Cara Ternak Ikan Cupang

Cara Ternak Ikan Cupang РKomoditas peternak ikan kini semakin menaik, karena sudah banyak orang yang mencari ikan. Salah satu ikan yang sering dicari adalah ikan hias. Banyak sekali ragam dan jenis dari ikan hias, sehingga membuat banyak orang menyukainya. Salah satunya yang banyak digemari adalah ikan cupang. Ikan ini memang terbilang kecil dan memiliki warna yang mencolok.

Sekarang ini peternak ikan cupang sedang mengalami kenaikan karena sudah banyak yang suka dengan ikan cupang. Banyak yang ingin mencoba menjadi peternak ikan cupang. Namun masih banyak juga yang belum tahu cara ternak ikan cupang. Kali ini kami akan memberikan cara ternak ikan cupang yang mudah kamu praktekan.

Untuk berternak ikan cupang juga membutuhkan dana yang lumayan besar dan waktu yang banyak. Karena untuk merawatnya saja juga sudah besar apalagi jika diternakan. Namun hal tersebut dapat kamu atasi jika kamu sudah berhasil dengan cara ternak ikan cupang ini. Namun kamu harus membaca terlebih dahulu cara merawat ikan cupang.

Ikan cupang sendiri merupakan jenis ikan hias yang memilki tubuh yang kecil. Dibalik tubuh yang kecil tersebut ternyata banyak sekali keindahan yang tersimpan. Salah satunya yaitu warna ikan cupang tersebut. Banyak orang yang menjual ikan cupang dengan harga yang tinggi. Sehingga bisnis ikan cupang cukup menjanjikan.

Kamu bisa mencoba cara ternak ikan cupang yang akan kami berikan dalam artikel ini. Banyak yang belum mengetahui cara beternak ikan cupang hias bagi pemula yang baik dan benar. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang cara ternak ikan cupang dengan baik silahkan simak berikut ini.

Cara Ternak Ikan Cupang Bagi Pemula

Ikan cupang memang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan ada yang rela membayar dengan harga yang tinggi. Ikan hias ini bisa disamakan dengan ikan koi atau sejenisnya. Namun bentuk tubuh ikan cupang ini kecil. Banyak pemula yang ingin membuka usaha untuk berternak ikan cupang. Tetapi tidak tahu cara ternak ikan cukang bagi pemula yang benar.

Bagi pemula yang ingin berternak ikan cupang harus mengerti beberapa hal terlebih dahulu. Ternak ikan cupang tidak boleh asal-asalan karena perlu memperhatikan beberapa hal. Simak lebih lanjut pembahasan tentang cara beternak ikan cupang hias berikut ini.

1. Memilih jenis ikan cupang

Jenis ikan cupang yang ingin diternakan juga harus ditentukan dari pertama mulai. Karena cara ternak ikan cupang hias dengan cara ternak ikan cupang aduan berbeda. Sehingga perlu kejelasan mau beternak dengan jenis ikan cupang apa. Karena itu akan mempengaruhi hasil akhir dari cara beternak ikan cupang tersebut. Pastikan dahulu ingin memilih jenis ikan cupang hias atau ikan cupang aduan. Harga dan perawatan jelas berbeda.

Hal ini merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk beternak ikan cupang. Setiap ikan cupang memiliki jenis yang berbeda-beda. Warna juga menjadi pembeda dari ikan cupang tersebut. Ikan cupang hias banyak diminati daripada ikan cupang aduan. Karena banyak yang mencari keindahan daripada ketangkasan.

2. Memilih induk ikan cupang

Setelah berhasil menentukan jenis ikan cupang yang ingin diternakan maka langkah selanjutnya adalah memilih induk. Setiap ingin beternak pasti harus ada indukan untuk diternakan. Sama halnya dengan cara beternak ikan cupang hias bagi pemula. Kamu harus jeli memilih induk ikan cupang yang baik dan bagus. Karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil dari ternak ikan cupang kamu.

Banyak yang salah dalam memilih indukan ikan cupang. Dan itu sangat mempengaruhi pula dengan hasil ternak tersebut. Sebaiknya kamu pilih induk ikan cupang yang bagus dan sehat. Itu bisa menjadikan anakan ikan cupang lebih baik dan sehat. Sehingga kamu bisa mendapatkan hasil dari cara ternak ikan cupang yang baik dan bagus.

3. Pemijahan ikan cupang

Setelah berhasil memilih induk ikan cupang, maka kamu masuk tahap selanjutnya yaitu pemijahan. Proses pemijahan ikan cupang ini juga memerlukan waktu yang lama. Karena perlu waktu untuk perkawninan antara dua ikan cupang tersebut. Sebaiknya kamu gunakan aquarium yang lumayan kecil 20x20x20 cm untuk proses pemijahan. Ikan cupang betina dimasukan dahulu pada gelas atau toples untuk menghindari pertikaian.

Selain itu tempat wadah atau aquarium juga perlu dihiasi seperti manusia. Karena hal tersebut akan membuat mereka cepat untuk proses perkawinan. Kamu bisa gunakan enceng gondok untuk menghiasi aquarium tersebut. Karena itu persis seperti habitat asli dari ikan cupang. Cara ternak ikan cupang bagi pemula bisa mencontoh hal tersebut.

4. Pakan ikan cupang

Setelah melakukan pemijahan ikan cupang tahap selanjutnya adalah memberikan pakan ikan cupang. Pakan ikan cupang haruslah berkualitas dan tidak sembarangan. Karena ikan cupang memiliki pakan tersendiri, tidak seperti ikan pada umumnya. Kamu bisa memberikan pelet yang berkualitas atau juga cacing kremi yang masih lembut. Banyak orang yang masih bingung memilih pakan ikan cupang. Padahal hal ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan ikan cupang tersebut.

Dalam cara ternak ikan cupang harus bisa memilih pakan ikan yang sesuai kebutuhan. Ikan cupang juga harus selalu diberikan makan tepat waktu, karena akan berpengaruh pada perkembangan. Sebaiknya setelah berhasil melakukan proses perkawinan seringlah untuk memberi pakan ikan. Ikan cupang merupakan ikan yang cukup cepat untuk mencerna makanannya. Perut yang kecil membuat pencernaan lebih cepat dari yang lain.

5. Perawatan ikan cupang

Tahap terakhir sebelum berhasil menternakan ikan cupang adalah perawatan. Ini merupakan tahap yang sangat sulit dan membutuhkan kesabaran. Karena kamu harus lebih waspada dan perhatian pada induk ikan cupang. Dalam perawatan ikan cupang sendiri masih banyak yang perlu kamu perhatikan. Seperti kebersihan air, kebersihan aquarium, dan waktu pakan. Inilah tahap dimana kesabaran dan waktu kamu diujikan dalam cara ternak ikan cupang.

Ikan cupang memiliki sifat yang cenderung agresif dari ikan lainnya. Hal ini memang dialami hampir semua jenis ikan cupang. Perawatan ikan cupang harus tetap diperhatikan dan kondisinya. Setelah bertelur maka kamu harus memisahkan aquarium yang sudah steril. Karena itu akan mempengaruhi anakan ikan cupang tersebut. Itulah cara perawatan ikan cupang.

Itulah beberapa cara ternak ikan cupang dengan baik bagi pemula. Memang cara ternak ikan cupang tersebut sedikit sulit dibandingkan dengan ikan biasa. Namun jika berhasil menternakan ikan cupang maka akan mendapatkan untung besar. Cara ternak ikan cupang bagi pemula ini bisa kamu coba sendiri dirumah. Kamu bisa bagikan ilmu ini kepada sesama, sehingga bermanfaat.

Demikian artikel tentang cara ternak ikan cupang yang bisa kami berikan kepada kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share ke sosial media dan teman-teman kamu. Itu bisa membuat kami terus berkembang dan membuat artikel baru. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru. Terima kasih telah membaca artikel ini.

cara berternak ikan cupang aduan

cara beternak ikan cupang hias

cara ternak ikan cupang dengan baik