Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya – Sering dibilang sebagai buah yang baunya tidak sedap, banyak yang tidak tahu kalau pepaya adalah salah satu buah tersehat. Begitu banyak manfaat yang sangat penting dikandung oleh buah ini. Kamu bisa baca 7 di antaranya di bawah ini!

1. Dipenuhi nutrisi berguna

Pepaya adalah buah yang tumbuh di tempat tropis dan dikenal karena tinggi vitamin C, A, dan serat. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang dikenal sebagai karotenoid. Selain itu, tubuh kita bisa menyerap antioksidan sehat ini lebih baik dari buah pepaya daripada dari buah dan sayuran lainnya.

2. Memiliki efek antioksidan yang kuat

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang diciptakan selama metabolisme tubuh kita. Radikal bebas ini bisa meningkatkan stres oksidatif, yang akhirnya menyebabkan penyakit. Antioksidan, termasuk karotenoid yang ditemukan pada pepaya, bisa menetralisir radikal bebas.

Studi mencatat bahwa pepaya yang difermentasi bisa mengurangi stres oksidatif pada orang dewasa dan orang dengan pradiabetes, hipotiroidisme ringan bahkan penyakit hati. Banyak peneliti juga percaya kalau radikal bebas yang berlebihan di otak merupakan faktor pemicu penyakit Alzheimer.

3. Memiliki kandungan antikanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lycopene dalam pepaya memiliki manfaat antikanker. Pepaya dapat bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker. Di antara 14 buah dan sayuran dengan sifat antioksidan, hanya pepaya yang menunjukkan fungsi antikankernya di sel kanker payudara.

4. Bisa meningkatkan kesehatan jantung

Lycopene dan vitamin C yang dimiliki pepaya dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung lho. Rajin mengonsumsi pepaya bisa membuatmu terhindar dari kelainan jantung.

5. Bisa melawan peradangan

Peradangan yang kronis adalah akar dari banyak penyakit. Makanan yang tidak sehat serta pilihan gaya hidup seseorang bisa memicu peradangan ini. Nah, kandungan antioksidan yang dimiliki pepaya punya manfaat untuk meredakan peradangan.

6. Memperlancar pencernaan

Enzim papain dalam pepaya bisa membuat protein yang masuk ke dalam tubuh kita menjadi lebih mudah dicerna. Pepaya juga sering digunakan untuk mengobati sembelit. Kalau kamu memiliki masalah dengan jadwal buang air besar yang tidak teratur atau bahkan sangat jarang, kamu bisa mulai dengan mengonsumsi pepaya secara teratur.

7. Melindungi kulit dari kerusakan

Selain menjaga kesehatan tubuh, pepaya juga memiliki manfaat untuk membuat kulit tetap kencang dan awet muda. Kulit yang sering terpapar radikal bebas akan berpotensi memiliki banyak kerutan, lebih kendur dan mengalami kerusakan kulit lainnya yang terjadi seiring bertambahnya usia. Vitamin C dan lycopene dalam pepaya melindungi kulitmu dan bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan ini.

Nah, masih berani menghindari pepaya? Cobalah mulai sekarang untuk lebih rutin mengonsumsi buah penuh manfaat ini ya. Pepaya bisa sangat mudah kamu temukan kok baik di pasar tradisional maupun pasar modern dan harganya juga relatif murah dibanding dengan sejuta manfaat yang ia berikan.

Jangan lupa juga kunjungi ribuancara.com untuk update informasi terbaru dari kami. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan untuk kita.