Cara Menyimpan Sayur Agar Tetap Segar


Cara Menyimpan Sayur Agar Tetap Segar – Apakah cara untuk menyimpan sayuran di kulkas juga sama seperti saat kita menyimpan buah – buahan? Perlu juga untuk Anda ketahui bahwa cara menyimpan sayuran pun sedikit berbeda dengan cara untuk menyimpan buah di kulkas. Menyimpan sayuran akan lebih cepat busuk jika dibanding dengan menyimpan buah. Jadi, cara penyimpanan dua bahan makanan ini juga akan berbeda.

Baca Juga  Cara Membuat Sari Kurma

Baca Juga Sering Diremehkan, Inilah Dibalik Manfaat Minum Air Putih

Baca Juga Inilah Manfaat Kubis Yang Belum Anda Ketahui

Untuk menjaga sayuran supaya tetap segar dan juga tidak mudah untuk busuk, maka simpanlah sayuran tersebut berada dalam kulkas. Tetapi, Anda pun harus memperhatikan cara menyimpan sayur – sayuran dalam kulkas berikut ini, supaya tidak cepat membusuk dan juga masih tetap layak untuk dikonsumsi.

Cara Menyimpan Sayur – Sayuran di Kulkas

1.Sortir Sayuran Ketika Akan Disimpan

Meski sayuran baru dibeli, namun terkadang ada pula daun sayuran yang telah menguning atau juga sudah kecoklatan. Daun yang telah menguning ini juga kerap kali kita temui pada sayur kangkung ataupun bayam.

Buanglah bagian sayur yang telah menguning ketika belum disimpan. Sisihkan sayur – sayuran yang tetap segar untuk dimasukan ke dalam kulkas. Buanglah akar yang terdapat pada sayuran untuk menjaga dari kualitas sayuran supaya masih tetap fresh dan juga bersih.

2. Cuci Sayuran Sebelum Disimpan

Manfaat dari mencuci sayuran ketika belum disimpan pada lemari es ini yakni untuk menghilangkan bakteri – bakteri yang bisa mempercepat pada proses pembusukan sayuran.

3. Lapisi Sayuran dengan Kertas

Lapisi tempat yang akan digunakan untuk meletakkan sayuran dengan kertas. Nantinya kertas ini mampu mencegah pada suhu lembab yang berasal dari kulkas untuk masuk ke dalam sayur – sayuran. Apabila tidak ingin memakai kertas, Anda bisa menggunakan tisu dapur yang pada biasanya dipakai agar menyerap minyak di makanan yang habis digoreng.

4. Pisahkan Sayuran dengan Buah-buahan

Untuk membuat sayuran agar tetap segar pada setiap saat, Anda juga harus menyimpan sayuran dengan cara terpisah dengan menggunakan buah.

Meski dalam ruangan dengan menggunakan suhu rendah, buah juga tetap bisa memproduksi zat etilen yang dimana zat ini yang akan mempercepat pada kematangan buah dan juga sayur. Sehingga proses pada pembusukan juga akan terjadi lebih cepat. Jika ingin sayuran dapat bertahan sampai 3 hari dalam kulkas tanpa harus membusuk, simpan pada rak kulkas tanpa dengan berdampingan langsung pada buah – buahan.

Itulah sedikit cara untuk menyimpan sayuran agar tetap segar. Semoga tips tersebut dapat menambah pengetahuan kita. Jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel – artikel kami lainnya di ribuancara.com