Manfaat Minyak Kelapa

Manfaat Minyak Kelapa – Manfaat minyak kelapa memang dianggap sebagai cairan yang sehat untuk dikonsumsi. Kini, banyak pakar kecantikan yang merekomendasikan minyak kelapa sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk perawatan tubuh.

Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh sebesar 90 persen. Minyak tinggi lemak jenuh telah ditemukan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan lainnya.
Namun, minyak kelapa telah tumbuh dalam popularitas dalam beberapa tahun terakhir, di tengah klaim bahwa minyak kelapa dapat menyehatkan tubuh.

Produsen makanan telah mengganti minyak lain dengan minyak kelapa dalam produk yang dikemasnya, dan banyak ibu rumah tangga yang beralih menggunakan minyak untuk memasak. Tidak hanya dalam menggoreng makanan, tetapi dalam permen, shampoo, kopi, dan smoothies.

Pada Juli 2016, hasil survei di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 72 persen orang berpikir bahwa minyak kelapa sehat. Namun, hanya 37 persen ahli gizi yang setuju.

Manfaat Minyak Kelapa

Simak lebih dalam apa saja khasiat minyak kelapa, dan jika Anda harus membuat minyak kelapa sebagai makanan utama dalam diet Anda, kenapa tidak!

1. Meningkatkan kadar kolesterol HDL

Menurut Walter C. Willett, M.D., Harvard Medical School, manfaat minyak kelapa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menurunkan berat badan

Khasiat minyak kelapa juga bisa menurunkan berat badan. Minyak kelapa dingin yang tidak dimurnikan untuk rambut, kulit, dan memasak mengandung asam lemak rantai pendek dan menengah yang membantu dalam mengurangi berat badan berlebih.

Penelitian menunjukkan bahwa itu membantu mengurangi kegemukan perut pada wanita. Hal ini juga mudah dicerna dibandingkan dengan minyak nabati lainnya dan membantu dalam fungsi yang sehat dari sistem tiroid dan endokrin. Lebih lanjut, ini meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan menghilangkan stres pada pankreas, dengan demikian, membakar lebih banyak energi dan membantu orang yang kegemukan dan kelebihan berat badan menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, orang yang tinggal di daerah pesisir tropis, yang menggunakan minyak kelapa setiap hari sebagai minyak goreng utama mereka, biasanya tidak gemuk atau kelebihan berat badan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam laurat yang ada dalam minyak kelapa membantu aktif mencegah berbagai masalah jantung seperti kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Ini tidak mengarah pada peningkatan kadar kolesterol LDL, dan mengurangi insiden cedera dan kerusakan pada arteri, karena itu membantu mencegah aterosklerosis.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan minyak kelapa ini dapat membantu dalam menjaga profil lipid yang sehat pada wanita pra-menopause. Apakah itu baik atau buruk bagi hati?

Nah, jika Anda menggunakannya untuk dimakan, periksa kadar kolesterol Anda secara teratur. Jika Anda menemukan mereka meningkat, lebih baik menghentikan asupan. Bagaimanapun juga, konsultasikan dengan praktisi medis profesional sebelum Anda mulai mengonsumsi minyak kelapa.

4. Menyehatkan rambut

Apakah Anda tahu alasan rambut panjang dan berkilau dari wanita pesisir? Ya, ini karena minyak kelapa. Wanita di daerah pesisir tropis di dunia menggunakan minyak kelapa untuk rambut hampir setiap hari. Minyak kelapa seperti mentega ini membantu menyehatkan rambut dan membuat rambut berkilau. Minyak kelapa juga sangat efektif dalam mengurangi kehilangan protein, yang jika tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai kualitas tidak sehat di rambut Anda. Karena berat molekul rendah, ia mampu menembus batang rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Minyak kelapa adalah alasan mengapa digunakan sebagai perawatan rambut, dan dalam pembuatan berbagai krim pelembab dan ketombe. Varietas terbaik untuk rambut sehat adalah minyak kelapa organik extra virgin. Aplikasikan saja secara topikal ke rambut Anda atau gunakan masker rambut minyak kelapa.

5. Perawatan kulit

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa sangat cocok untuk kulit. Menurut penelitian 2018 tentang efek minyak nabati pada kulit, minyak kelapa kaya akan antibakteri, antipenuaan, antioksidan, penyembuhan luka, dan sifat anti-inflamasi.

Khasiat minyak kelapa juga membantu dalam mengobati berbagai masalah kulit yang meliputi:

  • Eksim & psoriasis: Pemakaian minyak kelapa murni secara topikal mengurangi tingkat keparahan kondisi ini.
  • Radiasi UV: Minyak kelapa melindungi kulit dari efek berbahaya dari sinar UV.
  • Dermatitis: Sebuah studi oleh Allison L. Goddard dan Peter A. Lio menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif dalam mengurangi gejala dermatitis atopik dibandingkan dengan minyak mineral. Studi lain menemukan bahwa minyak kelapa murni dapat digunakan sebagai cara yang efektif untuk mengobati dermatitis atopik
  • Luka kulitVirgin coconut oil membantu mempercepat penyembuhan luka
  • Xerosis atau kulit kering: Minyak kelapa murni organik, non-transgenik murni adalah minyak pijat yang sangat baik yang bertindak sebagai pelembap yang efektif untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering.
  • Aktivitas antimikroba: Monolaurin adalah komponen aktif dari minyak kelapa yang ditemukan bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Ini melindungi terhadap efek berbahaya dari bakteri seperti Staphylococcus aureus yang menyebabkan jerawat dan infeksi kulit lainnya.
  • Luka bakar: Penggunaan minyak kelapa membantu mengobati luka bakar secara efektif

Tidak seperti minyak mineral, tidak ada kemungkinan memiliki efek samping pada kulit dari aplikasi minyak ini. Oleh karena itu, telah digunakan dengan aman selama ribuan tahun untuk mencegah kekeringan dan pengelupasan kulit.

Itulah bebraoa manfaat dari minyak kelapa yang bisa kita dapat. Kunjungi ribuancara.com untuk update informasi terbaru dari kami.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *