Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah – Jika mendengar makanan khas memang akan begitu menggoda pikiran untuk menikmati saat kita berkunjung ke suatu tempat/daerah. Akan terasa kurang afdol jika sudah tiba di suatu tempat namun tidak nyobain makanan khas yang terdapat disana. Apa kata dunia nanti, suda datang ke tempat yang begitu jauh namun belum pernah merasakan dan menyoba makanan yang terdapat di sana.

Nah, pada kali ini tempat yang akan kita kunjungi yakni ada di Jawa Tengah. Biar kamu mengetahui apa aja makanan khas yang terdapat di sana. Mari simak yuk beberapa makanan – makanan khas yang terdapat di Jawa Tengah. Jika sudah tau, nanti cobain deh ketika kamu datang ke sana. Ngomong – ngomong tentang Jawa Tengah, tidak cuma Semarang aja lho ternyata. Jawa Tengah itu memiliki banyak sekali makanan khasnya lho, mari coba kita lihat makanan khas yang ada di sana yang cocok untuk kita nikmati.

1. Lumpia Semarang, Jajanan Khas Jawa Tengah

Siapa sih yang tidak mengetahui, Kota Semarang itu makanan khasnya apa saja? Hampir seluruh orang jika ditanya pasti akan menjawab lumpia. Lumpia juga akan lebih enak jika dimakan ketika masih hangat lho. Apalagi jika memakannya ditambah dengan siraman saus ataupun dengan cabe merah, pasti rasanya pun akan tambah lezat dilidah.

Lumpia sendiri memiliki isi yang cukup beragam, ada yang memakai ayam, sayuran, telur, dan ataupun udang jika ada. Bila  kamu berkunjung ke Semarang. Jangan lupa untuk mencoba makanan yang satu ini.

2. Tahu Petis, Camilan Khas Jawa Tengah

Nah, jika tadi lumpia sekarang ini adalah makanan yang berasal dari olahan tahu, yaitu tahu petis. Makanan ini juga berasal dari Semarang. Pada biasanya tahu petis ini juga digunakan untuk camilan atau bila kamu mau menambah nasi pakai makanan ini juga enak lho.

Tahu petis ini sudah pasti bahan utamanya tentu saja tahu, lebih tepatnya tahu goreng. Kenapa dinamakan tahu petis? karena tahu goreng yang satu ini memakai siraman saus hitam diatasnya yang namanya adalah petis. Nah, petis ini biasanya terbuat dari dari kuah rebusan ayam, ikan ataupun udang yang juga dimasak terus menerus hingga kuah menjadi kental.

3. Telur Asin

Makanan yang asalnya dari telur bebek ini sangat terkenal di daerah Brebes, Jawa Tengah dan sekitarnya. Pada biasanya telur asin ini akan dimakan dengan nasi, tapi ada juga loh yang dimakan langsung beggitu aja tidak memakai nasi.

4. Tempe Mendoan

Makanan ini sudah tidak asing lagi dan sangat terkenal sekali di daerah Banyumas dan Sekitarnya lho. Hampir di seluruh penjuru daerah Jawa Tengah terdapat makanan yang satu ini.

Bahkan di sebagian warung – warung yang berada di daerah Jawa Tengah sebagaian besar juga menjual gorengan tempe mendoan. Hingga sekarang orang Banyumas dan Purwokerto serta sekitarnya menyebut tempe –  tempe yang digoreng dengan menggunakan tepung tetapi digoreng sampai garing pun juga disebut sebagai mendoan.

5. Nasi Gandul, Makanan Khas Jawa Tengah

bila kamu sedang main ke Pati, jangan lupa untuk mencicipi nasi gandul. Cara penyajian nasi gandul yang satu ini yakni menggunakan daun pisang. Beda bukan? Rasa nasi nya itu juga terasa lebih gurih dari nasi – nasi yang lainnya. Bahkan ada pula yang menambahkan dengan daun pandan ketika memasak nasi gandul yang satu ini. Agar wanginya semakin sedap serta tentu saja akan menggugah selera makan kita.

Nasi gandul ini akan paling enak jika makannya secara langsung di kota Pati. Dengan menggunakan kuah yang segar ditambah dengan lauk yang berupa daging sapi. Tetapi daging sapi yang telah diolah tentu akan menjadi pelengkapnya yang akan semakin membuat nasi gandul yang satu ini menjadi lebih terasa lezat.

6. Soto Kudus, Kuliner Khas Jawa Tengah

Makanan yang satu ini merupakan soto Kudus yang asalnya dari kota Kudus, Jawa Tengah. Bedanya soto Kudus dari soto – soto yang lain yakni penyajiannya dengan menggunakan mangkok ukuran kecil. Selain itu juga, soto kudus juga memiliki banyak versi nya nih, ada yang memakai daging kerbau ada pula yang menggunakan daging ayam.

Jika kamu ingin merasakan sensasinya makan daging kerbau itu sepertu apa, datang saja ke kota Kudus. Dan cobain deh soto Kudus yang menggunakan daging kerbau, rasakan pula sensasinya.

7. Nasi Liwet

Lain tempat lain juga nama makannannya, jika tadi nasi gandul, sekarang ini namanya adalah nasi tiwel. Makanan yang berasal dari nasi ini berasal dari kota Solo, bedanya nasi liwet sama nasi gandul mungkin pada penyajianya sama bahan – bahan pelengkapnya. Nasi liwet ini disajikan dengan menggunakan potongan ayam dan kadang pula memakai labu siam.

Masak nasi liwet yang satu ini juga hampir sama seperti bikin nasi uduk pada biasanya. Pertama masak beras terlebih dahulu dengan santan dari kelapa yang telah tua agar memiliki rasa yang gurih – gurih nya. Kalau datang ke Solo, nggak ada salahnya jika kita mencoba makanan yang satu ini.

Itulah 7 Makanan Khas Jawa Tengah yang harus dicoba bila sedang berkunjung. Akan kurang afdol jika kita sudah berkunjung namun belum mencobanya. Semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita seputar makanan. Kunjungi selalu ribuancara.com untuk update informasi terbaru dan menarik lainnya dari kami.