Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung – Saat kamu mengunjungi suatu daerah wisata, rasanya tak afdol jika sebelum pulang tidak membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Dan untuk alasan itulah sepertinya dalam budaya orang Indonesia ada semacam kewajiban tak tertulis untuk membeli oleh-oleh saat kembali dari plesir atau bepergian, baik itu berupa souvenir, pernak-pernik, hingga makanan khasnya yang akan kamu bagikan saat tiba di rumah untuk keluarga ataupun sahabat.

Saat berkunjung ke Bandung, kamu pasti akan banyak menemukan tempat yang menjual aneka makanan khas Bandung sebagai oleh-oleh yang enak dan murah. Nah, berikut 5 daftar jenis oleh-oleh khas Bandung yang murah, enak, terkenal, dan tentunya wajib untuk kamu bawa pulang.

1. Peuyeum Bandung.

Jika ditanya, makanan khas Bandung apa yang berjuluk “jajanan sejuta umat”, maka jawabannya sudah dipastikan akan merujuk pada peuyeum atau tape. Peuyeum adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari bahan dasar singkong yang rasanya manis dan sangat legit ini.

Saking terkenal nama hingga rasa peuyeum yang enak, oleh-oleh khas Bandung yang murah dan terkenal ini dijadikan tembang sunda “Peuyeum Bandung”. Coba lihat petikan lirik tembang Peuyeum Bandung yang melegenda di tatar tanah Sunda.

“Peuyeum Bandung kamashur, Pangaosna teu luhur, Ku sadaya kagaleuh, Sepuh jeung murangkalih.”

Kata tembang Sunda yang sangat terkenal itu, peuyeum Bandung itu sangat termasyur dan disukai tidak hanya oleh anak-anak, namun juga dewasa. Harganya sangat terjangkau serta rasanya yang sangat terkenal alias “kakoncara” kemana-mana. Selain bisa dimakan langsung, peuyeum biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk Colenak, Kue, Es campur.

Untuk tempat yang menyediakan oleh-oleh khas Peuyeum Bandung ini, bisa kamu temukan di sepanjang jalan Cileunyi sebelum masuk tol Cipularang atau di kawasan Jalan Cihampelas apabila di dalam kota Bandung. Dan tentunya juga di sekitar terminal Leuwipanjang pun kamu bisa dengan mudah mendapatkan oleh-oleh Bandung yang murah dan enak ini.

2. Surabi.

Surabi adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan santan sehingga gurih rasanya. Surabi dalah makanan favorit warga Bandung dan Jawa Barat, bahkan sekarang kepopuleran Surabi ini tak hanya bisa dinikmati di kota Bandung saja, tapi di beberapa kota besar Indonesia. Bahkan surabi ini telah Go Internasional, di mana buktinya ada warga Eropa berkebangsaan Jerman yang berjualan makanan ini di sana.

Makanan khas Bandung, Surabi, saat ini jelas sudah tidak bisa dianggap sebagai jajanan murah yang biasa dijajakan pedagang dengan cara digendong ke kampung-kampung. Sekarang makanan Surabi adalah makanan “mendunia” dengan rasa ‘mendunia” juga.

Dengan teknik modifikasi serta diracik dengan aneka cita rasa surabi telah diciptakan, sehingga selain tampilan yang semakin menarik juga pilihan rasa yang bervariasi. Tentu saja hal ini membuat surabi menjadi jajanan murah yang up to date alias mengikuti perubahan zaman.

Bagi kamu yang belum pernah mencicipi dan belum mencoba jajanan khas Bandung yang murah namun lezat ini, kamu bisa datang ke salah satu pusat oleh-oleh Bandung. Harganya yang murah dan kepopulerannya di Bandung ini membuat banyak yang menjual aneka rasa Surabi, seperti Surabi rasa Oncom, Durian, Keju, Strawberry hingga Kismis. Salah satu penjual surabi yang terkenal berada di jalan Setia Budi, yaitu Surabi Enhaii.

3. Tahu Bandung.

Tahu adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai. Tahu telah menjadi menu makan di setiap keluarga Indonesia, karena selain harganya murah juga kandungan gizi dan proteinnya sangat baik buat kesehatan.

Di antara jenis dan macam tahu, tahu Sumedang adalah rajanya tahu yang terkenal sangat lezat, gurih dan renyah ketika digoyang di lidah kita. Teksturnya yang lembut memungkinkan makanan ini menjadi makanan favorit bagi semua kalangan usia. Mulai dari bayi, anak- anak, dewasa hingga orangtua, pasti bisa makan makanan yang umumnya berbentuk segi empat ini.

Tahu Bandung memang dari segi tekstur dan rasa dibilang lebih lembut dari pada tahu sumedang. Namun, ciri khas utama lainnya juga adalah rasa tahu Bandung dinilai memiliki cita rasa tersendiri yang unik dan empuk dan lembut.

Nggak percaya? Cobain beli oleh-oleh khas yang sangat baik buat kesehatan dan bergizi tinggi ini dengan datang ke pusat oleh-oleh Bandung tahu murah, seperti di jalan Astana Anyar yang populer dengan Tahu SB-nya. Atau kamu juga bisa membelinya di Tahu Tauhid Lembang atau juga di tempat lainnya seperti Tahu Susu Lembang.

4. Tempe Gila.

Siapa yang tak kenal tempe goreng Bandung? Makanan yang sudah mejadi ikon oleh-oleh Bandung ini menjadi buruan wisatawan. Selain rasanya yang sangat lezat, kerenyahan dari makanan yang berbahan dasar dari kedelai ini terasa kriuk-kriuk saat dimakan.

Sekarang ada jenis baru tempe goreng yang tengah booming di Bandung, yaitu berjuluk Tempe Gila. Kenapa disebut tempe gila? Karena rasa dan pedasnya memang enak gila. Tempe gila bisa dimakan bareng mie kocok Bandung, Soto Bandung, atau pun Bakso Bandung. Makanan khas oleh-oleh Bandung ini dapat kamu temukan mulai dari swalayan, pasar tradisional serta di Kosambi dan juga di sekitar terminal Leuwipanjang.

5. Pisang Bollen.

Jajanan kue khas Bandung yang satu ini bisa dikatakan oleh-oleh Bandung yang wajib kamu beli sebelum pulang kembali ke kotamu. Cita rasanya sangat lezat, gurih dan manis dengan ornamen banyak pilihan rasa seperti keju, cokelat hingga durian.

Kamu bisa mendapatkan pisang bollen yang spesial dan berkarakter original di toko Kartika Sari, Bandung. Kamu belum bisa dikatakan berwisata di Bandung apabila belum pernah masuk ke Toko Kue Kartika Sari dan belum mencoba pisang bollen Kartika Sari yang sangat populer ini.

Kelezatan dan cita rasa pisang bollen memang spesial dan sangat terjaga dengan resep khususnya secara turun temurun. Makanan ini pun telah lama ada, yaitu sejak tahun 1970. Toko kue Kartika Sari berpusat di jalan H.Akbar no 4 Kebon kawung Bandung, atau toko cabang yang lainnya di wilayah Bandung hingga di luar Bandung, seperti Jakarta pun telah ada.

Selain kamu akan mendapatkan pisang Bollen yang ternama, kamu juga akan banyak menemukan aneka ragam kue pilihan lainnya yang tak kalah enak seperti pastel, risoles, kroket, brownies hingga bagelen.

Itulah beberapa makanan khas bandung yang sangat banyak namun kami rangkum menjadi 5 jenis makanan. Kuliner Bandung memang unik dan memiliki cita rasa yang enak, sehingga membawa banyak wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Sekian artikel yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share ke media social kamu untuk membantu kami berkembang lagi. Terus kunjungi ribuancara.com untuk mendapatkan info terbaru dari kami. Terima kasih telah membaca artikel ini.