Inilah Tips Cara Merawat Baterai Android Agar Tidak Cepat Rusak

cara merawat baterai android
cara merawat baterai android

Cara merawat baterai android – android merupakan sebuah operation system atau OS buatan google yang sudah mendunia. Hampir semua smartphone atau ponsel pintar menggunakan OS Android, jadi tidak asing lagi jika mendengar nama Android. Sekarang sudah sangat berkembang teknologi sehingga menghasilkan banyak tipe Android dari tahun ke tahun. Yang paling baru adalah tipe Android Nougat, sekarang smartphone keluarang terbaru menggunakan tipe Nougat. Smartphone juga dapat kita beli dengan harga yang murah, jadi tidak perlu mengeluarkan harga yang mahal untuk membeli sebuah smartphone.

Penggunaan smartphone juga menguras banyak tenaga dari baterai Android dan menimbulkan baterai Android habis. Sehingga harus di cas atau charge, jika kita terus terusan menggunakan Android tanpa henti maka baterai android pun akan rusak. Ada beberapa cara merawat baterai Android agar tetap bagus dan tidak mudah rusak. Namun sebelum itu ita harus tahu tentang apa penyebab dari rusaknya baterai Android. Nah apa saja penyebab baterai Android sering drop atau rusak? Simak penjelasannya berikut ini:

Penyebab Baterai Android Rusak

1.      Terlalu sering digunakan tanpa istirahat

Jika kita terlalu banyak menggunakan Android maka baterai akan terkuras habis, maka hindari pemakaian Android secara terus menerus. Itu juga untuk menghindarkan radiasi dari mata kita agar terjaga dan tetap sehat.

2.      Sering cabut pasang charge dari Android

Jangan cabut pasang charge dari Android terlalu sering, jika begitu maka akan membuat baterai drop atau habis dengan cepat.

3.      Bermain game sambil charge Android

Kita pasti sering dan suka bermain game justru itu yang membuat baterai Android cepat habis. Namun jangan sering bermain game sambil charge Android, itu akan merusak baterai Android Anda.

Nah itu adalah beberapa penyebab dari rusaknya baterai Android yang kita punya, lalu bagaimana cara mengatasi atau cara merawat baterai android agar tidak cepat rusak? Mari kita simak beberapa masukan yang akan kami beritahu kepada Anda semua.

Cara Merawat Baterai Android Agar Tidak Cepat Rusak

  1. Mengatur kecerahan layar atau brightness tetap rendah

    mengatur kecerahan layar
    mengatur kecerahan layar

Banyak sekali yang menggunakan Android dengan layar yang cerah karena lebih jelas, namun hal itu justru mengakibatkan baterai Android cepat terkuras. Dan membuat mata Anda rusak karena terkena radiasi dari layar Android. Usahakan untuk mengatur kecerahan layar atau brightness tetap rentah hal itu untuk menjaga baterai Andorid dan mata Anda. Bagian layar merupakan bagian yang mengonsumsi daya yang lebih besar dari pada yang lainnya karena itu merupakan bagian terpenting.

  1. Matikan Wifi, GPS, Bluetooth, atau koneksi lainnya

    matian fitur tersebut
    matian fitur tersebut

Fitur-fitur ini membuat daya baterai berkurang karena menggunakan daya untuk mengaktifkan fitur-fitur tersebut. Apabila tidak dipakai maka matikan fitur-fitur tersebut untuk membuat baterai Android lebih tahan lama dan tidak rusak. Hal ini efektif dalam menghemat baterai Android Anda dan bisa merawat baterai Android Anda. Gunakan fitur-fitur tersebut bila perlu saja atau memang penting sekali.

  1. Gunakan mode pesawat

    gunakan mode pesawat
    gunakan mode pesawat

Jika tidak terlalu sering digunakan atau ingin baterai Android tahan lama sekali maka aktifkan mode pesawat. Hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap pengurangan daya baterai, karena dalam mode pesawat ini semua fitur mati dan tidak dapat digunakan. Ketika dalam pesawat juga harus menggunkan mode ini karena untuk menjaga komunikasi pilot dengan bandara. Dan bisa terbang dengan aman tanpa gangguan komunikasi.

  1. Gunakan wifi jika ada

    Gunakan wifi jika ada
    Gunakan wifi jika ada

Jika terdapat wifi maka gunakan wifi daripada paket data, karena wifi tidak terlalu menguras banyak baterai Android. Wifi juga bisa menjadi pawing kouta kita saat kita tidak mempunyak kouta data internet. Itu salah satu banyak orang yang mencari wifi di tempat tertentu atau gratis. Menggunakan wifi dapat menghemat baterai Android dari pada menggunakan paket data. Gunakan wifi jika terdapat wifi, jika tidak maka tidak usah.

  1. Matikan atau keluarkan aplikasi yang tidak terpakai

    Matikan atau keluarkan aplikasi yang tidak terpakai
    Matikan atau keluarkan aplikasi yang tidak terpakai

Matikan aplikasi yang tidak dipakai atau keluarkan aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi, hal ini digunakan untuk menghentikan proses berjalannya aplikasi yang ada di latar belakang. Jika tidak kita matikan atau keluarkan maka akan menguras banyak daya batera Android Anda, jadi hilangkan semua aplikasi yang ada di latar belakang Android untuk menhemat baterai Android Anda.

  1. Masukan ke dalam kulkas

    Masukan ke dalam kulkas
    Masukan ke dalam kulkas

Jika baterai Android Anda terasa sangat panas maka bisa masukan ke dalam kulkas untuk menurunkan suhu pada baterai Android Anda, hal ini sangat efektif untuk menjaga baterai Android Anda agar tidak kembung atau membesar. Namun jangan terlalu lama, karena smartphone Anda belum tentu kuat menahan suhu tinggi. Paling tidak 10-15 menit untuk menurunkan suhu Android Anda yang baru dipakai.

  1. Aktifkan kunci layar

    Aktifkan kunci layar
    Aktifkan kunci layar

Setel pengaturan untuk mengatur kunci layar agar setelah tidak dipakai beberapa menit maka otomatis terkunci. Hal ini membuat layar mati dan menghemat sekali baterai, karena layar merupakan pengkonsumsi daya baterai Android terbesar. Jadi bisa merawat baterai Android agat tidak cepat rusak atau tahan lama, untuk menjaga kualitas baterai Anda.

  1. Jika darurat pakai power bank

    Jika darurat pakai power bank
    Jika darurat pakai power bank

Kalau Anda sedang berpergian dan tidak menemukan stop kontak atau kehabisan baterai Android, maka solusinya adalah dengan menggunakan Power Bank. Ini merupakan langkah efektif jika tidak menemukan stop kontak, jangan selalu gunakan Power Bank hal ini juga bisa menyebabkan baterai Android Anda tidak awet atau tidak tahan lama. Lebih baik menggunakan stop kontak yang sudah tersedia.

 

Itu adalah beberapa cara merawat baterai Android agar tidak cepat rusak yang bisa membantu Anda dalam merawat baterai Android. Untuk jaga agar bisa menghemat baterai atau merawat baterai Android Anda. Langkah-langkah ini dapat Anda lakukan untuk membuat baterai Android Anda tetap bagus dan tahan lama. Itu merupakan cara merawat baterai Andorid agar tidak cepat rusak, cara merawat baterai Android li-ion, cara merawat baterati Androdi Samsung, cara merawat baterai Android dengan baik. Dengan merawat baterai Android maka bisa membuat baterai Anda lebih tahan lama.

Itu merupakan cara-cara merawat baterai Android yang bisa kami berikan kepada Anda semua, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan bisa membuat Android kita lebih baik lagi dan awet sehingga tidak cepat rusak atau ngedrop. Oleh karena itu jangan membuat baterai Android kita lebih rusak lagi jika kita mengetahui penyebab baterai Android rusak. Banyak sekali cara yang bisa Anda temukan dalam website kami jelajahi atau telusuri lebih banyak lagi artikel tentang cara-cara yang dapat membantu Anda. Silahkan anda kunjungi website ribuancara.com untuk mengetahui banyak cara yang bisa Anda terapkan kepada diri Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *