Manfaat Kencur Untuk Bayi

Manfaat Kencur Untuk Bayi – Kencur merupakan salah satu sumber tanaman apotik hidup yang sering di gunakan di Indonesia. sejak zaman dulu kala, kencur sudah digunakan sebagai sumber tanaman herbal atau dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan penyakit. Kecru sendiri memiliki kandungan mineral, bomeol, etil ester, minyak atsiri, paraeumarin, asam anisat, asam metil kanil, asam sinamat, kamphene, alkaloid dan pati. Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat terhadap kesehatan tubuh kita.

Sebenarnya kencur umum digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan. Pada makanan, kencur memberikan rasa yang khas serta mambuat makanan tertentu menjadi lezat. Tidak hanya pada makanan, kencur juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Penggunaan kencur sendiri sejak lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dan digunakan pada segala golongan usia, mulai dari orang dewasa, remaja, anak, dan juga bahkan pada bayi, kencur sering diberikan untuk berbagai penyakit atau manfaat kesehatan lainnya.

1. Penggunaan kencur

Selain sebagai bumbu tambahan dalam masakan, pemanfaatan kencur sebagai obat tradisional tentu menjadi hal yang lazim. Namun penggunaannya pada anak ataupun bayi sering terkendala dengan proses pemberiannya, sehingga kurang maksimal pada proses penyembuhan suatu penyakit. Oleh karenanya, pada umumnya orang tua enyiasati hal tersebut dengan mengambil ekstrak kencur atau perasan dari kencur yang diparaut (air kencur) kemudian dicampurkan pada makanan tambahan bayi atau kedalam susu bayi saat diberikan.

Disisi lain pada bayi usia lebih besar hingga anak, biasanya bau dan rasa yang tidak biasa dari kencur bagi anak biasanya disiasati dengan penambahan madu sebagai pemberi rasa manis, sementara untuk banya dipadukan dengan ekstrak bau pandan, sehingga anak tidak akan menolak pada umumnya.

2. Menghangatkan tubuh bayi

Kencur ternyata memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat berguna bagi tubuh bayi. Minyak atsiri tersebut ternyata dapat digunakan untuk menjaga tubuh bayi agar tetap hangat. Efek atau khasiat menghangatkan tubuh dari kencur ternyata juga tidak kalah dengan minyak penghangat tubuh bayi yang dijual di toko-toko obat atau apotik. Penggunaan kencur dengan mengambil minyak atsirinya sebagai penghangat tubuh pun sudah sejak lama dikenal masyarakat.

Penggunaan kencur untuk menghangatkan tubuh ialah dengan menumbuk kencur hingga halus merata, kemudian ampas hasil tubukan tersebut diperas hingga keluar kandungan atau cairan yang terdapat ekstrak kencur tersebut. Kemudian hasil perasan tersebut dioleskan pada tubuh bayi, sehingga bayi dapat merasa hangat. Dengan cara ini, maka kita tetap menjaga bayi tetap dalam keadaan hangat sehingga panas tubuh bayi tidak mudah hilang. Sebab bayi sangat rentan mengalami penurunan suhu tubuh yang membahayakan bayi. Selain itu, dengan menjaga tubuhnya tetap hangat, bayi akan terus merasa nyaman dan tidak rewel.

3. Mencegah masuk angin

Perasan dari parutan kencur atau ekstrak minyak atsiri dari kandungan kencur dapat berguna untuk mencegah terjadinya masuk angin pada bayi. Air perasan atau minyak atsirinya dapat secara rutin di oleskan pada perut bayi. Hal tersebut selain memberi hangat, juga mencegah terjadinya masuk angin pada bayi. Hal ini mirip dengan kerja minyak telon atau minyak kayu putih yang sering di gunakan pada bayi dan anak.

Jika terjadi masuk angin, maka pada bayi atau anak dapat mengalami gejala gangguan pencernaan seperti mual, muntah, kram perut atau nyeri perut, diare, perut kembung, serta sering kentut. Masuk angin juga biasanya ditandai dengan bayi tampak lemas serta tidak bersemangat. Bahkan dalam beberapa kondisi, bayi dapat menjadi rewel dan malas minum susu atau makan. Oleh karenanya, dengan pemberian perasan air kencur atau kandungan minyak atsirinya diharapkan dapat mencegah masuk angin tersebut sehingga dapat mencegah gejala-gejala tersebut.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Memberikan sedikit perasan air kencur (dengan menjaga kebersihannya tentunya) ke dalam campuran bubur atau makanan tambahan maupun susu bayi, diharapkan mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi atau dengan kata lain dapat meningkatkan sistem imunitas bayi. Diharapkan dengan memberikan sedikit-sedikit pada bayi secara rutin, maka bayi dapat terhindar dari serangan bakteri, virus, maupun jamur ataupun parasit.

Serangan atau infeksi dari bakteri, virus, jamur dan parasit dapat memberikan berbagai gejala penyakit pada bayi, seperti bayi mudah mengalami serangan infeksi saluran pernapasan seperti flu, batuk bahkan penumonia. Selain itu, bayi juga bisa mengalami gangguan pencernaan seperti muntah dan diare akibat infeksi mikroorganisme tersebut. Sedangkan penyakit jamur yang sering mengenai bayi adalah infeksi pada kulit, terutama lipatan kulit yang bisa menyebabkan ruam dan gatal. Selain itu, jamur juga dapat membuat lidah bayi menjadi keputihan (kandidiasis oral) sehingga bayi menjadi malas makan atau minum. Dengan menjaga daya tahan tubuh bayi, maka diharapkan infeksi dari mikroorganisme tersebut diharapka menurun.

5. Meningkatkan nafsu makan

Memberikan perasan air kecur atau ekstrak kandungan dari kencur diharapkan dapat meningkat nafsu makan pada bayi. Berbagai keadaan yang membuat bayi menjadi malas makan ataupun malas minum susu dikarenakan menurunnya nafsu makan bayi. Pemberian ekstrak kencur dengan ekstrak kurkuma (kunyit) diharapkan mampu meningkatkan nafsu makan tersebut. Hal ini tentu sangat membantu bagi bayi yang mungkin sudah mulasi tampak bosan dengan makanaan tambahan ataupun saat menyusu.

Bayi malas makan atau menyusu ditandai dengan tidak habisnya atau semakin sedikitnya bayi mengkonsumsi makanan tambahan atau susunya sehingga tidak habis dari wadahnya. Selain itu, hal tersebut juga bisa ditandai ketika bayi lebih suka bermain-main dengan makanan ataupun susunya. Jika hal ini dibiarkan, maka lama-kelamaan bayi bisa mengalami kekurangan gizi. Hal tersebut dapat mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi, serta bayi menjadi rentan terkena penyakit infeksi.

Nah Itulah beberapa manfaat kencur untuk bayi yang dapat kita dapatkan. Semoga artikel kali ini dapat membantu kita semua. Kunjungi terus ribuancara.com untuk update informasi terbaru lainnya.