Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih
Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih – Apabila mendengar kata daun sirih, pasti akan terlintas dalam pikiran Anda yakni daun yang sering dikunyah oleh kebanyakan orang yang sudah tua. Lantas, apakah benar bahwa dalam daun sirih bermanfaat untuk kesehatan gigi? Apalagi manfaat daun sirih yang lainnya yakni untuk kesehatan yang memang mungkin belum Anda ketahui? Mari kita cari tahu jawabannya di bawah ini.

Manfaat daun sirih bagi kesehatan

Berikut dibawah ini yakni terdapat beberapa manfaat daun sirihyang berguna bagi kesehatan:

1. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes

Peneliti sudah melaporkan bahwa jika minum air dari rebusan daun sirih, ataupun daun sirih yang dikeringkan lalu digerus menjadi serbuk bubuuk. Dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru mengidap atau terdiagnosis penyakit diabetes tipe 2.

Manfaat daun sirih untuk penyakit diabetes ini juga datang dari kandungan antioksidanyang cukup tinggi. Sehingga mampu mengurangi stres oksidatif yang menjadi penyebab kerusakan pada sel – sel tubuh yang menjadi pemicu ketidakseimbangan pada hormon insulin. Penelitian yang sama pula melaporkan bahwa pada daun sirih tidak memiliki efek samping apapun yang perlu untuk dikhawatirkan.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dalam tubuh, antioksidan eugenol dapat  bekerja melawan radikal bebas yang menjadi pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit – penyakit kronis. Salah satu dari manfaat daun sirih yang terkait hal ini yakni menurunkan kadar tigliserida dan juga kolesterol LDL, lemak jahat yang ada dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui mampu membantu untuk mengurangi jumlah lemak total di dalam darah.

3. Penangkal kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung di dalam rebusan daun sirih hijau dan daun sirih merah bisa juga membantu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu kanker pada penderita penyakit diabetes tipe 2.

4. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat daun sirih yang lainnya yaitu mampu mempercepat penyembuhan luka, terutama yakni luka bakar. Hal ini juga masih dikaitkan dengan jumlah kandungan antioksidannya. Seseorang yang kulitnya mengalami luka bakar juga akan mengalami stres oksidatif yang lumayan tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif juga akan menghambat pada proses penyembuhan luka.

5. Membantu menurunkan depresi

Beberapa dari hasil riset para ahli sudah menunjukkan bahwa daun sirih dapat membantu mengendalikan gejala – gejala depresi pada orang – orang yang memilikinya. Salah satu dari penelitian melaporkan, dengan mengunyah dauh sirih ataupun meminum air rebusan dari daun sirih bisa memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang akan lebih banyak.

Manfaat daun sirih untuk kewanitaaan

Sudah banyak produk pembersih yang telah mengiklankan manfaat daun sirih untuk organ kewanitaan. Akan tetapi, vagina sebenarnya tidak perlu untuk dibersihkan dengan menggunakan sabun kewanitaan, vaginal douche, ataupun dibasuh dengan menggunakan air rebusan daun sirih alami. Karena, vagina Anda telah mempunyai sistem pembersih otomatis sendiri.

Membersihkan vagina hanya cukup dilakukan sekali sehari yakni dengan membilasnya menggunakan  waslap yang dibasahi dengan air dan sabun netral (tidak wangi dan juga tidak berbahan kimia yang keras). Bisa juga dibasuh dengan menggunakan tangan Anda. langkah  yang selanjutnya cukup dengan menjaga area kewanitaan Anda supaya selalu kering dan juga bersih. Dan memakai celana dalam yang tidak begitu ketat, dan juga pastikan  bahannya memiliki daya serap keringat yang baik.

Apabila anda ingin mencuci vagina menggunakan  sabun kewanitaan yang didalamnya terdapat kandungan daun sirih, pastikan juga produk tersebut memiliki kandungan povidone iodine serta tidak berpewangi. Bersihkan di sekitar area vagina dari arah depan ke belakang untuk menghindari adanya kuman dari anus masuk kedalam vagina. serta saat Anda menstruasi, sebaiknya Anda juga rutin mengganti pembalut setidaknya 2 – 3 kali dalam sehari.

Manfaat daun sirih untuk wajah

Terkadangn beberapa orang menggunakan air rebusan daun sirih sebagai pembilas keyika cuci muka untuk mendapatkan manfaat dari daun sirih untuk wajah. Ini dikarenakan daun sirih mengandung zat antiradang, antioksidan chavicol, dan juga antibakteri yang dapat mengobati jerawat meradangdan rasa gatal – gatal pada wajah yang mungkin karena diakibatkannya. Manfaat daun sirih untuk wajah juga dilaporkan mampu mengatasi bintik – bintik hitam di area wajah.

Selain itu, kandungan dari antimikroba yang ada pada daun sirih dipercaya mampu membantu mengatasi gatal, alergi, dan juga bau badan. Untuk menggunakannya, cukup hancurkan beberapa helai daun sirih lalu  ambil ekstrak jusnya. Selanjutnya, campurkan dengan sedikit tumbuhan kunyit. Sesudahnya, Anda dapat mengoleskan di area jerawat atau badan yang terasa gatal. Tetapi , ada baiknya juga untuk konsultasikan pada dokter serta ahli herbal guna penggunaan lebih lanjut.

Nah itulah sedikit artikel tentang manfaat daun sirih yang memang banyak sekali manfaatnya. semoga artikel ini mampu menambah informasi dan wawasan kita semua. Kunjungi terus ribuancara.com untuk update artikel dan informasi terbaru dari kami.