Cara Merawat Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang РIkan memiliki banyak jenis dan warna, ada ikan yang khusus untuk di ternakan ada juga untuk ikan hias. Kali ini kami akan membahas tentang salah satu jenis ikan hias. Jenis ikan hias banyak sekali seperti ikan koi, ikan arwana, dan ikan cupang. Bagi kamu yang suka dengan ikan cupang pasti ingin memilikinya, namun harus tahu cara merawatnya dahulu.

Ikan cupang memiliki corak warna yang bagus, karena memiliki warna 2D atau 2 warna. Selain warnanya yang bagus bentuk tubuh ikan ini kecil, namun memiliki bentuk sirip yang bagus. Sehingga banyak orang yang menyukainya, ikan cupang ini sering dijual di sekolah dasar atau SD. Karena anak kecil banyak yang menyukai dengan keindahannya.

Ikan ini tidak sembarangan bisa kamu pelihara karena perlu perawatan yang rutin dan khusus. Banyak orang yang sudah mencoba memeliharanya namun banyak yang mati. Hal ini perlu di perhatikan karena bisa merugikan dan juga membuat hewan tersiksa. Ada cara merawat ikan cupang yang baik dan benar sehingga ikan cupang tersebut tidak cepat mati.

Ikan hias cupang memerlukan perhatian dan waktu khusus untuk merawatnya, karena harus rutin. Banyak orang yang ingin merawat ikan cupang ini, hal tersebut disebabkan langkanya ikan ini. Selain itu, warna ikan dan jenis cupang juga beragam, sehingga menarik beberapa orang untuk merawatnya. Ikan cupang ini bisa menghiasi aquarium yang kosong sehingga bisa terisi.

Ingin tahu apa saja cara merawat ikan cupang yang baik dan benar? Simak pembasahan dibawah ini. Ada banyak cara merawat ikan cupang yang bisa kamu praktekan sendiri. Berikut adalah cara merawat ikan cupang hias agar tetap sehat dan tidak cepat mati.

Cara Merawat Ikan Cupang Hias

Ikan cupang selain memiliki warna dan jenis yang unik serta bagus, ternyata bisa menjadi investasi kecil. Ada beberapa jenis ikan cupang yang memiliki harga yang mahal. Ikan cupang ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga ada yang menjualnya dengan harga mahal. Namun itu juga harus memerlukan perawatan khusus, berkut adalah cara merawat ikan cupang hias.

1. Memilih Aquarium

Aquarium yang kamu gunakan untuk merawat ikan cupang hias ini harus benar dan tepat. Karena Aquarium merupakan tempat tinggal ikan cupang tersebut sehingga perlu sesuai dengan kondisi. Kamu harus memilih Aquarium ini dengan bagus dan cermat, sehingga kamu bisa mendapatkan tempat Aquarium yang tepat.

Ikan cupang merupakan ikan jenis soliter, sehingga hanya membutuhkan aquarium yang kecil saja. Pilihlah Aquarium yang memiliki diameter kurang lebih 20 x 15 x 15 cm. Kenapa tidak menggunakan Aquarium yang besar? Karena ikan cupang jika disatukan bisa berkelahi sehingga perlu dipisah.

2. Memilih Air Yang Bagus

Air yang digunakan juga harus bagus dan sesuai dengan ikan cupang tersebut, karena hal tersebut mempengaruhi perkembangan ikan cupang. Banyak yang menyarankan untuk menggunakan air sumur sebagai mata airnya. Karena air sumur memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan habitat asli ikan cupang.

Jika tidak ada air sumur maka bisa gunakan air biasa untuk penggantinya. Namun sebelum dimasukan harus di diamkan terlebih dahulu di ember atau wadah. Untuk cara merawat ikan cupang agar tetap sehat maka gunakan air yang bagus. Gantilah air selama 3 hari sekali untuk membuat ikan cupang lebih bagus dan sehat.

3. Menjemur Ikan Cupang

Cara merawat ikan cupang biar warnanya bagus bisa menggunakan cara ini. Kamu bisa menjemur ikan cupang hias di bawah sinar matahari. Hal ini bisa membuat ikan cupang memiliki warna yang bagus serta siripnya. Sebaiknya kamu lakukan ini pada saat pagi hari, karena sinar matahari memiliki vitamin D yang bagus.

Penjemur ikan cupang ini bertujuan untuk membunuh bakteri atau jamur yang ada pada kulit ikan cupang. Ini merupakan salah satu cara merawat ikan cupang agar tetap sehat. Lakukan penjemuran ikan cupang hias ini selama kurang lebih 10-15 menit. Jika ikan cupang merasa tidak nyaman atau agresif maka pindahkan ke tempat yang teduh.  

4. Memberi Makanan Yang Bagus

Ini merupakan hal yang paling utama dalam cara merawat ikan cupang agar tidak cepat mati. Hal tersebut adalah makanan ikan cupang, semakin bagus kualitas makanan maka semakin baik dan sehat. Makanan yang bagus ada dua macam yaitu makanan alami dan buatan. Kamu bisa memberi makan ikan cupang sebanyak 2 kali sehari.

Makanan ini sangat penting dalam cara merawat ikan cupang agar tetap sehat. Salah satu makanan alami adalah cacing kremi atau kecil lainnya. Makanan ini sangat bergizi untuk pertumbuhan ikan cupang. Kemudian makanan buatan bisa kamu temukan di toko aquarium atau ikan hias.

5. Daun Ketapang

Salah satu cara merawat ikan cupang bagi pemula adalah dengan daun ketapang yang tua. Bagi pemula pasti bingung cara merawat ikan cupang biar warnanya bagus dan tidak cepat mati. Kamu bisa menggunakan daun ketapang tua yang dimasukan ke dalam aquarium. Daun ketapang ini bisa menjadi obat herbal alami bagi ikan cupang yang terlihat sakit.

Daun ketapang ini bisa kamu temukan di sekitar kebun atau pinggir jalan. Biasanya ada yang menanam pohon ini. Jika pohon ini tinggi maka kamu bisa mengambil daun ketapang yang sudah jatuh. Itulah sedikit cara merawat ikan cupang bagi pemula.

6. Menjaga Kebersihan Aquarium

Hal yang tidak kalah penting yaitu menjaga kebersihan aquarium dari serangan kotoran. Aquarium merupakan tempat tinggal ikan cupang yang harus dijaga kebersihannya. Dengan membersihkan aquarium maka ikan cupang akan terlihat indah dan suka. Ini merupakan cara merawat ikan cupang hias yang bagus dan mudah dilakukan.

Jika aquariaum tidak dibersihkan maka lumut atau kotoran semakin banyak. Sehingga hal tersebut akan mengganggu kesehatan ikan cupang serta warna kulitnya. Sebaiknya kamu rutin membersihkan aquarium secara bertahap, karena bisa menjadikan ikan cupang sehat.

7. Melatih Ikan Cupang

Setelah selesai dengan beberapa hal cara merawat ikan cupang bagi pemula agar tidak cepat mati. Selanjutnya adalah melatih ikan cupang untuk merawat kesehatan ikan cupang. Kamu bisa melatih ikan cupang dengan menggunakan cermin atau ikan cupang lain. Karena sangat penting melatih ikan cupang untuk menjaga kebugarannya.

Cara merawat ikan cupang biar warnanya bagus bisa menggunakan cara ini. Salah satu cara melatih ikan cupang yang mudah adalah menggunakan cermin. Ikan cupang merupakan ikan yang agresif dan tidak suka berteman. Bahkan mereka tidak suka melihat bayangan mereka sendiri di cermin. Kamu bisa menggunakannya untuk melatih pergerakan ikan cupang.

Itulah cara merawat ikan cupang hias agar tetap sehat dan tidak cepat mati yang bisa kami berikan. Ikan cupang betina ternyata lebih kecil dari ikan cupang jantan, karena tidak memiliki sirip yang indah seperti cupang jantan. Tidak hanya itu saja, ketika pejantan tertarik dengan betina maka akan mengibarkan siripnya dan bergoyang. Itu adalah beberapa hal menarik dari ikan cupang tersebut.

Demikian artikel tentang cara merawat ikan cupang yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk terus share ke teman-teman atau sosial media kamu. Karena hal tersebut bisa membantu kami berkembang lebih besar lagi. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih telah membaca artikel ini.