Cara Ternak Lovebrid

Cara Ternak Lovebird – Burung merupakan hewan yang sedang populer saat ini, karena hampir semua kalangan mempunyai burung peliharaan. Banyak orang yang mengadakan lomba burung kicau, dan yang mengikutinya dari semua kalangan. Sampai orang yang berkuasa juga ikut lomba burung peliharaan tersebut.

Banyak macam jenis burung yang dilombakan dalam perlombaan tersebut, semakin keras bunyinya semakin bagus. Burung yang gacor sering dijagokan, karena istilah gacor adalah suaranya berbagai macam dan keras. Sehingga membuat harga jual burung tersebut menjadi sangat tinggi. Burung yang sering dilombakan dan dipelihara biasanya adalah jenis burung lovebird.

Burung lovebird merupakan burung yang memiliki warna bulu yang bagus dan merupakan jenis burung yang berasal dari luar negeri. Ada bermacam-macam jenis burung lovebird yang bisa Anda beli untuk dipelihara atau diternakan. Sekarang banyak orang yang mulai ternak burung loverbird, karena hasilnya yang cukup menjanjikan.

Ada beberapa macam cara ternak loverbird yang wajib Anda tahu, karena ini merupakan dasar dari cara ternak burung lovebird. Berikut kami berikan cara ternak lovebird yang benar, sehingga dapat  meminimalisir kegagalan Anda jika ingin berternak lovebird. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga:

Cara Ternak Kenari

Cara Mengusir Nyamuk

Cara Ternak Kalajengking

Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula

Banyak orang yang ingin sekali memulai ternak burung lovebird, namun masih bingung cara ternak lovebird. Bagi Anda yang baru ingin menjadi peternak burung lovebird atau yang masih pemula berikut adalah tips & trik cara ternak burung lovebird pemula.

Siapkan sangkar atau kendang yang berkualitas

Tempat tinggal burung merupakan hal yang utama karena semua makhluk hidup pasti membutuhkan tempat tinggal. Sebaiknya untuk ternak lovebird menggunakan jenis sangkar atau kendang yang berkulitas. Karena burung menyukai tempat tinggal atau sangkar yang nyaman dan juga luas.

Pilihlah kendang yang berukuran tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar atau sedang saja. Karena untuk ternak sepasang burung lovebird hanya memerlukan luas yang kecil. Setelah memilih kendang burung lovebird, siapkan juga sarang burung untuk tempat bertelur. Karena pasti burung lovebird akan mencari tempat untuk bertelur yang aman.

Ukuran kendang yang standart atau pas biasanya berukuran 20cm X 20cm X 25cm. Ukuran kendang sangat mudah ditemukan dalam pasar burung. Setelah itu untuk bagian sarang burung biasa disebut glodok. Bisa dibuat menggunakan serat kayu, ranting kecil, dan dedaunnya kering lainnya. Setelah itu sangkar atau kendang siap untuk digunakan cara ternak lovebird.

Pilih pasangan burung lovebird yang bagus

Setelah menggunakan cara ternak lovebird pertama diatas, kemudian Anda harus memilih pasangan burung lovebird yang bagus. Karena factor utama untuk cara ternak lovebird yang benar adalah indukan yang bagus. Biasanya burung pejantannya harus memiliki suara gacor dan betina harus memiliki bentuk serta warna yang bagus.

Itu bisa menjadi salah satu factor yang bisa mempengaruhi bagus tidaknya anakan burung lovebird yang sudah kita ternakan. Banyak orang yang memilih burung lovebird yang bagus karena bisa menghasilkan anak yang bagus juga. Namun Anda juga harus menentukan hasil anakan burung lovebird tersebut.

Apakah ingin memiliki suara yang bagus atau gacor, memiliki bulu atau warna yang bagus, atau memiliki tubuh yang bagus. Setelah Anda memilih jenis anakan yang ingin dihasilkan, tinggal memilih burung indukannya. Untuk memilih indukannya juga harus sesuai apa yang kita inginkan dari anakan burung lovebird.

Proses penjodohan burung indukan lovebird

Dalam proses ini burung lovebird yang ingin dijodohkan harus dimasukan dalam satu kandang dan dalam waktu yang lama. Karena menumbuhkan rasa cinta akan pasangan juga memerlukan waktu yang lama. Biasanya menunggu proses penjodohan selama kurang lebih satu minggu agar terjalin perkawinan.

Tetapi sebelum dimasukan dalam satu kendang lebih baik Anda memisahkan kedua burung lovebird tersebut. Karena untuk menghindari perkelahian Antar burung, sehingga tidak terjadi stress pada burung lovebird. Burung lovebird jika disatukan dalam satu kendang akan menyerang bagian kaki hingga terjadi kecacatan.

Cara ternak lovebird ini bisa menggunakan cara yang cepat, dengan cara menjemur kedua burung di bawah sinar matahari. Dengan menjemur pasangan burung lovebird akan lebih cepat untuk proses penjodohannya. Namun juga tergantung dari burung lovebirdnya juga, jika betina atau jantan saling cocok akan lebih cepat namun sebaliknya jika tidak cocok.

Proses pengembangbiakan

Dalam proses ini burung lovebird bisa disatukan dalam satu kendang untuk diternakan, ini memakan waktu yang lama. Karena untuk menunggu lovebird bertelur biasanya harus menunggu sampai terjadi perkawinan. Jangan lupa untuk memasukan glodok atau sarang burung tersebut. Karena agar membuat nyaman kedua pasangan burung lovebird tersebut.

Sebaiknya untuk sarang burung biarkan sang betina untuk merangkainya, karena sang betina akan aktif menyusun sarang ketika ingin bertelur. Anda hanya perlu untuk menyebarkan ranting atau serat kayu di sekitar kendang burung lovebird. Begitulah cara ternak burung lovebird untuk pemula yang bagus. Dalam proses pengembangbiakan ini Anda harus rajin memberikan pakan.

Karena kedua pasang tersebut akan mencari makanan untuk telur mereka. Setiap saat Anda harus menyiapkan pakan apabila habis. Setelah bertelur sang betina biasanya akan menghasilkan telur 4-5 telur. Jika burung lovebird betina bertelur kurang dari 4 maka bisa dikatakan kurang normal. Hal ini masih wajar apabila sang betina baru pertama kali bertelur.

Proses pengeraman telur

Setelah sang burung lovebird betina bertelur biasanya akan langsung mengerami telur hingga menetas. Anda harus menjaga kebersihan kendang burung lovebird tersebut karena agar proses pengeraman optimal. Proses pengeraman telur biasanya sang induk memerlukan waktu 22-25 hari untuk mengerami telur hingga menetas.

Apabila telur tersebut melebihi perkiraan tersebut maka bisa saja telur burung lovebird tersebut gagal. Hal ini sering terjadi apalagi bagi peternak burung lovebird pemula atau pertama kali. Jika telur tersebut memang kopyor atau gagal maka singkirkan atau buang telur tersebut. Hal itu agar sang betina mau bertelur lagi dan menghasilkan anakan yang bagus.

Proses Perawatan Anakan Lovebird

Inilah tahap terakhir dari cara ternak burung lovebird yang benar, karena setelah telur menetas maka akan menghasilkan anakan burung lovebird. Anakan burung lovebird ini harus mendapatkan perawatan yang optimal serta bagus. Karena perawatan akan mempengaruhi pertumbuhan burung lovebird tersebut.

Untuk perawatan pertama bisa Anda berikan makan anakan burung lovebird dengan millet putih, millet merah, dan biji bunga matahari. Untuk pemberian makan biasanya hanya memerlukan 7 sampai 10 biji saja. Untuk tempat makan anakan burung lovebird harus sering dibersihkan untuk menghindari penyakit yang berbahaya.

Itulah beberapa cara ternak lovebird, cara ternak loverbird koloni, cara ternak lovebird pemula, cara ternak lovebird untuk pemula, dan cara ternak lovebird yang benar. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua yang ingin memulai bisnis cara ternak lovebird ini. Dengan mengikuti cara ternak lovebird tersebut, insyallah akan menghasilkan anakan yang bagus.

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua, semoga bisa menambah wawasan Anda dalam cara ternak lovebird. Jangan lupa untuk share ke media social dan teman-teman Anda agar membantu kita berkembang. Terus kunjungi ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih telah membaca artikel ini.