Tips Cara Merawat Ikan Koi yang Baik dan Benar

cara merawat ikan koi
Cara Merawat Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi – Ikan koi merupakan ikan termahal karena banyak memiliki warna yang khas dan menarik, sehingga menarik untuk di beli dengan harga yang mahal. Ikan koi memiliki banyak sekali jenisnya, di kategorikan sesuai corak dan warnanya. Ikan koi biasanya dijadikan sebagai ikan hias di kolam maupun aquarium. Dengan memelihara ikan koi yang bagus maka kita harus merawat ikan koi dengan baik dan benar supaya cepat besar. Harga ikan koi saat ini sudah sangat bervariatif ada yang murah dan ada yang sangat mahal.

Memelihara ikan koi sebaiknya dari kecil saja, karena harga yang masih murah dan perawatan yang masih mudah. Jika kita bisa paham cara merawat ikan koi yang baik dan benar maka dalam waktu 6 bulan sudah mencapai ukuran 15-20 cm. Saat ini banyak lomba ikan koi yang sudah di lombakan haidahnya juga besar, layaknya lomba burung. Tidak kalah menarik dengan lomba burung, terbukti dengan banyaknya orang yang mengikuti lomba ikan koi.

Baca Juga Beginilah Cara Membuat Sapi Gemuk yang baik dan benar

Baca Juga Cara Merawat Hewan Peliharaan Secara Baik Dan Benar

Baca Juga Rahasia Cara Ternak Lele dengan Mudah

Banyak sekali yang mencoba memelihara ikan koi dari kecil, namun belum tahu cara merawat ikan koi yang baik dan benar sehingga ikan koi tersebut mati. Kita harus paham dahulu tentang cara merawat ikan koi baru membeli ikan koi yang kecil sehingga dapat berkembang dengan cepat. Jika bisa menguasai hal tersebut maka Anda bisa menjadi juragan ikan koi, dan bisa sukses dengan usaha jual ikan koi Anda.

Bagaimana cara merawat ikan koi ang baik dan benar? Simak penjelasan berikut ini.

cara merawat ikan koi
Cara Merawat Ikan Koi
  1. Memilih bibit ikan koi yang masih sehat

Kita harus memilih jenis ikan koi yang ingin kita pelihara, jangan asal membelinya. Kita juga harus tahu kondisi ikan koi tersebut apakah masih sehat atau tidak. Pilihlah ikan yang masih sehat dan warnanya terlihat cerah.

  1. Mempersiapkan kolam atau aquarium

Jangan lupa untuk mempersiapkan kolam atau aquarium untuk menaruh ikan koi kita yang baru kita beli. Gunakan ukuran kolam yang tidak terlalu besar, hanya untuk ikan kecil saja.

  1. Gunakan air yang jernih

Gunakanlah air yang jernih agar ikan koi tersebut lebih berwarna dan tetap sehat, jika airu sudah mulai keruh segera ganti dengan air yang baru. Kita harus membuat penyaring air agar air tidak cepat keruh dan ikan tetap sehat.

  1. Pisahkan antara koi baru dan lama

Jika anda memiliki koi lama jangan campur dengan koi baru karena mungkin koi lama sudah terinfeksi dengan bakteri. Koi baru masih belum beradaptasi dengan lingkungan baru, jadi pisahkan antara ikan koi baru dengan ikan koi lama.

  1. Beri pakan secara teratur

Kita harus memberi makan ikan koi kita secara teratur jangan sampai lupa sekali, karena itu mempengaruhi perkembangan ikan koi. Juga pilih pakan yang berkualitas dan cocok untuk koi Anda sehingga tidak salah saat memberi pakan kepada ikan koi tersebut.

  1. Gunakan pakan yang berkualitas

Menggunakan pakan biasa dengan berkualitas tentu saja berbeda dengan hasilnya. Jika kita membeli pakan berkualitas maka ikan koi akan tumbuh lebih cepat besar dan lebih sehat daripada membeli pakan yang biasa.

Cara merawat ikan koi agar cepat besar

cara merawat ikan koi
Cara Merawat Ikan Koi
  1. Menjaga kualitas air

Jika ingin memelihara koi sebaiknya kita selalu menjaga kualitas air karena itu merupakan pengaruh besar untuk membesarkan ikan koi. Banyak sekali cara untuk menjaga kualitas air untuk ikan koi.

  1. Memberi pakan dan vitamin ikan koi

Jangan lupa untuk memberi pakan dan vitamin yang banyak dan berkualitas, itu juga salah satu untuk membesarkan ikan koi. Dengan memberi pakan dan vitamin ikan koi maka koi akan tumbuh lebih cepat.

  1. Merawat kolam ikan koi

Jaga kebersihan kolam maupun aquarium ikan koi, karena itu merupakan salah satu factor untuk membuat ikan koi cepar berkembang. Kolam ikan juga ditentukan sesuai dengan ukuran ikan koi tersebut.

  1. Memasang filter atau penyaring air

Filter atau penyaring air juga memiliki bagian penting dalam memperbesar ikan koi. Filter digunakan untuk menjaga kualitas air tetap jernih, dan tidak cepat kotor.

Cara merawat ikan koi di aquarium

cara merawat ikan koi
Cara Merawat Ikan Koi
  1. Memperhatikan ukuran aquarium

Ukuran aquarium juga perlu diperhatikan sebab setiap ikan koi memiliki ukuran yang berbeda-beda. Nah untuk ukuran aquarium ikan koi juga harus diperhatikan, jangan hanya memasukan ikan koi tersebut.

  1. Memasang filter air pada aquarium

Filter air pada aquarium juga mempengaruhi kebersihan air, dengan memasang filter air pada aquarium paling tidak menjaga air agar tidak cepat kotor dan berlumut.

  1. Cek kadar keasaman air

Jangan lupa untuk mengecek kadar keasaman air aquarium, hal itu karena ikan koi sangat rentan terhadap kadar keasaman air. Jika kadar keasaman air rendah maka lebih bagus untuk ikan koi.

Cara merawat ikan koi agar tidak mati

cara merawat ikan koi
Cara Merawat Ikan Koi
  1. Perhatikan gejala penyakit ikan koi

Gejala penyakit ikan koi berbeda-beda setiap penyakit, salah satunya adalah tumbuh parasite di kulit ikan koi. Untuk itu harus dipisah dengan ikan koi yang masih sehat agar tidak tertular penyakit.

  1. Hindari penyebab penyakit ikan koi

Sebisa mungkin untuk menyelidiki dari mana asal penyakit ikan koi tersebut, lalu kita harus menghindari ikan koi dari penyebab penyakit ikan koi.

  1. Manipulasi air

Air merupakan salah satu yang paling penting untuk ikan koi, jika ingin ikan koi tidak cepat mati adalah dengan memanipulasi air. Yaitu dengan menambah ph air sehingga ikan koi akan lebih sehat.

  1. Jaga kadar oksigen

Oksigen juga perlu diperhatikan karena mahkluk hidup pasti membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Kadar oksigen yang stabil juga mempengaruhi ikan koi.

  1. Jauhkan pestisida dalam air

Hindarkan kolam atau aquarium dari sumber pestisida yang sering dipakai petani, hal ini dimaksudkan untuk menghindari sumber penyakit ikan koi.

Cara merawat ikan koi di kolam

cara merawat ikan koi
Cara Merawat Ikan Koi
  1. Pilih ikan koi yang berkualitas

Pilihlah ikan koi yang masih berkualitas tinggi, dengan memilih ikan koi yang bagus maka kita bisa memelihara ikan koi di kolam rumah kita.

  1. Batasi ikan koi dalam kolam

Jangan terlalu banyak ikan koi dalam satu kolam, hal itu bertujuan untuk menghindari perkawinan ikan koi. Sehingga menghambar pertumbuhan ikan koi tersebut.

  1. Atur pemberian pakan ikan koi

Atur jadwal untuk memberi pakan terhadap ikan koi, karena itu juga faktor untuk memelihara ikan koi di kolam agar tidak cepat mati.

  1. Menghindari predator dan parasit

Lindungi kola mikan koi dari predator dan parasit hal itu agar ikan koi terlindungi dan merasa aman. Sehingga akan tetap aman di dalam kolam.

Itu adalah artikel tentang Tips Cara Merawat Ikan Koi yang Baik dan Benar. Semoga bisa bermanfaat buar Anda dalam memlihara ikan koi yang baik dan benar. Lihat artikel lainnya di Ribuancara.com