Cara Menyembelih Sapi

Cara Menyembelih Sapi
Cara Menyembelih Sapi

Cara Menyembelih Sapi – Umat muslim di dunia pasti merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. Salah satu hewan yang sering dikurbankan di Indonesia adalah sapi. Indonesia sendiri merupakan negara muslim terbesar di dunia, tetapi ada juga yang non muslim. Pada hari raya Idul Adha pasti semua orang shalat id dahulu seperti Idul Fitri. Setelah itu baru menyembelih hewan kurban seperti sapi & kambing.

Pada saat Idul Adha memang diwajibkan untuk berkurban bagi umat muslim yang mampu. Hewan kurban juga harus sehat dan memiliki banyak daging agar saat dibagikan pas untuk semua orang. Minimal ada 7 orang untuk membeli seekor sapi atau kambing untuk dikurbankan. Itu merupakan sunnah jika kamu ingin berkurban sapi atau kambing.

Selain itu saat proses penyembelihan juga harus sesuai dengan syariat islam dan sunah sunahnya. Hal tersebut supaya tidak menimbulkan mudharat atau hal yang menyebabkan ke arah negatif. Cara menyembelih sapi harus diketahui banyak orang agar tidak salah saat menyembelih hewan kurban atau yang lainnya. Berikut ini adalah cara menyembelih sapi yang benar dan sesuai sunnah menurut syariat islam.

Cara Menyembelih Sapi Sesuai Sunnah

Hukum menyembelih hewan kurban saat Idul Adha adalah wajib bagi semua umat islam di dunia. Mungkin kalau di negara timur tengah hewan yang dijadikan kurban adalah unta. Tetapi di Indonesia menggunakan sapi atau kambing untuk dijadikan hewan kurban karena bukan tempat hidup hewan unta. Berikut ini adalah beberapa hal tentang adab sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban.

  • Menghadap kiblat.

Hewan kurban harus dihadapkan ke arah kiblat.

  • Gunakan alat sembelih yang tajam

Alat penyembelihan harus tajam agar bisa sekali potong dan tidak menyiksa hewan kurban tersebut.

  • Orang yang menyembelih harus berakal

Untuk orang yang melakukan penyembelihan harus sadar dan tidak dalam keadaan mabuk. Juga untuk menghindari bahaya atau mudharat bagi hewan kurban.

  • Mengucapkan bismillah.

Setiap ingin menyembelih hewan kurban apapun itu harus menyembutkan nama Allah. Jika tidak hafal do’a menyembelih hewan cukup dengan bismillah saja. Karena jika tidak menyebutkan nama Allah maka daging tersebut haram hukumnya.

  • Memutus dua pembuluh darah di leher serta kerongkongan dan tenggorokan.

Agar hewan kurban lebih cepat mati dan tenang harus potong kedua pembuluh darah di leher. Karena itu merupakan salah satu sunnah dalam menyembelih sapi atau kambing.

Itulah adab sebelum atau sesudah menyembelih hewan kurban, lakukan beberapa sunnah tersebut untuk menghindari mudharat. Setiap mahkluk hidup pasti akan kembali kepada Allah. Hewan kurban juga akan kembali kepada Allah dalam keadaan debu di surga. Semoga cara menyembelih sapi sesuai sunnah tersebut bisa membantu siapa saja. ber

Cara Menyembelih Sapi Menurut Syariat Islam

Menyembelih hewan kurban bisa dengan 2 cara yaitu cara dzabh dan cara nahr. Cara dzabh merupakan cara dengan memotong kerongkongan, tenggorokan dan dua urat leher. Sedangkan cara nahr adalah cara dengan menuusuk pada bagian libbah. Libbah merupakan tempat kalung di leher hewan tersebut. Berada di pangkal leher dan di atas dada, dan dapat langsung mematikan hewan kurban.

Hewan yang menggunakan cara dzabh biasanya adalah sapi, kambing, ayam, burung, dst. Sementara hewan yang menggunakan cara nahr adalah unta, dan sapi. Sapi juga bisa disembelih dengan 2 cara tersebut karena sapi memliki 2 tempat tersebut yaitu dzabh dan nahr.

Itulah cara menyembelih sapi dengan benar dan sesuai agama islam. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang. Hal yang paling penting adalah mengucapakan kalimat takbir atau menyebut nama Allah sebelum dan sesudah penyembelihan. Terima kasih sudah membaca artikel ini.