Manfaat Temulawak Untuk Lambung

Manfaat Temulawak Untuk Lambung Adakah yang tahu apa itu temulawak? Jika kita mendengar kata temulawak, seingat kita akan membawa ke masa kanak-kanak dulu. Biasanya jika kita tidak mau makan, orang tua kita akan menakuti akan memberi jamu temulawak yang pada waktu itu kita hanya mengetahui bahwa jamu temulawak itu rasanya pahit.

Hal ini mungkin saja juga akan atau sudah kita lakukan kepada anak kita agar mereka mau makan dengan lahap. Selain itu, temulawak juga banyak mengandung minyak atsiri, pati, zat selulosa, mineral, protein, lemak, dan zat kuning yang disebut kurkumin.

Berikut ini adalah manfaat temulawak untuk lambung diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengobati asam lambung atau gastro esophageal reflux disease (GERD).
  2. Mengobati tukak lambung atau ulkus
  3. Mengobati penyakit maag seperti gastritis dan dispepsia
  4. Mengobati kanker lambung
  5. Memperlancar saluran pencernaan

Manfaat Temulawak Untuk  Asam Lambung

Saat maag kambuh penderitanya sering mengalami sakit dibagian perut, perih bahkan tidak jarang disertai dengan mual dan muntah, untuk mengatasinya kebanyakan orang akan menggunakan obat maag di apotik. Namun ternyata obat tersebut hanya akan membantu meredakan gejalanya saja bukan penyakit maagnya, anda juga bisa menggunakan bahan herbal untuk menjadikan obat maag alami salah satunya adalah temulawak.

Selain mudah di dapatkan temulawak juga sudah sering dijadikan obat alternative berbagai penyakit. Termasuk membantu mengatasi penyakit pada lambung seperti maag. Dalam tanaman ini terkandung banyak nutrisi atau zat bermanfaat. Untuk kesehatan tubuh maupun yang membantu pengobatan penyakit diantaranya monoterpen, kurkuminoid, atau diarilheptan, sekuiterpen serta berbagai jenis bisabolen. Ada juga kandungan minyak atsiri, pati, zat seluolsa mineral, protein, lemak, dan zat kuning yang disebut juga kurkumin.

Kandungan minyak atsiri serta kurkumin yang ada di dalam tanaman temulawak inilah yang bermanfaat untuk membantu mngatasi sakit maag. Sebab kedua kandungan tadi bersifat sebagai anti inflamasi atau anti radang yang bisa membantu mengatasi sakit maag secara alami.

Tidak hanya baik untuk membantu mengatasi maag secara alami namun tanaman temulawak juga mempunyai khasiat yang tinggi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan lambung lainya seperti mengobati asam lambung(GERD), membantu mengobati tukak lambung atau ulkus, kanker lambung, tumor lambung hingga membanyu melancarkan saluran pencernaan.

Penyakit lambung yang satu ini memang cukup serius dan tidak bisa dibiarkan dalam waktu lama, sebab bisa memicu kerusakan pada lapisan lambung, yang berujung pada tukak lambung, dan mengakibatkan perdarahan, hingga perforasi. menimbulkan gejala yang hampir sama dengan maag, sehingga mereka mengira bahwa ini adalah penyakit biasa. Infeksi lambung  jelas berbeda dan membutuhkan penanganan khusus  sebelum peradangan menyebar lebih luas.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Lambung

Mungkin banyak dari anda yang sudah tidak asing dengan tanaman herbal satu ini. Selain mudah didapatkan temulawak juga sudah sering dijadikan obat alternative berbagai penyakit, termasuk membantu mengatasi penyakit lambung seperti maag.

Temulawak merupakan tanaman herbal yang bisa dengan mudah kita temui di Indonesia, dan sudah banyak digunakan sebagai obat alternative berbagai penyakit serta masalah kesehatan terlebih untuk mengatasi masalah lambung.

Seperti yang kita semua tahu bila maag atau asam lambung merupakan salah satu masalah pada lambung yang sangat mengganggu saat kambuh, selain bisa menggunakan obat maag di apotik kita juga bisa menggunakan tanaman herbal seperti temulawak ini untuk membantu mengatasi sakit maag.

Manfaat ini diperoleh dari banyaknya jumlah kandungan pada tanaman herbal temulawak itu sendiri seperti kurkuminoid, monoterpen, dan sekuiterpen berjenis bisabolen. Tidak hanya itu juga minyak atsiri, pati, zat kuning yang disebut dengan kurkumin.

Kandungan-kandungan tadilah yang bermanfaat tinggi untuk membantu mengatasi masalah maag atau asam lambung  secara alami, caranya cukup mudah yakni dengan cara meracik ramuan herbal temulawak dan madu kemudian konsumsi secara rutin.

Manfaat Temulawak Untuk Penyakit Lambung

Mengobati Asam lambung atau gastro esophageal refluk diseace (GERD)

Penyakit asam lambung disebabkan oleh otot esophagus bagian bawah tidak dapat berfungsi dengan baik. Padahal, otot ini berfungsi untuk membuka dan menutup agar makanan tidak kembali atau asam lambung naik ke atas. Gangguan pada otot ini bisa disebabkan oleh adanya stress yang berlebihan, makanan yang berlemak, tidak makan dengan teratur, obesitas, merokok, memiliki penyakit diabetes, kurang tidur, mengkonsumsi kopi atau coklat berlebihan, dll. Penyakit asam lambung sangat menganggu karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman untuk tubuh.

Karena banyaknya hal yang dialami oleh penderita asam lambung. Maka seseorang yang menderita penyakit ini akan melakukan berbagai macam cara untuk mengobatinya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi obat, rebusa, atau jamu yang terbuat dari estrak temlawak secara rutin.

Mengobati tukak lambung atau ulkus

Tukak lambung merupakan terkikisnya dinding pada lambung sampai menimbulkan luka. Tukak lambung ini biasa disebut juga dengan nama radang lambung. Tukak lambung biasa diawali dengan sakit maag yang berkelanjutan. Dengan istlah lain, penyakit tukak lambung adalah bentuk parahnya dari sakit maag. Untuk mengobati penyakit ini, kita dapat memanfaatkan rebusan rimpang temulawak yang dicampur dengan daun salam dan dimunum secara teratur.

Mengobati penyakit maag seperti gastritis dan dispepsia

Rebusan dari irisan temulawak juga dapat mengobati penyakit maag disaat kambuh. Ingat, sakit maag tidak bisa sembuh total, jadi suatu saat jika pola makan kita berubah dapat memicu kambuhnya penyakit maag.

Mengobati kanker lambung

Kurkumin diketahui mampu menghambat penyebaran kanker. Oleh karena itu, temulawak direkomendasikan untuk penderita kanker. Kaknker dapat tumbuh dimana saja, salah satunya di lambung. Dengan demikian, temulawak juga baik untuk orrang yang menderita kanker lambung.

Mengobati tumor lambung

Selain menghamat penyebaran kanker, kurkumin pada temulawak jugga mampu menghambat pertumbuhan tumor. Salah satunya adalah tumor lambung atau yang biasa disebut dengan polip lambung.

Untuk mengobati tumor lambung, perlu mengkonsumsi temulawak secara teratur sangat diperlukan. Untuk mendapatkan hasil ang maksimal diperlukan adanya campuran dengan kunyit, karena kunyit merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak kurkumin. Walaupun demikian, penggunaan dalam dosis besar dalam  jangka panjang tidak dianjurkan karena efek samping yang dimilikinya.

Memperlancar saluran pencernaan

Temulawak mengandung protein. Salah satu fungsinya adalah untuk mendukung proses metabolism tubuh. Metabolisme yang baik ditandai dengan lancarnya proses pencernaan, penyerapan nutrisi, dan pengelolan zat atau asupan yang masuk ke dalam tubuh. Lambung merupakan salah satu saluran penernaan sehingga temulawak juga dapat membantu memperlancar pencernaan pada lambung.

Kita sudah membahass manfaat temulawak untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang timbul di lambung. Sebenarnya selain untuk kesehatan lambung, masih ada banyak manfaat dari temulawak yang bisa dibahas.

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk lambung yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa untuk share ke media sosial. Agar membuat kami terus berkembang dan membuat artikel menarik. Kunjungi terus ribunacara.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Terima kasiih telah membaca artikel ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *