Cara Merawat Pohon Anggur

Cara Merawat Pohon Anggur – Pasti semua orang menyukai beberapa macam buah dan ada yang tidak disukai. Salah satu buah yang disukai banyak orang adalah buah anggur. Buah ini sudah ada dari zaman dahulu, bahkan buah ini hanya boleh dimakan oleh para penguasa pada saat itu. Namun sekarang sudah bisa dimakan oleh siapa saja yang mau.

Buah anggur dibagi menjadi beberapa jenis, ada anggur merah, anggur hijau, dan anggur ungu. Setiap anggur memiliki rasa yang berbeda-beda karena mereka beda jenis. Buah anggur merupakan tanaman buah yang paling digemari di dunia. Anggur digemari karena memiliki banyak manfaat dan zat yang bagus untuk tubuh manusia.

Buah anggur merupakan salah satu buah yang mempunyai harga jual mahal. Buah ini tumbuh dengan cara merambat di semak-semak atau pagar. Kenapa buah ini bisa mahal? Karena cara merawat pohon anggur lumayan sulit. Hal ini dipengaruhi oleh faktor tanah dan tempat. Namun jika berhasil menanam pohon anggur maka kamu bisa mendapatkan untung yang lumayan.

Bagaimana Cara Merawat Pohon Anggur?

Cara merawat pohon anggur akan kami jelaskan pada tulisan kali ini. Pohon anggur termasuk pohon yang susah untuk ditanam. Namun hal tersebut tidak memungkinkan jika kita mau berusaha dan bekerja keras. Ada cara merawat pohon anggur dalam pot, ada juga cara merawat anggur biar cepat berbuah. Bagi kamu yang ingin memulai menjadi petani pohon anggur, maka kamu bisa membaca artikel ini lebih lanjut.

Bagaima cara merawat pohon anggur yang baik dan benar? Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan lahan atau media tanam. Jika kamu tidak memiliki lahan kosong bisa menggunakan pot atau hidroponik. Setelah itu kamu bisa membaca lebih lanjut cara merawat pohon anggur berikut ini.

Cara Merawat Pohon Anggur Agar Cepat Berbuah

Pasti semua petani menginginkan pohon anggur mereka cepat berbuah dalam waktu singkat. Memang untuk musim buah anggur lumayan lama, sehingga perlu kesabaran. Tetapi ada cara merawat pohon anggur agar cepat berbuah yang bisa kamu baca berikut ini.

1. Media atau lahan

Kamu bisa menggunakan lahan yang kosong milik sendiri, namun jika tidak punya bisa menggunakan pot atau polybag. Sehingga kamu bisa menanam pohon anggur di mana pun tanpa bingung memikirkan lahan. Kamu harus memikirkan dahulu untuk media tanamnya, ingin menggunakan polybag, pot atau hidroponik. Karena cara merawat pohon anggur berbeda-beda untuk setiap media tanamnya.

2. Tanah yang subur

Pemilihan tanah yang subur juga menjadi salah satu faktor utama dalam perawatan pohon anggur. Banyak orang yang asal menanam pohon anggur namun gagal dalam perawatannya. Bisa jadi hal pertama yang menjadi masalahnya adalah tanahnya. Karena tanah dapat mempengaruhi faktor pertumbuhan pohon anggur.

Spesifikasi tanah yang digunakan haruslah subur dan bagus sehingga bagus untuk pohon anggur. Sebaiknya tanah yang ingin di gunakan harus digemburkan dahulu dengan cara di bajak atau di cangkul. Hal tersebut untuk menghilangkan hama yang mengganggu pertumbuhan pohon anggur.

3. Pemilihan bibit anggur

Selanjutnya adalah pemilihan bibit anggur, bibit anggur yang dipilih harus bagus dan sesuai kebutuhan kamu. Dalam cara merawat pohon anggur ini kamu harus pandai dalam memilih bibit anggur. Karena bibit anggur menentukan pertumbuhan pohon anggur tersebut. Sehingga sangat berpengaruh pada rasa dan juga hasil buah anggur tersebut.

Bibit anggur yang digunakan bisa dilihat dari penampilan atau bentuk bibit anggur tersebut. Setelah bibit anggur tersebut berumur 2 bulan atau lebih dan sudah mengeluarkan akar atau daun. Maka sebaiknya pindahkan pada pot atau wadah yang lebih besar. Karena itu merupakan proses pertumbuhan pohon anggur yang baik.

4. Menanam benih anggur

Dalam menanam benih anggur juga perlu beberapa kriteria khusus karena ini juga menjadi pengaruh dalam cara merawat pohon anggur. Dalam usia 2 bulan atau lebih, serta juga sudah keluar akar dan daunnya harus dipindahkan. Untuk memberikan hasil maksimal sebaiknya kamu tanam pohon anggur pada musim kemarau.

Benih anggur tanam yang telah dipersiapkan dimasukan pada lubang tanam setelah itu ditutup atau ditimbun. Setelah ditimbun atau ditaman sebaiknya kamu persiapkan para-para setinggi kurang lebih 2 meter. Itu akan berfungsi sebagai perambatan untuk tanaman anggur.

5. Pemeliharaan pohon anggur

Pemeliharan atau proses pertumbuhan pohon anggur juga mempengaruhi cara merawat pohon anggur biar cepat berbuah. Karena dalam pemeliharaan pohon menjadi faktor utama dalam hasil buah pohon anggur. Dalam proses terakhir ini kamu harus rajin untuk merawat pohon anggur.

Jika dalam proses pertumbuhan pohon anggur ada beberapa gejala atau penyakit sebaiknya ganti. Karena hal itu bisa berpengaruh pada hasil panen buah anggur pada musim panen. Dalam proses pemeliharaan pohon anggur ini kamu harus waspada terhadap hama yang menyerang.

Cara Merawat Pohon Anggur Dalam Pot

Salah satu cara untuk menanam pohon anggur apabila tidak memiliki lahan bisa menggunakan pot. Berikut adalah tips cara merawat pohon anggur dalam pot.

Penyerbukan

Penyerbukan dilakukan untuk meningkatkan kualitas buah yang ada di pohon anggur. Saat kamu menanam pohon anggur dalam pot, kamu harus tahu sebagian besar varietas pohon anggur. Karena ada varietas yang tidak bisa menghasilkan buah sendiri dan ada yang bisa. Tips meningkatkan buah adalah dengan mengocok tanaman saat masih berbunga untuk menghasilkan hasil panen yang bagus.

Mulsa

Kamu bisa melakukan mulsa pada tanaman anggur dalam pot. Cara merawat pohon anggur dalam pot bisa mengunakan metode mulsa. Karena mulsa dapat menjaga kelembaban suhu tanaman anggur dengan baik. Kamu bisa menggunakan mulsa di dalam pot dengan kulit kayu pinus, kompos, atau kerikil. Untuk mencegah penguapan air yang berlebih dan melindungi akar dari fluktosa sushu.

Pemangkasan

Setelah beberapa bulang pertama dan panen pertama jangan pangkas dahulu pohon anggurnya. Biarkan pohon anggur tumbuh bebas dalam pot, kecuali kayu atau cabang yang tidak menghasilkan buah bisa kamu pangkas. Hal ini bertujuan untuk membuat pohon anggur lebih besar dan banyak berbuah. Sehingga kamu bisa mengetahui cara merawat pohon anggur biar cepat berbuah dengan baik.

Itulah beberapa cara merawat pohon anggur yang bisa kami sampaikan kepada pembaca sekalian. Pohon anggur bisa menjadi salah satu lahan usaha yang diminati petani. Harga jual yang tinggi menyebabkan juga para petani juga jarang menanam buah anggur. Namun jika berhasil maka bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Demikian artikel tentang cara merawat pohon anggur yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share tulisan ini ke meida sosial atau teman-teman kamu. Hal tersebut bisa membantu kami lebih berkembang lagi. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih telah membaca artikel ini. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *