Inilah Cara Merawat Gigi yang benar

Inilah Cara Merawat Gigiinilah cara terbaik dalam merawat gigi Anda agar tampil bagus dan tetap putih. Gigi merupakan hal yang penting dalam penampilan seseorang, setiap orang pasti selalu memperhatikan gigi saat berbicara langsung kepada orang tersebut. Hal tersebut membuat kita harus menjaga penampilan kita termasuk gigi kita agar bisa tampil lebih baik.

Dalam merawat gigi juga harus memperhatikan beberapa hal yang dapat membuat gigi kita tetap bersih dan putih. Cara merawat gigi yang baik dan benar bisa kita lakukan setiap hari tanpa melakukan perawatan khusus. Untuk mendapatkan gigi yang putih bersih tidak perlu ke tempat perawatan khusus gigi. Banyak metode yang dapat kita lakukan untuk membuat gigi kita tetap putih dan bersih.

Baca Juga Cara Mudah Berhenti Merokok Secara Total Dengan Cepat

Baca Juga Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Baca Juga Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan

Jika kita tidak tahu cara merawat gigi maka gigi kita akan berlunga, bau mulut, berwarna kuning. Maka dari itu harus menjaga gigi agar tetap putih dan bersih, dengan begitu pasti semua orang mau berbicara kepada kita.

Nahh.. apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat gigi kita agar tetap putih dan bersih? Sebelum itu kita harus tahu dahulu apa akibat tidak merawat gigi dengan baik dan benar. Simak sebab akibat dari tidak merawat gigi yang benar.

Apa Saja Penyebab Gigi Berlubang?

apa penyebab gigi berlubang
apa penyebab gigi berlubang

Bakteri dalam mulut Anda akan berkembang biak dan membentuk substansi yang dinamakan plak, plak ini dapat melapisi gigi dan seiring dengan Anda makan, bakteri pada plak pun akan menghasilkan asam. Asam inilah yang membuat lubang pada gigi Anda, maka kita harus menjaga pola makan kita.

Apa Penyebab Gigi Menguning?

apa penyebab gigi kuning
apa penyebab gigi kuning

Gigi menguning terjadi saat lapisan enamel pada gigi yang putih semakin tipis, sehingga menyebabkan lapisan dentin kuning semakin terlihat. Makanan & minuman yang kita makan setiap hari juga bisa mempercepat warna gigi menjadi kuning. Kandungan kromogen dalam makanan & minuman juga menjadi penyebab utama dari gigi yang berwarna kuning. Zat warna ini menjadi penyebab noda pada lapisan enamel gigi kita. Kandungan zat warna kromogen juga tingkat keasaman makanan bisa menjadi dampak kepada warna gigi, karena itu keasaman pada makanan yang tinggi dapat membuat lapisan enamel mengikis dan membuat gigi berwarna kuning.

Apa Saja Penyebab Bau Mulut?

apa penyebab bau mulut
apa penyebab bau mulut

Penyebab bau mulut banyak sekali faktornya, salah satu yang sering menjadi bau mulut adalah kita sering lupa sikat gigi saat mau tidur. Hal itu justru membuat mulut kita berbau tidak enak, dengan menggosok gigi setiap malam bisa mengurangi bau mulut. Hindari juga makanan yang memiliki bau yang menyengat seperti jengkol dan pete, dan rajinlah gosok gigi yang bersih agar tidak bau mulut.

Itu adalah beberapa sebab akibat dari tidak merawat gigi dengan baik, sekarang kita akan membahas berbagai cara merawat gigi yaitu cara merawat gigi berlubang, cara merawat gigi behel, cara merawat gigi palsu, cara merawat gigi tambalan.

1.      Cara Merawat Gigi Berlubang

  • Minumlah air putih yang banyak setelah makan.

Dengan meminum kalsium dan mineral dapat memperkuat gigi kita. Kalsium dan mineral juga merupakan nutrisi penting dalam merawat gigi berlubang.

  • Sikat gigi dua kali sehari, setidaknya setelah bangun dan mau tidur.

Dengan menyikat gigi dua kali kita bisa merawat gigi berlubang. Banyak gigi berlubang yang perlu kita bersihkan dengan menggosok gigi.

  • Hindari makanan manis, bersantan, dan asam.

Makanan yang manis, bersantan, dan asam dapat menimbulkan gigi berlubang. Sebaiknya kita menghindari jenis makanan tersbut agar gigi tidak berlubang.

  • Gunakan pasta gigi khusus dan sikat gigi yang lembut

Kita bisa menggukan pasta gigi khusus untuk merawat gigi berlubang. Juga memilih sikat gigi yang lembut agar tidak terasa sakit saat menggosok gigi berlubang kita.

  • Berkumur dengan air garam

Bakteri yang ada di dalam kita dapat kita buang dengan berkumur air garam. Kita dapat menggunakan air hangat kemudian kita campurkan garam ke dalam air lalu kita kumur.

2.      Cara Merawat Gigi Behel

  1. Gosok gigi dengan sikat dan pasta gigi khusus gigi behel

Bentuk behel pada gigi yang memerlukan gerakan yang lebih sulit, kita juga harus menggunakan pasta gigi dan sikat gigi khusus bagi gigi berbehel. Untuk membuat gigi dan behel kita lebih bersih.

  • Bersihkan sela-sela gigi behel

Jangan lupa saat menggosok gigi untuk menggosok bagian sela-sela gigi karena itu jarang terjangkau oleh sikat gigi. Pada bagian tersebut juga banyak sekali bakteri yang menempel pada gigi kita.

  • Gunakan obat kumur

Setelah selesai menggosok gigi usahakan berkumur dengan obat kumur. Obat kumur tersebut dapat kita beli di minimarket terdekat.

  • Hindari makanan manis, lengket, dan keras

Makanan ini juga membuat behel kita semakin kotor. Usahakan untuk menghindari makanan tersebut untuk membuat gigi behel tetap bersih.

  • Rutin melakukan perawatan pada dokter

Dengan rajin melakukan perawatan kepada dokter, kita dapat memberi keluhan apa saja yang kita rasakan. Dan dokter akan menjawab pertannyaan tersebut.

3.      Cara Merawat Gigi Palsu

  • Merendam gigi palsu

Kita bisa merendam gigi palsu dengan air hangat atau cairan pembersih gigi palsu yang kita punya. Gigi palsu dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang ada di gigi palsu tersebut. Kegunaan merendam gigi palsu di air hangat adalah untuk menjaga kelembaban gigi palsu agar mudah dilepas serta dipakai, dan mencegah berkembang biak bakteri.

  • Menggunakan pasta gigi

Pada dasarnya gigi palsu itu hampir sama dengan gigi asli, kita bisa gunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi palsu dengan pasta gigi. Namun kita harus menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi palsu milik kita. Jika bisa kita gunakan pasta gigi yang sudah direkomendasikan oleh dokter kita.

  • Gunakan wadah gigi palsu

Gunakan wadah yang higenis untuk menyimpan gigi palsu kita agar tetap steril dari bakteri. Dengan menggunakan wadah khusus untuk gigi palsu maka akan mencegah perkembangan bakteri di gigi palsu kita.

4.      Cara Merawat Gigi Tambalan

  • Hindari makanan bersuhu tinggi

Jangan makan makanan yang bersuhu dingin ataupun panas karena bisa merusak gigi yang baru di tambal.

  • Kunjungi dokter

Rajin kunjungi dokter untuk memberi keluhan sakti yang telah Anda rasakan. Dengan begitu dokter pun bisa menjawabnya dan bisa teratasi.

  • Jangan menggertakan gigi

Hilangkan kebiasan tersebut, karena hal tersebut bisa merusak gigi apalagi yang baru ditambal. Dengan menggertakan gigi maka lapisan gigi akan menipis dan akan berlubang.

  • Sikat gigi setiap hari

Dengan membersihkan gigi setiap hari bisa merawat gigi tambalan yang baru. Sehingga bisa tahan lama gigi tambalan yang baru dipasang.

Itulah beberapa cara merawat gigi yang bisa kami sampaikan kepada para pembaca sekalian. Semoga dengan artikel ini bisa membawa berkah Bersama.

Kunjungi situs kami untuk mengetahui berbagai cara menarik yang belum Anda ketahui. Tersedia ribuan cara yang baru dan fresh untuk Anda semua.