Cara Merawat Anggrek

Cara Merawat Anggrek – Anggrek merupakan tanaman yang sangat mahal dan banyak dicari. Anggrek memiliki bunga yang bagus dan indah sehingga menarik perhatian banyak orang. Pohon anggrek sangat mudah untuk di tanam namun memiliki perawatan yang berbeda. Ada beberapa cara merawat anggrek yang perlu kamu ketahui.

Pohon anggrek dibagi menjadi beberapa jenis yang bisa kamu bedakan secara kasat mata. Banyak orang yang menyukai pohon anggrek karena harganya mahal juga memiliki bunga yang cantik. Untuk pengembangbiakan dari pohon anggrek ini tidaklah sulit. Yang harus kamu lakukan adalah cara merawat anggrek, karena ini memerlukan ketelatenan besar.

Pohon anggrek dari dahulu memang sudah terkenal dan disukai banyak orang. Kamu bisa menemukan pohon anggrek dimanapun, bahkan bisa ditemukan di gurun pasir. Inilah yang membuat pohon anggrek ini sangat sulit untuk dikembangbiakan. Biasanya sudah tumbuh bertahun-tahun tetapi belum mengeluarkan bunga sama sekali.

Itu berarti ada masalah dengan cara merawat anggrek agar subur dan berbunga. Kamu perlu belajar tentang cara merawat tanaman anggrek pada ahlinya. Kami akan memberikan sedikit cara merawat anggrek yang bisa kamu praktekan. Sehingga bisa membuat anggrek kamu tumbuh lebih bagus dan indah. Simak cara merawat tanaman anggrek berikut ini.

Cara Merawat Tanaman Anggrek

Tanaman anggrek merupakan tanaman yang perlu perhatian khusus untuk merawatnya. Pohon anggrek milik kamu tidak berbunga, bisa jadi karena kamu salah cara merawat anggrek. Banyak orang yang belum tahu cara merawat tanaman anggrek agar subur. Bahkan ada yang membiarkan tanaman anggrek begitu saja. Berikut adalah cara merawat tanaman anggrek yang perlu kamu ketahui.

1. Dekatkan dengan sinar matahari

Tanaman anggrek pasti membutuhkan sinar matahari yang cukup. Tidak hanya anggrek saja, semua makhluk hidup juga memerlukan sinar matahari. Sebaiknya kamu letakan tanaman anggrek pada tempat yang cukup terkena sinar matahari. Namun juga tidak terlalu panas untuk anggrek, kelebihan sinar matahari akan menyebabkan daun-daun anggrek kering.

2. Jaga kelembaban

Suhu memang menjadi masalah utama bagi tumbuhan. Karena suhu mempengaruhi pertumbuhan anggrek. Pohon anggrek merupakan tumbuhan tropis yang lingkungannya lembab. Kamu bisa menjaga suhu kelembaban tanaman anggrek dengan menyiramnya. Namun penyiraman harus diperhatikan jadwal dan waktunya. Sebaiknya pada waktu pagi dan sore hari untuk penyiraman.

3. Cari media tanam yang cocok

Selanjutnya adalah media tanam yang cocok dengan pohon anggrek tersebut. Kamu bisa menggunakan pot atau tempel pada pohon serta pelepah kelapa. Sebaiknya kamu pilih media yang cocok dengan pohon anggrek milik kamu sendiri. Karena akan lebih baik untuk pertumbuhan pohon anggrek teresebut. Ini merupakan cara merawat anggrek yang perlu diperhatikan.

4. Rajin menyiram anggrek

Tahap yang perlu kamu lakukan terus menerus dan secara rajin adalah penyiraman. Proses ini membutuhkan waktu luang khusus, karena penyiraman anggrek ini harus rutin. Kegiatan ini merupakan kegiatan sepele, namun ini mempengaruhi pertumbuhan pohon anggrek. Sebaiknya kamu lakukan penyiraman secara rutin pada pagi hari pukul 07.00 – 09.00 dan sore hari pukul 15.00 – 17.00.

5. Memberikan pupuk

Untuk membuat pohon anggrek tetap subur kamu perlu memberikan pupuk sesekali. Cara merawat anggrek agar subur dan berbunga juga membutuhkan proses pemupukan. Kamu bisa menggunakan pupuk original atau pupuk yang bagus untuk anggrek. Sehingga pertumbuhan anggrek akan lebih bagus dan memiliki bunga yang indah.

6. Beri obat sesekali

Setelah memberikan pupuk, cara merawat anggrek selanjutnya adalah memberikan obat. Obat disini untuk membuat hama atau serangga yang menyerang anggrek pergi. Sehingga akan menjaga pertumbuhan pohon anggrek kamu lebih bagus. Cara merawat anggrek agar subur dan berbunga ini memang perlu menggunakan obat atau pestisida untuk membuat bagus.

7. Atur tata letak anggrek

Kemudian langkah terakhir setelah anggrek berbunga adalah tata letak anggrek. Kamu bisa merapikan pohon anggrek agar rapi dan memiliki bunga yang bagus. Pengaturan tata letak juga berpengaruh pada suhu atau kelembaban pohon anggrek. Pot-pot sebaiknya diatur lebih rapi dan serapat mungkin. Kamu bisa memasang sprinkle juga dapat untuk melembabkan udara sekitar anggrek.

Jenis – Jenis Anggrek

Anggrek memiliki jenis dan ragam yang sangat banyak. Bahkan banyak orang yang mencari pohon anggrek untuk di kembangbiakan. Harga pohon anggrek ini sangat bervariasi dan beragam. Ada yang murah dan ada yang mahal, berikut adalah jenis-jenis pohon anggrek.

Anggrek Hitam

Anggrek Hitam mempunyai nama ilmiah (Coelogyne Pandurata) adalah jenis anggrek yang terdapat banyak di Kalimantan dan Sumatera. Nama anggrek hitam diberikan karena jenis anggrek ini memiliki labellum atau lidah berwarna hitam yang sedikit memiliki bulu.

Anggrek Cattleya

Bunga Anggrek Cattleya merupakan salah satu jenis anggrek yang memiliki sifat epifit. Jenis bunga anggrek ini berasal dari Kosta Rika, namun di Indonesia juga bisa ditemukan. Nama Cattleya diberikan oleh John Lindley pada tahun 1824, sebelum itu Sir William Cattley yang telah berhasil mengembangbiakan anggrek jenis anggrek Cattleya.

Anggrek Tebu

Jenis Bunga Angrek Tebu, Anggrek ini memiliki nama ilmiah (Grammatophyllum Speciosum). Bunga anggrek ini adalah jenis terbesar diantara jenis lainnya. Biasanya bunga anggrek ini disebut anggrek macan, anggrek ratu, dan anggrek harimau.

Anggrek Oncidium

Selanjutnya Bunga Anggrek Oncidium. Oncidium adalah suku anggrek yang berasal dari keluarga Epidendroideae. Jenis anggrek ini tersebar di wilayah Florida Selatan hingga Amerika Selatan. Pada umumnya anggrek oncidium ini tumbuh di daerah kering seperti gurun pasir.

Anggrek Selop

Anggrek Selop merupakan jenis anggrek yang termasuk dalam tanaman endemik di Jawa Timur. Bunga Anggrek dengan nama latin Paphiopedilum Glaucophyllum banyak ditemukan pada habitatnya di kawasan selatan lereng Gunung Semeru, Jawa Timur.

Anggrek Bulan

Bunga Anggrek Bulan ini memiliki nama ilmiah yaitu Phalaenopsis Amabilis, bunga anggrek jenis ini tidak terlalu menyukai sinar matahari. Pada umumnya bunga anggrek bulan diletakkan di dalam ruangan yang gelap. Atau tidak tersinari matahari secara langsung.

Anggrek Monyet

Anggrek monyet atau biasa dikenal dalam bahasa Inggris yang berikan nama oleh Luer, yaitu Dracula Simia. Bunga anggrek ini memiliki bentuk yang sangat unik, keunikannya dapat dilihat dari bentuk bunganya. Bunganya mirip dengan rupa monyet. Habitatnya berada dalam ketinggian 2000 meter, dengan suhu 27° celcius.

Itulah beberapa cara merawat anggrek yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua. Pohon anggrek memang menjadi salah satu incaran sebagai tanaman hias. Kebanyakan yang menyukainya adalah kaum wanita terutama ibu-ibu. Dengan merawat anggrek kamu bisa menghabiskan waktu luang kamu. Pohon anggrek bisa tumbuh dimana saja, tetapi dibagi menurut jenisnya.

Demikian artikel tentang cara merawat anggrek yang bisa kami berikan kepada kamu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share ke sosial media dan teman-teman kamu. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih telah membaca artikel ini.