Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil – Manfaat manggis untuk kesehatan ibu hamil sangatlah banyak. Itu sebabnya banyak obat-obatan yang terbuat dari ekstrak buah manggis.

Buah manggis memang susah-susah gampang ditemukan, tapi pada saat musimnya kamu bisa mendapatkannya di pasar tradisional dengan harga yang murah.

Manggis berwarna ungu dan kulitnya keras. Sebelum makan buahnya jangan lupa membuka kulitnya dulu, kulitnya cukup keras dn tidak bisa dimakan. Tapi kabarnya buah dan kulit manggis ini sama-sama memiliki khasiat untuk kesehatan.

Tips Memilih Manggis yang Sehat

Agar terhindar dari buah manggis yang busuk atau mengandung bakteri, maka bisa mengikuti beberapa tips dalam memilih manggis, seperti berikut:

  • Jangan pilih manggis yang kulitnya keras dan tidak bisa ditekan dengan jari. Namun jangan memilih manggis yang terlalu lunak juga.
  • Hindari manggis yang memiliki bekas luka, terbuka, kerak atau kulit yang sudah tidak mulus.
  • Jangan pilih manggis yang terkena getah seperti noda hijau kekuningan dan keras.
  • Sebaiknya pilih manggis yang matang dengan cara alami agar terhindar dari paparan bakteri dan parasit.
  • Simpan manggis di tempat terbuka tapi tidak terkena matahari secara langsung dalam waktu yang terlalu lama.
  • Simpan di kulkas tapi jangan terlalu lama.

Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil

1. Mengatasi sembelit

Ibu hamil sering mengalami gangguan pencernaan, salah satunya adalah sembelit. Untuk menghindari rasa sakit perut karena sembelit saat hamil, kamu bisa mengonsumsi manggis.

Dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 3,7 gram serat. Kebutuhan serat ibu hamil sekitar 26 gram serat per hari. Serat pada buah manggis akan mengurangi rasa sembelit yang Mama rasakan selama kehamilan.

2. Membentuk sistem kekebalan tubuh

Ibu hamil membutuhkan makanan sehat yang memberi dukungan agar imun tubuh  kuat selama kehamilan.

Manggis kaya dengan sumber vitamin C, dan di dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 5,8 miligram vitamin C. Sementara ibu hamil membutuhkan sekitar 86 miligram vitamin C per harinya.

Kebutuhan vitamin C baik untuk meningkatkan kesehatan Mama, menjaga kesehatan janin agar tidak mudah terkena infeksi.

3. Mengatasi lelah untuk ibu hamil

Manggis adalah salah satu buah yang memiliki sifat anti inflamasi.

Senyawa ini sangat baik untuk ibu hamil karena ibu hamil biasanya merasa lebih lelah terutama untuk bagian panggul dan kaki.

Mengonsumsi buah manggis secara rutin akan mengurangi semua efek samping alami yang muncul selama kehamilan.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Banyak ibu hamil yang mengeluh tentang pencernaan yang buruk dan kesehatan yang kurang baik. Hal ini dipengaruhi karena tubuh sedang mempersiapkan pertumbuhan janin.

Vitamin B kompleks yang mendukung proses metabolisme protein, lemak dan karbohidrat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat manggis untuk ibu hamil yang ini memang luar biasa. Demi mencegah semua masalah ini, Mama bisa mengonsumsi buah manggis secara rutin.

5. Upaya mencegah cacat bayi

Ibu hamil membutuhkan folat sebesar 600 mikrogram sepanjang kehamilan.

Folat ini diperlukan dalam asupan gizi ibu hamil untuk mencegah cacat bayi yang terjadi pada tulang belakang dan otak.

Manggis memiliki kandungan folat sebesar 65 mikro gram dalam setiap 50 gram buah manggis, jumlah ini tentu sangat besar.

Manfaat manggis untuk ibu hamil untuk membantu pertumbuhan bayi sehingga mencegah cacat otak, tulang belakang dan beberapa jenis cacat pada bibir seperti bibir sumbing.

Itulah manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang sangat berguna. Semoga artikel kali ini dapat menambah informasi bagi kita. Kunjungi ribuancara.com untuk update informasi terbaru dari kami. Share artikel ini ke teman – teman kalian untuk mendukung website ini.