Cara Mengusir Tikus

Cara mengusir tikus

Cara Mengusir Tikus – Tikus merupakan hewan pengerat yang memakan apa saja. Hewan ini tergolong dalam omnivora atau hewan pemakan segala. Karena tikus dapat memakan apa saja yang mereka inginkan seperti kayu, kawat, busa, dan lain – lain. Tikus di bagi menjadi beberapa golongan seperti tikus tanah, tikus got, tikus hutan, dan tikus sawah. Tikus dianggap sebagai hewan penggangu atau hama karena sering mengganggu manusia dalam kehidupan.

Di dalam rumah kita pun pasti ada tikus yang sering keluyuran di plafon rumah. Ini membuat kita terganggu apalagi jika tikus tersebut memakan apa saja. Pastinya kita merasa resah dan begitu ingin membunuhnya. Namun tikus merupakan hewan yang lincah mereka dapat menghindari jebakan yang kita buat. Sehingga perlu cara mengusir tikus yang ampuh dan alami. Berikut beberapa cara mengusir tikus yang mudah dilakukan.

Baca Juga :

Kelinci Anggora 

Makanan Kelinci 

Kandang Kelinci

Cara Mengusir Tikus Di Rumah

1.      Kapur barus

Kapur barus atau kamper merupakan benda yang sangat tidak disukai oleh para tikus. Kapur barus ini sangat ampuh dalam mengusir tikus. Biasanya kamper digunakan di lemari pakaian atau kamar mandi. Kapur barus dapat Anda beli di warung atau minimarket terdekat, letakan kamper atau kapur barus ini di tempat yang sering ada tikusnya. Setelah memegang kapur barus wajib cuci tangan.

2.      Ammonia

Ammonia adalah senyawa kimia yang mengandung senyawa kaustik yang membutnya mengeluarkan bau gas tidak enak. Campurkan 2 cangkir ammonia ini dengan 2 sendok deterjen dan sperempat gelas air. Kemudian letakan campuran tersebut ke tempat yang sering ada tikusnya. Bau dari campuran ini sangat tidak disukai tikus dan cara mengusir tikus ini paling ampuh.

3.      Peppermint oil

Minyak peppermint merupakan minyak serbaguna. Minyak ini dapat menyembuhkan hidung tersumbat, menghilangkan sakit kepala, dan mengalau tikus. Celupkan beberapa bola kapas ke dalam minyak peppermint, kemudian tempatkan bola kapas di tempat tikus. Bau yang sangat menyengat dari minyak peppermint ini dapat mengusir tikus dari rumah.

4.      Rambut kepala

Rambut mungkin sedikit aneh, karena apakah mungkin tikus akan pergi dengan rambut manusia? Tidak perlu khawatir karena tikus suka sekali dengan rambut manusia. Taruh saja gumpalan rambut manusia di tempat tikus. Tikus akan memakannya kemudian akan mati karena memakan rambut.

5.      Cuka

Cuka merupakan bahan campuran makanan yang biasa kita lihat. Cuka memiliki rasa asam yang menyengat. Cara mengusir tikus dengan cuka ini sangat mudah tinggal mencelupkan bola kapas ke dalam cuka. Kemudian sebarkan di daerah tikus berada. Maka tikus tersebut akan pergi dan hilang.

Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Paling Ampuh

1.      Kotoran sapi

Bau dari kotoran sapi sangat menyengat ini dapat Anda jadikan sebagai alat mengusir tikus. Ambil kotoran sapi lalu sebarkan di daerah yang ingin dilindungi dari tikus. Ini merupakan cara mengusir tikus paling ampuh.

2.      Suara bising

Tikus akan keluar saat gelap dan sunyi, untuk membuat tikus pergi juga bisa kita ganggu dengan suara bising. Seperti bunyi kaleng atau suara bising lainnya. Otomatis tikus akan lari terbirit – birit karena kaget serta takut akan bunyi tersebut. Cara ini terbukti Ampuh mengusir tikus.

3.      Membuat perangkap sendiri

Sering kali perangkap atau jebakan yang kita beli masih bisa dihindari oleh para tikus. Maka dari itu kita improvisasi dengan cara kita sendiri sehingga tikus tersebut terkena perangkap yang ada. Umpannya bisa dari kacang, roti, dan keju sebagai makanan favorit tikus.

4.      Racun tikus

Racun tikus sangat ampuh dalam menangani tikus dalam rumah atau halaman. Kita hanya perlu menaburkan racun tikus di makanan favorit mereka. Kemudian taruh di tempat sering ada tikusnya. Biasanya keesokan harinya tikus akan langsung mati di tempat tergantung tingkat racunnya.

Cara Mengusir Tikus Secara Alami

1.      Bulu burung hantu atau ular plastik

Ular memiliki musuh alaminya yaitu predator seperti ular dan burung hantu. Maka dari itu gunakan bulu burung hantu atau ular plastik untuk menakuti tikus tersebut. Sehingga si tikus akan lari ketakukan dan pergi.

2.      Kulit ular kering atau kotoran kucing

Tikus sangat takut dengan ular dan kucing, maka bagian dari ular dan kucing juga ditakuti tikus. Kulit ular dan kotoran kucing bisa Anda jadikan sebagai alat mengusir tikus di sawah atau halaman. Bau menyengat dari kotoran kucing bisa mengusir tikus secara alami.

3.      Bawang

Bawang merupakan bumbu dapur yang mempunyai berbagai manfaat. Selain itu bawang juga dapat digunakan untuk mengusir tikus secara alami. Bau bawang yang sangat menyengat membuat tikus pergi. Bau ini sangat menjijikan bagi tikus. Iris bawang lalu taruh di tempat tikus.

4.      Lada

Bau lada dapat membuat hidung manusia gatal juga bersin. Hal ini bisa kita gunakan untuk mengusir tikus secara alami. Cukup taburkan sedikit lada ke tempat tikus kemudian tinggal tunggu hasilnya. Tikus akan pergi.

5.      Daun salam

Daun sangat disukai oleh para tikus karena mereka sangat menyukai daun – daunan. Namun daun salam dapat membuat tikus mati. Taruh beberapa helai daun salam di tempat tikus maka tikus tersebut akan mati atau pergi.

Itulah cara mengusir tikus yang mudah dan dapat kami sampaikan kepada para pembaca. Semoga cara mengusir tikus dirumah, cara mengusir tikus paling ampuh, dan cara mengusir tikus secara alami. Bisa bermanfaat bagi kita semua, tikus merupakan hewan yang sangat mengganggu. Segera usir tikus dari rumah kita.

Sekian artikel dari cara mengusir tikus yang dapat kami berikan, bila ada kesalahan silahkan komen di bawah. Terus kunjungi ribuancara.com untuk mendapatkan cara dan info terbaru dari kami. Share ke media social kamu jika kamu suka. Terima Kasih.