Makanan Kelinci

Makanan Kelinci
Makanan Kelinci

Makanan Kelinci – Memelihara kelinci merupakan hobi yang banyak disukai oleh anak kecil maupun orang dewasa. Kelinci merupakan binatang yang lucu dan juga menggemaskan.

Namun semenjak banyak bermunculan jenis kelinci hias, kini tren hobi memelihara kelinci juga sudah banyak menjangkiti orang dewasa. Bahkan harga dari kelincipun mendadak naik berkali – kali lipat. Sampai tembus  hingga jutaan rupiah. Hal ini pasti akan sangat menguras kantong.

Sebenarnya untuk memelihara kelinci itu lumayan susah. Kita tidak dapat sembarangan memberikan suplai makanan padanya. Apalagi jika jenis kelincinya adalah kelinci hias. Pakannya juga harus khusus. Seperti halnya rumput yang dibeli dari Pet Shop, ini merupakan rumput impor yang sudah dikeringkan.

Baca Juga Kelinci Anggora

Baca Juga Inilah Cara Merawat Kelinci Yang Jarang Kita Ketahui

Baca Juga Cara Ternak Lebah Madu Yang Baik Bagi Pemula

Tapi ada pula semacam keyakinan yang beredar di masyarakat lokal di Indonesia. Pada dasarnya, makanan untuk binatang peliharaan apa saja itu baik, asalkan jenisnya alami. Makanan – makanan  yang anti mainstream justru terkadang akan memberikan efek yang jauh lebih baik tentunya.

Jenis Makanan Kelinci

Makanan kelinci di ada alam liar terdiri atas banyak jenis tanam – tanaman, mulai yang berasal dari rumput-rumputan, sayur – sayuran daun, buah – buahan dan juga biji-bijian. Terkadang juga kelinci dijumpai memakan kulit kayu serta ranting yang teksturnya lembut dalam ukuran jumlah yang kecil. Kelinci peliharaan atau hewan kesayangan juga tidak jauh berbeda dengan jenis kelinci liar. Akan tetapi pemberian hijau – hijauan layaknya seperti sayuran dan juga buah – buahan pun harus diberikan secara selektif.

Ada tiga jenis makanan  yang dapat dijadikan sebagai makanan kelinci, yakni seperti air minum, makanan – makanan alami (sayuran, jerami, buah – buahan, biji-bijian) dan juga makanan buatan pabrik ( konsentrat atau pelet ). Untuk mendapatkan hasil agar maksimal, kelinci dengan pertumbuhan serta kesehatan yang baik, ini diperlukan adanya keseimbangan ketikan memberikan makan.

  • Air minum

Sebenarnya kelinci merupakan termasuk hewan yang hanya sedikit membutuhkan air. Akan tetapi meskipun seperti itu, air mutlak juga harus tersedia setiap saat. Ada juga mitos yang telah berkembang, jika telah diberikan makanan sayur – sayuran, kelinci juga tidak memperlukan air minum. Hal tersebut merupakan yang sangat keliru, kelinci juga tetap membutuhkan minum.

Air untuk kelinci merupakan air tawar yang harus bersih. Pemberian air dapat memakai mangkuk ataupun botol. Selain airnya bersih dari bibit – bibit penyakit, jangan sampai air yang diberikan sudah ditumbuhi oleh ganggang. Air minum yang disajikan untuk kelinci dengan menggunakan botol. Apabila tidak rutin untuk dibersihkan pada biasanya botol akan ditumbuhi ganggang. Pastikan juga air minum tersedia juga selama 24 jam dalam keadaan bersih.

  • Jerami atau pelet

Makanan kelinci yang satu ini yakni berupa jerami, rerumputan yang sudah dikeringkan. Jerami dapat juga dikatakan sebagai makanan yang utama untuk kelinci peliharaan. Makanan ini dapat dalam bentuk jerami sebelum diolah yang menjadi pelet buatan dari pabrik. Jerami atau juga pelet harus diberikan untuk setiap hari, ibaratkan seperti makanan pokok yang ada pada manusia. Kelinci akan mendapatkan protein serta nutrisi yang lainnya seperti kalsium dan juga vitamin yang berasal dari asupan jerami. Jerami ini juga akan menjaga kesehatan gigi kelinci serta saluran pencernaan kelinci. Jerami yang berupa dalam bentuk pelet juga setidaknya harus mengandung sebanyak 18% serat.

Hindari untuk memberikan jerami ataupun pelet yang didalamnya mengandung alfalfa secara rutin. Sebab alfalfa meski bagus untuk hewan ternak lain seperti untuk kambing, namun tidak terlalu bagus apabila untuk kelinci. Jerami alfalfa memiliki kandungan kalori yang terlalu tinggi dan juga protein yang dapat merusak untuk gigi kelinci. Sebabnya alfalfa tidak termasuk dalam jenis rumput melainkan dalam bentuk kacang – kacangan. Akan tetapi alfalfa dapat diberikan sewaktu-waktu dalam jumlah yang kecil.

  • Makanan segar

Selain untuk jerami, makanan kelinci lain yang juga tidak kalah penting yakni makanan segar. Makanan segar yang diberikan sebagai makanan tambahan jumlahnya juga tidak sebanyak makanan pokok (jerami). Segaran yang dapat diberikan yakni terdiri atas sayur – sayuran, biji – bijian, buah – buahan, daun – daunan atau herbal, serta  kecambah. Makanan kelinci yang dalam bentuk segaran juga dilakukan secara selektif sebab tidak semua jenis makanan segaran juga cocok untuk kelinci.

 

Makanan Kelinci Kecil

Kelinci akan lepas sapih atau biasa disebu berhenti menyusu dari induknya ketika berusia dua bulan. Pada saat kita hendak memisahkan anakan kelinci dengan induknya sebaiknya kita juga memperperhatikan makanannya.

Hendaknya kita juga memilih makanan yang lunak sebab gigi dari kelinci anakan masih belum begitu kuat untuk menggigit makanan yang teksturnya keras.

Berikut Makanan Kelinci kecil yang dapat dijakin pedoman anda ketika memisahkan kelinci kecil dari induknya:

  • Makanan kelinci dari sayuran

Sayuran yang paling digemari oleh kelinci yakni berupa kangkung, kol, sawi hijau, sawi putih. Sayuran seperti ini juga sangat mudah untuk kita dapatkan, baik itu di pasar ataupun di tukang sayur yang biasa lewat di depan rumah kita. Pemberian makanan dari jenis – jenis sayur ini sebaiknya sayurannya dibiarkan terlebih dahulu supaya layu. Dapat juga di jemur sebentar lalu baru diberikan untuk kelinci. Apa alasannya tersebut? Alasannya yakni apabila sayuran masih basah atau terlalu banyak mengandung air, hal tersebut membuat kelinci akan mudah terkena penyakit diare. Untuk menghindari dari berbagai penyakit yang ada pada pencernaan kelinci sebaiknya menggunakan sayuran yang sudah layu.

  • Voer ayam, dedak, dan ampas tahu

Voer ayam sangat bagus bagi kelinci usia dua bulan. Pemberian voer ayam akan mempercepat pertumbuhan kelinci. Ada alternatif selain voer ayam yakni dedak dan ampas tahu. Kedua jenis makanan kelinci ini harganya relatif murah. Pemberian voer ayam atau dedak atau ampas tahu bisa diberikan pada pagi hari.

  • Jenis umbi

Ada beberapa jenis makanan kelinci seperti umbi adalah wortel, umbi akar, umbi batang, dan kentang. Jika diberikan wortel, karena kelincinya masih kecil, sebaiknya wortel dipotong-potong kecil terlebih dahulu. Kelinci sangat suka dengan wortel karena rasanya yang manis dan juga mengenyangkan.

  • Sisa buah

Kelinci juga sangat suka dengan buah seperti kita. Contoh buah yang disukai kelinci adalah pisang, jambu, semangka, dan apel. Misalnya jika kita makan pisang atau semangka pasti akan menyisakan seperti kulit pisang dan sisa semangka. Sebaiknya jangan langsung di buang. Kasih saja kepada kelinci, pasti sangat suka.

Itulah sedikit artikel tentang makanan kelinci yang bisa anda berikan untuk kelinci peliharaan anda dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Kunjungi terus ribuancara.com untuk update artikel terbaru.