Cara Ternak Kenari

Cara Ternak Kenari – Burung merupakan hewan yang sering dipelihara oleh manusia untuk ditanggkarkan atau ternak. Banyak sekali jenis burung yang ada di dunia ini. Namun hanya beberapa saja yang boleh di pelihara oleh manusia. Karena ada beberapa jenis burung yang tidak boleh dipelihara. Penyebabnya adalah burung yang dilindungi sekarang sudah mulai langka di alam bebas, jika tidak dilindungi maka akan punah.

Jika terjadi kepunahan maka anak, cucu kita tidak akan pernah melihatnya secara langsung. Mungkin hanya melihatnya lewat gambar. Sekarang burung sudah dijadikan hobi oleh beberapa orang. Banyak lomba burung dimana – mana yang berhadiah jutaan rupiah. Bahkan sampai ke kalangan pejabat ke atas. Perlombaan burung sekarang sudah menjadi trend di mana – mana. Salah satu jenis burung yang sering dipelihara dan dilombakan adalah burung kenari.

Burung kenari merupakan jenis burung yang termasuk mulai langka, karena banyak diburu oleh semua orang. Harga satu ekor burung ini juga bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan. Perkiraan harga burung dinilai dari suara burung dan prestasi burung. Burung kenari memiliki suara atau kicauannya yang merdu. Semakin indah warna bulunya dan semakin bagus kicauannya, harganya juga makin tinggi.

Oleh karena itu sekarang burung kenari menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Banyak yang ingin mulai berternak kenari, tapi tidak tahu cara ternak burung kenari. Banyak orang yang memulai bisnis dengan cara ternak kenari yang baik, sehingga selain melestarikan juga menguntungkan. Untuk anakan burung kenari saja bisa mencapai ratusan ribu, apalagi induknya. Cara ternak kenari ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

Jika Anda sedang mencari cara ternak kenari maka disinilah Anda akan belajar bagaiaman cara ternak kenari yang baik dan benar. Ada beberapa cara ternak kenari yang bisa Anda lakukan sendiri atau bersama – sama di rumah. Berikut adalah cara ternak kenari yang terbagi menjadi beberapa system.

Baca Juga:

Cara Mengusir Nyamuk

Cara Mengusir Tikus

Cara Ternak Lovebrid

Cara Ternak Kenari Sistem Koloni

Cara ternak kenari ini menggunakan system koloni yang besar. System koloni itu menggabungkan beberapa ekor kenari di dalam satu sangkar. Sehingga akan terjadi perkawinan antar burung kenari yang banyak. System koloni ini juga merupakan system alterntive untuk membudidayakan burung kenari. Tetapi ada beberapa tips untuk memulai cara ternak kenari system koloni tersebut. Mulai dari kandang sangkar hingga indukan kenari.

Tips & trik cara ternak kenari system koloni

  • Kandang berukuran cukup luas dan bisa dibuat di ruangan terbuka, untuk patokan ukuran bisa 2×1,5×2 cm (PxLxT). Namun bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan atau lokasi untuk membuat kendang.
  • Atur posisi penempatan kendang sangkar burung kenari agar aman dan nyaman bagi burung kenari.
  • Atur model pembuatan kendang sangkar burung kenari agar mendapatkan sinar matahari yang bagus. Bisa menggunakan atap yang transparent.
  • Burung kenari yang ingin diternakan juga harus mendapatkan sinar matahari yang bagus. Agar burung kenari tidak gemuk dan sehat.
  • Pilih indukan burung kenari yang berkarakter kalem baik betina maupaun pejantan. Agar tidak galak atau stress saat disatukan dalam satu sangkar.
  • Jika memungkinkan pilihlah indukan kenari yang sudah pernah di kembangbiakkan. Itu akan mempermudah dan mempercepat berkembang biak. Jika tidak maka menggunakan indukan burung kenari yang siap atau muda.

Setelah semuanya terpenuhi tinggal bagaimana cara berternak burung kenari system koloni, berikut ini adalah tata cara bertenak burung kenari.

  1. Siapkan sarana tempat minum, tempat pakan dan juga tempat bertelur. Usahakan agar tempat bersarang melebihi jumlah betinanya.
  2. Pengaturan jarak antar sarang adalah kurang lebih 50 cm. Sebaiknya setiap sarang diberi variasi seperti bunga plastic atau lainnya. Hal ini agar membuat indukan burung lebih aman dan nyaman.
  3. Jika semua sarana sudah disiapkan dengan baik dan benar, maka para pejantan dan betina burung kenari siap dilepaskan di kendang. Biarkan burung kenari mencari pasangannya.
  4. Jumlah pasangan burung kenari yang baik adalah 1 pejantan, 4 betina atau kelipatannya.
  5. Mengapa jumlah betina lebih banyak, karena setiap pejantan akan berpoligami. Sehingga memerlukan burung betina yang banyak.
  6. Kemudian rawat dan berikan makan yang bergizi dan banyak protein. Sehingga akan membuat sehat dan cepat berkembang biak.
  7. Tempat makan dan minum usahakan berpisah – pisah, hal ini untuk meminimalisir burung berantem.
  8. Siapkan bahan untuk membuat sarang burung kenari, seperti ranting. Hal ini bertujuan agar burung kenari bisa menyusun sarangnya sendiri.
  9. Kemudian nikmati proses pembudidayaan dan berkembang biak burung kenari. Cara ternak burung kenari system koloni ini selesai.

Cara Ternak Kenari Af

Burung kenari af merupakan burung unggulan yang sangat baik untuk di ternakan. Banyak yang ingin tahu cara ternak kenari af yang baik dan benar. Berikut adalah tips dan trik cara ternak kenari af.

  • Pertama perhatikan kendang burungnya, karena kendang merupakan point utama untuk bertenak burung. Pilihlah kendang burung yang aman dan nyaman bagi burung kenari. Ukuran kandannya juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
  • Siapkan sarang burung kenari af yang bisa dibuat sendiri dengan ranting atau jerami. Usahakan mirip dengan sarang di alam liar. Atau bisa Anda letakan dalam sangkar burung kenari. Dan biarkan burung kenari af merangkitnya sendiri.
  • Lepaskan satu pasangan burung kenari af ke dalam kendang tersebut. Hal ini untuk membuat perjodohan dan perkawinan lebih baik. Lebih baik burung betina lebih banyak.
  • Jika sudah cocok maka burung kenari akan bertelur dan akan menetas selama 12 hari atau 2 minggu.

Cara Ternak Kenari Di Sangkar Gantung

Cara ternak burung kenari ini bisa dikatakan cukup mudah, karena hanya menggunakan sangkar atau kendang gantung. Cara ini akan berhasil jika Anda lakukan dengan telaten, serius, dan juga sabar. Simak pembahasan cara ternak kenari di sangkar gantung berikut ini.

1.      Memilih indukan burung kenari yang bagus dan sehat.

Hal ini merupakan hal yang sangat penting. Karena untuk menghasilkan anakan kenari yang bagus dan mahal memerlukan indukan burung yang bagus. Untuk betina pilihlah bentuk badannya bagus dan bulunya bagus. Sedangkan pejantan pilih yang suaranya gacor dan memiliki tubuh bagus.

2.      Mempersiapkan sangkar gantung

Sangkar atau kendang gantung merupakan salah satu jenis kendang yang sangat efisien. Karena kandang tersebut bisa diletakan dimana saja, bisa atap rumah atau pohon. Selain efisien kendang ini juga aman dari serangan unggas seperti ayam.

3.      Membeli pakan burung kenari

Untuk membuat perkembangan dan pengoptimalan burung kenari, maka harus diisi asupan yang bagus. Pilihlah pakan burung kenari yang bagus dan berkelas, seperti biji-bijian, sayuran, dan buah. Pakan dan minum juga harus terus dipantau agar tetap baik.

4.      Mempersiapkan proses penjodohan

Proses penjodohan juga tidak selalu lancar, ada yang langsung jadi dan ada yang tidak. Biasanya untuk proses penjodohan harus dipisah dalam sangkar berbeda yang didekatkan selama 3 hari. Kemudian bisa di campurkan dalam satu kendang.

5.      Proses pengeraman

Untuk proses pengeraman biasanya dibutuhkan 1-2 minggu untuk menetaskan telur tersebut. Dalam proses ini harus siapkan pakan yang banyak karena sang betina akan meloloh ke anaknya. Harus siap siaga bila pakan dan minumnya habis.

6.      Proses perawatan

Dalam proses perawatan burung harus selalu diawasi karena burung kenari tidak boleh terkena gangguan. Ini untuk menghindari stress pada anak burung kenari yang dalam proses pertumbuhan. Juga harus selalu disiapkan dalam pakan dan mimumnya.

7.      Pemisahan anak burung kenari

Anak kenari yang sudah berusia sekitar 1 bulan harus segera dipisahkan dengan induknya. Karena anak burung kenari dalam usia ini sudah bisa mencari makan sendiri. Jika sudah berumur 1 bulan Anda bisa memisahkan anak dengan induknya.

8.      Perawatan anak kenari

Untuk merawat anak burung kenari juga terbilang mudah. Karena untuk merawat anak burung kenari seperti merawat induknya. Jika sudah melalui tahap ini maka Anda sudah bisa menjadi perternak burung kenari handal.

Itulah beberapa cara ternak kenari yang bisa membantu Anda dalam membuka peluang bisnis dengan ternak kenari. Banyak orang yang menggunakan system tersebut dan banyak juga yang berhasil. Jika tidak dimulai dari sekarang maka kapan lagi? Dengan berternak burung kenari Anda akan untung besar. Apalagi Anda ikut juga melestarikan burung kenari, sehingga tidak akan punah.

Demikian artikel tentang cara ternak kenari yang bisa kami informasikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, dan bagi yang ingin menjalankan bisnis ini semoga sukses. Jangan lupa untuk share ke teman – teman Anda dan juga media social tentang cara ini. Terus kunjungi ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih telah membaca artikel ini.