Manfaat Buah Plum

manfaat buah plum

Manfaat Buah Plum – Buah plum merupakan buah yang sejenis dengan persik, aprikot dan nectarine. Buah plum saat ini sedang lagi hits karena mempunyai rumor yang bisa menurunkan berat badan secara cepat. Buah ini memiliki banyak manfaat yang baik dan sehat untuk tubuh kita. Jadi buah plum memang buah yang menyehatkan untuk tubuh kita. Ada yang menyatakan bahwa buah plum dapat mecegah kanker dan menangkal radikal bebas.

Dengan kata lain manfaat buah plum adalah untuk antioksidan bagi tubuh kita sehingga kita terhindar dari penyakit. Ingin tahu manfaat buah plum lainnya? Simak pembahasan manfaat buah plum berikut ini.

Buah plum dibagi menjadi dua yaitu buah plum merah dan buah plum hitam atau ungu. Buah plum termasuk dalam buah berbiji keras. Apa saja manfaat buah plum hitam dan buah plum merah. Secara garis besar memiliki manfaat yang sama dan tidak bedah jauh. Karena kedua jenis buah tersebut termasuk ke dalam buah plum.

Baca Juga:

Lidah Buaya

Manfaat Daun Kelor

Manfaat Makan Ikan

Manfaat buah plum bagi kesehatan antara lain:

·         Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imune)

Buah plum memiliki vitamin C yang tinggi sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusa. Manfaat buah plum hitam dapat menghindari radang dan infeksi yang terjadi pada tubuh kita. Dengan mengonsumsi buah plum tubuh kita akan terhindar dari penyakit.

·         Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung merupakan alat vital dari manusia, karena jantung mempunyai fungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami masalah yang serius maka hidup kita juga harus kita jaga. Buah plum dapat menyehatkan jantung kita karena mengandung vitamin K yang berfungsi mengendalikan dan memperlancara aliran darah.

·         Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang serius dan bisa merenggut nyawa kita kapan saja. Belum ada obat kanker yang terbukti menyembuhkan, namun hanya mencegah. Salah satunya dengan mengonsumsi buah plum, karena memiliki kandungan fitonutrien dan zat antosianin. Zat tersebut dapat menghentikan perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

·         Membuat pencernaan lancar

Setelah makan makanan pasti akan langsung dicerna oleh tubuh manusia, kemudian akan dibuang melalui anus. Jika terjadi masalah pada pencernaan harus segera diobati, karena hampir setiap hari kita buang air besar maupun kecil. Untuk memperlancar pencernaan makan buah plum, karena mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan.

·         Menyehatkan mata

Mata manusia merupakan salah satu dari 5 indra manusai. Dengan mata kita bisa melihat berbagai pemandangan serta orang disekitar kita. Buah plum mempunyai vitamin A yang tinggi sehingga bisa menyehatkan mata. Vitamin A dalam buah plum berguna untuk menjaga, melindungi, serta meningkatkan kesehatan mata dalam melihat.

·         Mencegah penyakit anemia

Kekurangan darah atau anemia merupakan penyakit dimana manusia kekurangan darah merah. Sehingga memerlukan zat besi yang banyak, dalam buah plun terdapat kandungan zat besi yang melimpah. Dan dapat mencegah penyakit anemia yang menyerang.

·         Menjaga fungsi otak dengan baik

Otak merupakan organ tunggal yang didalamnya terdapat triliunan memori manusia. Dan disitulah manusia berpikir dan mencerna pengetahuan. Kita harus menjaga fungsi otak agar bisa mencerna pemikiran dengan baik. Buah plum memiliki kalium yang bisa menjaga fungsi otak dengan baik.

·         Sebagai antioksidan

Buah plum memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh kita bisa terhindar dari radikal bebas. Antioksidan dalam buah plum dapat membuat tubuh kita kuat dan sehat. Di luar rumah pasti banyak radikal bebas yang dapat menyerang tubuh kita kapan saja.

·         Mengurangi diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat sering mengkonsumsi gula secara berlebih. Jika tidak segera ditangani maka akan merusak tubuh secara perlahan. Buah plum mempunyai sifat anti-hiperglikemik yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Bahkan diabetes tipe 2 bisa dikurangi dengan mengkonsumsi buah plum.

·         Menjaga janin tetap sehat

Bagi ibu hamil sebisa mungkin untuk mengkonsumsi buah plum. Karena dalam buah plum terdapat kandungan kalsium dan asam float yang menjaga kesehatan janin. Buah plum sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Itulah manfaat buah plum hitam dan juga manfaat buah plum merah yang bisa kami berikan semoga bisa berguna. Manfaat buah plum hitam dan manfaat buah plum merah kami jadikan satu sehingga tidak terlalu ribet. Baik tidaknya buah tergantung bagaimana cara kita mengolah, sebaiknya konsumsi buah yang kaya vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Plum Untuk Diet

Bagi yang ingin tahu manfaat buah plum untuk diet. Buah plum memang cocok untuk diet karena buah plum mengandung rendah kalori (46 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh. Sehingga bisa menjadi menu yang cocok bagi Anda yang ingin diet.

Begitu saja manfaat buah plum segar dan enak yang bisa kami berikan untuk pengetahuan Anda sekalian. Jangan lupa untuk terus kunjungi ribuancara.com untuk membantu kami dalam membuat konten yang lebih menarik. Share artikel ini ke media social kamu agar lebih banyak orang yang tahu. Sekian dan Terima Kasih.