Inilah Manfaat Kubis Yang Belum Anda Ketahui

inilah manfaat kubis yang belum anda ketahui

Manfaat Kubis – Kubis merupakan tanaman atau sayuran yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Sayuran ini dapat kita temukan di pasar atau supermarket lain, yang dimanfaatkan dari tumbuhan ini adalah bunganya. Sebab itu banyak yang menamainya dengan bunga kol, bunga kol atau kubis ini sering digunakan sebagai sayuran pelengkap masakan. Kubis ini sering dipakai untuk lalapan atau tambahan masakan agar tambah enak dan sedap.

Ada beberapa manfaat kubis atau bunga kol yang belum di ketahui banyak orang, dan bisa digunakan sebagai obat. Kubis atau bunga kol dibagi dua yaitu warna hijau dan warna ungu, kebanyakan yang sering kita jumpai adalah warna hijau. Kubis atau bunga kol warna ungu memang terbilang langka, karena bibit dan cara perawatan yang sulit membuat para petani memilih kubis hijau. Dengan memilih kubis hijau para petani juga mudah merawat dan memberikan hasil yang lumayan ketimbang dengan kubis ungu. Dari itu semua baik kubis hijau maupun ungu memiliki manfaat sendiri-sendiri.

Baca Juga : Manfaat Toge Yang Belum Diketahui

Baca Juga : Cara Membuat Sari Kurma

Baca Juga : Cara Membuat Jamu Tradisional

 

Apa Saja Manfaat Kubis yang belum Anda ketahui?

Banyak sekali manfaat kubis yang belum kita ketahui, kubis sendiri bisa dijadikan obat, vitamin, lalapan. Dengan mengetahui manfaat kubis semoga bisa menambah wawasan Anda dalam memilih sayuran. Nah.. apa saja sih manfaat kubis yang belum anda ketahui? Mari simak pembahasannya di bawah ini:

Kubis Hijau

inilah manfaat kubis yang belum anda ketahui

Jenis kubis hijau ini memang sudah sangat sering kita jumpai di mana-mana, hal ini membuat popularitas kubis ini menjadi tinggi. Banyak yang mencari kubis hijau untuk di jadikan sayur makanan atau lalapan. Di rumah makan lesehan pun pasti tersedia kubis sebagai lalapan makanan Anda, tanpa kita sadari kubis hijau memiliki banyak manfaat.

  • Mencegah pertumbuhan kanker

Di dalam kubis terdapat lupeol, sinigrin, diindolymethane (DIM), dan sulforaphane, yang membantu melawan kanker dan menghambat pertumbuhan tumor. Senyawa atau kandungan tersebut terbukti meningatkan efek anti kanker dari taxol obat kemoterapi. Apalagi manfaat kubis untuk payudara sangat besar, karena sebagian besar wanita yang terkena kanker payudara berkurang.

  • Memelihara lambung

Kubis dapat menjadi solusi atau obat alami untuk penyakit radang perut. Penelitian yang dilakukan oleh Stanford University School of Medicine menyatakan bahwa benar minuman dari kubis bisa mengobati radang perut. Sifat ini merupakan karena ada kandungan glutamine di dalam kubis yang sangat tinggi.

  • Menghindari pembengkakan payudara

Banyak wanita yang meletakan kubis di dalam payudara, namun hal ini bukan untuk membesarkan payudara. Dengan meletakan kubis di dalam payudara dapat menghindari pembengkakan di payudara. Hal ini terjadi karena kubis menjadi pengompress payudara agar terhindari dari pembengkakan. Itulah manfaat kubis untuk payudara yang bagus untuk wanita.

  • Meningkatkan system imun tubuh

Kandungan Vitamin C dalam kubis dapat meningkatkan system kekebalan tubuh atau immune. Dengan mengkonsumsi kubis dapat terlindungi dari virus penyakit yang menyerang tubuh. Sehingga kita terlindungi dari penyakit seperti batuk, flu, dan demam.

  • Mencegah katarak

Kubis memiliki kandungan beta karoten yang tinggi yang membantu melindungi mata orang tua. Sehingga terhindari dari mata katarak dan membantu menjelaskan penglihatan orang tua yang sudah rabun.

  • Menurunkan berat badan

Manfaat kubis untuk diet memang sangat ampuh, bagi yang ingin menurunkan berat badan bisa dengan mengkonsumsi kubis. Satu cangkir sup kubis mengandung 33 kalori dan itu membuat kita merasa kenyang dengan mengkonsumsi sup kubis. Hal ini bisa berguna untuk menurunkan berat badan atau diet.

Kubis Ungu

inilah manfaat kubis yang belum anda ketahui

Kubis ini jarang di temukan di pasar maupun di rumah makan, mengapa? Karena rasanya yang kurang enak dari kubis hijau membuat kubis ungu jarang ditemukan. Rasa dari kubis ungu lebih pahit daripada kubis biasa, hal itu juga banyak tidak menyukai kubis ungu. Para petani juga tidak ingin ambil resiko yang besar, mereka lebih memilih kubis hijau daripada kubis ungu. Namun kubis ungu memiliki manfaat yang banyak.

  • Mengandung tinggi serat

Kubis ungu mendangung banyak serat yang dapat menyerap kelebihan kolesterol dalam darah. Serat ini akan mengirim kolesterol dalam tubuh ke anus untuk di keluarkan dari dalam tubuh. Satu cangkir kubis ungu cincang sama dengan 2 gram serat ini merupakan 8% dari jumlah konsumsi harian serat yaitu 25%.

  • Menjaga tingkat carian tubuh

Kandungan kalium yang terdapat di dalam kubis ungu berfungsi untuk menjaga tingkat cairan dalam tubuh sehingga tidak terjadi berfluktasi. Selain itu dengan mengkonsumsi 4 gram kalium dalam satu hari dapat mempertahankan tingkat tekanan darah yang bagus. Kalium juga  dapat menjaga tekanan otot yang bisa membuat kontraksi jantung menjadi lebih stabil dan sehat.

  • Kaya vitamin A dan C

Di dalam kubis banyak sekali kandungan Vitamin, salah satunya adalah Vitamin A dan C. Vitamin A dalam kubis ungu berfungsi mempertahankan kesehatan penglihatan dan meningkatkan penglihatan dalam malam hari. Sedangkan Vitamin C dalam kubis berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan system kekebalan tubuh.

Itulah beberapa manfaat kubis yang belum Anda ketahui dan dapat dijadikan obat alternative. Semoga bisa menambah manfaat dan wawasan Anda dalam dunia kesehatan, banyak sekali manfaat yang terdapat di dalam sayuran kubis. Dengan mengkonsumsi sayuran kubis semoga bisa menjadi obat yang bagus dan menjadi alternative yang mudah dan sehat.

Semoga artikel manfaat kubis ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Kunjungi ribuancara.com yang mempunyai banyak cara dan pengetahuan yang banyak sehingga dapat meningkatan wawasan Anda.

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Membuat Jamu Tradisional Untuk Nyeri Haid Dengan Mudah
  2. Sudah Terbukti! Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin
  3. Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Jeruk Nipis Yang Baik
  4. Begini Cara Membuat Sari Kurma Yang Mudah dan Enak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*