Cara Menyimpan Daging Sapi yang Baik dan Benar

cara menyimpan daging sapi yang baik dan benar
cara menyimpan daging sapi yang baik dan benar

Cara menyimpan daging sapi yang baik dan benar – Sapi merupakan hewan yang sangat banyak di jadikan sebagai hewan ternak karena sapi memiliki sumber pangan yang begitu mahal. Hewan sapi sendiri termasuk hewan herbivora yang memakan rerumputan atau tumbuhan hijau. Mencari makanan untuk sapi sangat mudah, karena disekitar kita pasti  ada rumput yang hijau. Dengan mengumpulkan rumput tersebut atau biasa di sebut “Ngarit” kita bisa memberi makan sapi tersebut.

Daging sapi sekarang sudah sangat mahal karena kebutuhan juga kelanggakan daging sapi menjadi penyebab mahalnya daging sapi. Apalagi mau mendekati Idul Adha sekarang ini, pasti banyak yang mencari hewan qurban yang besar dan berisi dengan harga pas. Para pertenak sapi pun mulai meraup keuntungan dari hasil penjualan hewan qurban. Namun untuk merawat hewan qurban juga butuh waktu yang lama dan pangan sapi yang berkualitas.

Baca Juga Inilah Manfaat Toge yang belum Anda Ketahui

Baca Juga Cara Membuat Jamu Tradisional Untuk Nyeri Haid

Baca Juga Makanan Untuk Menambah Tinggi Badan

Selain daging sapi yang bisa dijual dan dijadikan uang, susu sapi juga bisa dijual kembali, susu sapi sekarang sudah mulai mahal. Banyak yang memproduksi susu sapi murni untuk dijual kembali, karena susu sapi murni sekerang sudah langka. Industry susu instan sekarang sudah ada yang ketahuan bahwa produk mereka tidak menggunakan susu sama sekali. Jadi untuk memilih susu sapi murni lebih sulit dari pada memilih susu bubuk instan. Itu merupakan beberapa keunggulan dan manfaat jika kita ingin memulai berternak sapi dan menjadi juragan sapi.

Sekarang sudah mau Idul Adha jadi banyak yang menyimpan daging sapi secara asal-asalan, namun hal itu justru berbahaya untuk di konsumsi. Karena dengan begitu akan menurukan kualitas daging sapi itu sendiri, jadi banyak yang belum tahu cara menyimpan daging sapi yang baik dan benar. Kami akan menyampaikan beberapa cara menyimpan daging sapi yang baik dan benar sehingga bisa membantu dalam menyimpan daging sapi. Banyak sekali cara menyimpan daging sapi yang baik dan benar, langsung saja kita simak beberapa cara menyimpan daging sapi yang baik dan benar.

Cara Menyimpan Daging Sapi Supaya Tahan Lama

Cara menyimpan daging sapi supaya tahan lama
Cara menyimpan daging sapi supaya tahan lama

Cara menyimpan daging sapi supaya tahan lama menurut kami adalah dengan menyimpan daging sapi itu sendiri di kulkas atau freezer. Dengan menyimpan daging sapi di kulkas dapat menghentikan berkembangnya bakteri yang ada di dalam daging sapi. Dengan pembekuan yang ada di dalam kulkas atau freezer maka daging sapi akan awet hingga 2 bulan jika benar cara menyimpan daging sapi.

Jika kita tahu cara menyimpan daging sapi yang baik dan benar maka kita bisa mengolah daging sapi kapanpun yang kita inginkan. Namun jika kita salah menyimpan daging sapi maka hanya akan bertahan beberapa hari saja. Nahh masih banyak lagi seperti yang dibawah ini.

Cara menyimpan daging sapi di freezer
Cara menyimpan daging sapi di freezer

Langkah-langkah untuk cara menyimpan daging sapi di freezer yang baik dan benar:

  1. Pilihlah daging yang segar dan baru

Dengan memilih daging yang segar dan baru maka akan lebih awet jika disimpan di dalam freezer karena belum lama terkena udara. Jika sudah terkena udara maka bakteri di dalam daging akan berkembang.

  1. Cuci bersih daging sapi tersebut

Cuci daging sapi hingga bersih, agar hilang semua kotoran yang ada di dalam daging tersebut. Mencuci daging otomatis akan menghilangkan berbagai jenis kotoran yang ada di dalam daging sapi, namun jangan terlalu bersih karena akan menghilangkan kesegaran daring sapi tersebut.

  1. Potong daging agar tidak terlalu besar

Ukuran freezer sangat kecil jadi sebisa mungkin untuk memperkecil ukuran daging sapi, dengan begitu akan menghemat ruang dalam freezer. Dan mudah untuk di masukan dalam toples atau wadah, dan tentunya tahan lama.

  1. Bumbui daging (jika bisa)

Untuk memberikan rasa yang enak maka perlu dibumbui dahulu agar meresap sampai ke dalam daging. Jadi kita tinggal mengolah daging tersebut tanpa di bumbui dahulu dan juga rasa daging akan penuh cita rasas yang enak.

  1. Simpan dalam wadah tertutup

Wadah untuk menyimpan daging sapi usahakan di tutup dengan rapat agar udara tidak bisa masuk. Dengan menyimpan dalam wadah tertutup maka akan lebih awet dan daging sapi tetap segar saat ingin diolah atau dimasak.

  1. Pengaturan suhu freezer

Tahap terakhir adalah dengan mengatur suhu freezer tersebut, dengan mengatur suhu minus 18oC maka daging di dalam wadah akan tetap segar. Jadi itu adalah beberapa cara menyimpan daging sapi di freezer dengan baik dan benar.

Cara menyimpan daging sapi agar tetap segar

Cara menyimpan daging sapi agar tetap segar
Cara menyimpan daging sapi agar tetap segar

Untuk cara menyimpan daging sapi agar tetap segar banyak cara yang dapat di lakukan salah satunya adalah cara diatas. Namun yang paling sering digunakan adalah dengan menyimpan daging sapi di dalam kulkas atau freezer. Jika bisa di beri tambahan nanas agar daging lebih empuk dan mudah di kunyah saat dimakan. Dengan menambah perasan nanas juga bisa menghilangkan bau amis pada daging sapi tersebut.

Itu adalah beberapa cara menyimpan daging sapi yang baik dan benar menurut ribuancara.com semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan pedoman dalam menyimpan daging sapi. Banyak sekali variasi dalam menyimpan daging sapi sesuai kebutuhan masing-masing. Apalagi biasanya para ibu-ibu punya cara tersendiri dalam menyimpan daging sapi dengan benar agar taha lama. Mudah-mudahan cara ini bisa dipakai dalam menyimpan daging qurban atau daging yang lainnya.