyebab laptop menjadi lemot adalah karena banyak program yang dijalankan secara bersamaan pada laptop kalian. Karena laptop yang tidak mampu menjalankan semua program tersebut, alhasil laptop menjadi lemot dan bahkan crash. Komponen utama sepeprti processor dan RAM memiliki beban yang terlalu berat. Berikut ini adalah cara mengatasinya:

  • Jalankan program satu persatu secara bergantian, jangan jalankan banyak program secara bersaamaan, terlebih lagi jika program tersebut membutuhkan RAM yang banyak. Namun bed lagi jika Laptop kalian sudah menggunakan processor Intel Core i7 dengan kapasitas RAM 8GB, maka tidak menjadi masalah untuk menjalankan banyak program bersamaan.

#3. Adanya Virus pada Laptop

Virus merupakan sebuah program yang bisa menyebabkan laptop kita mengalami keruskan. Dengan adanya virus pada laptop kita ini juga bisa menyebabkan laptop menjadi lemot dan lambat. Virus dapat menggandakan diri sendiri dan bisa mengakibatkan kinerja laptop menjadi lebih lambat. Selain itu virus juga dapat merusak data-data penting pada laptop kalian. Untuk mengatasi ini ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan, berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya:

Kalian bisa menggunakan antivirus yang terpercaya untuk melindungi laptop kalian dari serang virus dan malware. Memang pada dasarnya semua antivirus memiliki fungsi yang sama, namun tidak semua antivirus dapat memblokir serang virus yang ada. Namun jika sudah terlanjur terkena virus dan sudah menggunakan banyak antivirus namun tidak berhasil, maka disarankan untuk install ulang laptop kalian. Untuk meminimalisir laptop terkena virus, lakukanlah hal berikut ini:

  • Update Antivirus secara berkala, setiap harinya mungkin terdapat virus baru yang tercipta dan menyerang laptop kalian. Jika antivirus out to date maka antivirus tersebut tidak bisa mendeteksi virus baru tersebut. Oleh karena itulah kalian harus selalu mengupdate antivirus kalian.
  • Jangan download antivirus sembarangan, downloadlah antivirus di situs yang sudah terpercaya atau app store dan play store. Jangan sembarang download antivirus di internet lewat situs-situs yang belum terpercaya. Bisa jadi antivirus yang kalian download mengandung virus/malware di dalamnya.
  • Jangan colokkan FD sembarangan, kalian tidak boleh sembarangan memasang FD pada laptop kalian. Jika FD sudah terkena virus maka besar kemungkinan laptop kalian juga akan tertular virus yang ada di FD tersebut. Oleh karena itu pastikan lakukan scanning pada flashdisk yang akan kalian pasang pada laptop.

#4. Menginstall / Menjalankan Program Berat

Memaksakan laptop untuk menjalankan program baik itu aplikasi maupun game yang berat dapat membuat laptop kalian menjadi lemot. Maksudnya begini, misalnya kalian memiliki laptop dengan processor intel pentium dengan RAM 2GB, nah laptop tersebut di install game Fifa 2017 maka sama saja memaksakan. Hal ini karena setia aplikasi dan game memiliki spesifikasi minimum mereka sendiri supaya dapat berjalan dengan semestinya. Berikut adalah cara mengatasinya:

  • Cara menginstall program yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan spesifikasi minimum program tersebut. Jadi sebelum menginstall program yang terlihat berat, cek terlebih dahulu spesifikasi minimum untuk menginstall program tersebut, cek apakah laptop kalian memnuhi persayarat tersebut atau tidak. Jika tidak jangan paksakan untuk menginstall program tersebut.

#5. Banyak Startup Program yang Berjalan

Ada beberapa program yang secara otomatis berjalan ketika laptop pertama kali dihidupkan, program-program tersebut adalah startup program. Kadang ada program yang tidak penting yang berjalan ketika laptop pertama kali dihidupkan, dan hal ini dapat mengakibatkan laptop kalian menjadi lebih lambat. Karena semakin banyak startup program, maka semakin lambat pula Laptop kalian. Berikut adalah cara mengatasinya:

Untuk mengatasi masalah ini, kalian harus mematikan program-program yang tidak penting yang berjalan di startup. Kalian harus ingat untuk cuma mematikan program yang tidak penting, jangan sampai program penting seperti driver dan sistem ikut dimatikan, hal ini malah akan menyebabkan laptop tidak berjalan semestinya. Untuk menonaktifkan program startup sangatlah mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya

1. Tekan tombol Win+R, setelah itu ketikkan


2. Pada jendela System Configuration, silahkan kalian pilih tab Startup.

3. Jika kalian menggunakan Windows 8 dan 10, kalian tinggal masuk ke Task Manager atau bisa juga menggunakan tombol Ctrl+Shift+Esc kemudian pilih tab Startup.

4. Klik pilih program tidak penting yang diinginkan dan klik Disable.

#6. Banyak Program yang Terinstall

Laptop dengan program yang terlalu banyak juga akan terasa semakin lambat ketika digunakan. Mungkin tidak masalah jika laptop kalian memiliki kapasitas harddisk serta memori RAM yang besar, namun beda lagi dengan laptop yang Harddisknya hanya 500GB atau mungkin lebih kecil lagi. Program yang terlalu banyak terinstall di Laptop dapat menyebabkan kinerja laptop melambat. Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Unsinstall program tidak penting, jika ada banyak program tidak penting yang terinstall pada laptop kalian sebaiknya kalian cepat-cepat menghapusnya. Selain tidak berguna, program-program tersebut juga menyebabkan komputer menjadi lebih lambat, jadi alangkah baiknya jika kalian menghapusnya. Jadi jika terdapat program yang tidak penting atau jarang digunakan kalian harus menghapusnya. Cara menghapusnya sangat gampang, masuk ke Control Panel > Uninstall a program pilih program tidak penting kemudian Klik kanan > Uninstall.
  • Upgrade HDD, kalian bisa mengupgrade HDD pada laptop kalian, jadi yang tadinya HDD kalian cuma 320GB, kalian bisa mengupgradenya menjadi 500GB atau mungkin 1TB. Dengan kapasitas HDD yang besar, tidak masalah untuk menginstall banyak program dalam laptop. Jika memungkinkan kalian bisa menggunakan SSD yang memiliki kemampuan lebih baik dari pada HDD, namun harganya lebih mahal dibanding HDD.
  • Menggunakan HDD External, jika kalian tidak ingin upgrade HDD kalian karena takut terjadi apa-apa atau mungkin takut garansi laptop hilang, maka kalian bisa coba untuk menggunakan HDD External, selain minim reskio juga mudah dibawa kemana-mana. Kalian bisa menyimpan file-file yang besar seperti film dan aplikasi dalam harddisk external tersebut.

#7. Haps File Temorary yang Menumpuk

Temprary files merupakan sebuah file sementara yang dibuat sistem pada Windows dengan tujuan tertentu. File ini dapat mengakibatkan laptop kalian menjadi lemot dan kinerjanya menjadi semakin lambat. Selain itu file-file yang ada di recycle bin dan cache pada browser juga dapat memengaruhi kinerja dari laptop kalian. Berikut inni adalah cara mengatasinya:

  • Untuk mengatasi hal ini kalian bisa menggunakkan aplikasi pembersih pada laptop seperti CCleaner. Atau mungkin kalian bisa menggunakakn software lain yang memiliki fungsi serupa, pada Windows sendiri sudah ada aplikasi serupa yaitu Disk Cleanup. Kalian harus melakukan cleaning pada laptop kalian secara berkala.

Itulah informasi serta tips yang bisa mastekno sampaikan kepada kalian tentangĀ penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya lengkap. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk mengetahui penyebab laptop kalian yang lemot dan cara mengatasinya. Kunjungi terus ribuancara.com untuk update informasi terbaru dari kami. Apabila kalia memiliki cara lain untuk mengatasi lemot, silahkan tambahkan di kolom komentar.