Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Cara Menstabilkan Koneksi Internet – Dunia maya menjadi salah satu dunia yang memiliki kekuatan yang besar. Di dalam dunia tersebut kamu bebas membuat apapun yang kamu inginkan. Cara masuk ke dunia maya saat ini sangatlah mudah hanya perlu terhubung dengan internet saja. Jika sudah terhubung dengan internet kamu sudah bisa terhubung dengan seluruh dunia.

Itulah salah satu kehebatan internet saat ini, kecepatan internet saat ini sudah semakin gila. Kecepatan internet dari awal adalah, dial up, adsl, gprs, edge, 3g, 3.5g, dan 4G LTE. Dari tahun ketahun kecepatan internet sudah mulai berkembang bahkan sekarang sudah ada negara yang menerapkan kecepatan 5G. Kecepatan internet tersebut bisa mencapai 1Gbps yang sangat cepat sekali.

Di indonesia masih menggunakan kecepatan 4G LTE yang juga lumayan cepat. Namun biasanya masih kurang stabil jika digunakan untuk streaming, download, atau bermain game online. Koneksi internet yang tidak stabil memang sangat menjengkelkan dari yang lainnya. Saat bermain game online pasti membutuhkan ping yang stabil agar lancar bermain.

Nah ternyata ada cara menstabilkan koneksi internet yang buruk tersebut. Cara menstabilkan koneksi internet pc, wifi, android, maupun game online memang mudah. Untuk bisa menstabilkan koneksi internet yang lemot atau buruk kamu harus menyimak penjelasannya berikut ini.

Cara Menstabilkan Koneksi Internet PC

Untuk kamu pengguna PC atau komputer ada cara cepat untuk menstabilkan koneksi internet. Cara menstabilkan koneksi internet PC itu menggunakan Command Prompt atau CMD. Lansung simak penjelasnnya berikut ini.

  • Pertama PC atau Komputer kamu harus terhubung dengan internet.
  • Kemudian buka Command Prompt atau CMD dengan cara buka menu start ketik CMD, atau tekan Windows + R kemudian ketikan cmd kemudian enter.
  • Jika sudah ketik ipconfig/all kemudian tekan enter, akan muncul banyak sekali tulisan.
  • Kamu cari DNS Server jika sudah catat dan ingat no ip nya. Misal 192.168.100.4
  • Kemudian kamu ketikan ping -l 800 IP -t atau seperti ini ping -l 800 192.168.100.4 -t, lalu tekan enter.
  • Akan muncul beberapa tulisan secara bertahap, itu merupakan hasil pengiriman sinyal ke internet agar stabil.
  • Selesai.

Jangan tutup Command Prompt atau CMD nya. Karena untuk menjaga koneksi internet agar tetap stabil. Sehingga bisa lebih lancar dalam bermain game atau yang lainnya. Itulah cara menstabilkan koneksi internet pc menggunakan CMD.

Cara Menstabilkan Koneksi Internet Android

Bagi pengguna smartphone atau Android juga ada cara tersendiri yang bisa menstabilkan koneksi internet. Sekarang lebih banyak orang yang menggunakan android daripada PC atau komputer. Beriktu ini adalah cara menstabilkan koneksi internet di Android.

Memblokir iklan

Pasti smartphone kamu sering muncul iklan yang tidak jelas. Apalagi hp xiaomi yang kini terus saja muncul walaupun tidak browsing. Itu bisa menjadi penyebab koneksi internet di Android kamu tidak stabil. Kamu harus memblokir atau menghapus iklan yang muncul tersebut. Bagi pengguna xiaomi bisa membaca Cara Menghapus Iklan Xiaomi.

Mengompres gambar

Saat ini banyak sekali aplikasi browser seperti chrome, opera mini, dll menggunakan fitur data saving. Yang lebih menghemat data internet agar tidak terlalu boros. Dalam fitur data saving tersebut juga bisa mengkompres gambar menjadi lebih kecil. Sehingga proses loading akan lebih cepat selesai, aktifkan fitur data saving di aplikasi browser kamu.

Hapus cache

Sampah atau cache dalam smartphone pasti sangat banyak apabila tidak kamu bersihkan dengan rutin. Cache merupakan data yang disimpan sementara seperti riwayat browsing, dan lain sebagainya. Data cache jika tidak dibersihkan juga akan membuat hp kamu lemot. Karena bisa mencapai bergiga-giga byte ukuran cache bila tidak dibersihkan.

Menggunakan VPN

Aplikasi pihak ketiga memang sangat ampuh untuk meningkatkan atau menstabilkan koneksi internet. VPN atau Virtual Private Network merupaka aplikasi untuk mengubah DNS di android kamu. Banyak sekali aplikasi VPN di Play Store atau internet. Dengan menggunakan VPN koneksi internet kamu bisa lebih stabil dan cepat.

Mengatur APN

Setiap smartphone atau Android pasti menggunakan kartu operator yang berbeda-beda. Operator tersebut memiliki APN atau Access Point Name yang berguna untuk mengatur koneksi internet kamu. Ada banyak settingan APN tercepat di internet sesuai dengan operator yang kamu gunakan. Kamu bisa mencoba mengubah settingan APN tersebut.

Itulah beberapa macam cara menstabilkan koneksi internet dengan mudah yang bisa kamu lakukan. Memang masih ada banyak sekali cara untuk meningkatkan koneksi internet kamu. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Terima kasih sudah membaca artikel ini.