Cara Mengubah Password Gmail

Cara Mengubah Password Gmail
Cara Mengubah Password Gmail

Cara Mengubah Password Gmail – Komputer adalah salah satu benda yang memiliki fungsi untuk menyimpan banyak data penting ataupun sensitif. Sehingga perlu untuk diperhatikan keamanan data  -data yang terdapat di dalamnya. Beberapa cara yang bisa dilakukan yakni misalnya dengan tidak memakai password yang sama guna berbagai macam akun. Dengan mengganti password akun anda dengan cara konstan, serta tidak memakai password yang jelas yakni seperti tanggal lahir maupun nama – nama kerabat/saudara anda.

Salah satu yang akan kita bahas disini yakni mengenai cara mengubah password Gmail. Mengapa kami memilih mengambil tema ini pada kali ini? Alasan yang pertama kami yakni karena email adalah salah satu media yang paling banyak untuk digunakan oleh orang yang ada di dunia sosial media pada sekarang ini.

Alasan yang kedua juga serupa, yaitu dimana Gmail merupakan salah satu produk milik Google yang menurut kami adalah yang terbanyak dipakai oleh kebanyakan orang. Selain itu kami juga akan membagikan rahasia tentang membuat password yang mudah untuk diingat akan tetapi susah untuk ditebak, yang berarti merupakan keamanan maksimal.

Baca Juga:

Cara Menambah Durasi Status WA

Cara Pasang TWRP Redmi 4X

Cara Menambah Follower Instagram

Cara Mengubah Password Gmail Menggunakan Browser

Cara Mengubah Password Email
Cara Mengubah Password Gmail

Langkah yang pertama tentunya anda harus membuka browser apa saja yang anda miliki juga nyaman anda pakai serta segera pergi ke laman gmail dengan melalui browser itu. Anda juga harus melakukan ini menggunakan laptop atau komputer, karena cara seperti ini tidak dapat dilakukan apabila anda memasuki laman Gmail mobile atau apabila anda memakai perangkat ponsel.

Sesudah anda masuk ke laman yang mempunyai tampilan seperti di atas, anda dapat langsung sign in dengan cara mengisi email anda di kolom email.

Sesudah itu anda akan memasuki ke laman di dalam Gmail yang berisi surel – surel yang masuk ke dalam akun milik anda. Arahkan cursor mouse anda ke tombol dengan lambang gir pada pojok kanan atas laman website tersebut.

Cara Mengubah Password Email
Cara Mengubah Password Gmail

Selanjutnya klik tombol tersebut lalu akan muncul menu drop down yang berisi berbagai macam pilihan. Sesudah itu anda dapat klik pilihan settings. Dalam laman settings terdapat bebeberapa macam menu yang memiliki warna biru seperti labels, general, inbox, accounts and import, filters and blocked addresses, dan yang lain sebagainya. Anda dapat klik salah satu pilihan accounts and import pada sebelah atas.

Cara Mengubah Password Email
Cara Mengubah Password Email

Sesudah anda klik tombol accounts and import anda akan masuk ke laman yang dengan beberapa macam pilihan, dan pada pilihan yang paling atas terdapat tulisan berwarna biru yang bertuliskan change password.

Cara Mengubah Password Email
Cara Mengubah Password Gmail

Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan password anda yang sebelumnya. Apabila anda telah lupa password anda yang sebelumnya, anda dapat meresetnya dan dengan sangat mudah membuat password baru yang sesuai untuk anda. Lalu ketikkan password anda yang baru, password anda juga harus terdiri atas setidaknya 8 karakter. Setelah itu klik pada tombol change password.

Setelah itu anda dapat mencoba untuk masuk kembali ke dalam akun anda dengan password yang baru untuk mengetahui apakah proses penggantian password telah berhasil atau bahkan belum.

 

Cara Mengubah Password Gmail Menggunakan Android

Cara Mengubah Password Email
Cara Mengubah Password Gmail

Hal pertama anda harus mencari aplikasi settings yang ada pada android anda. Apabila sudah menemukannya, silahkan untuk klik aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut pada biasanya berbentuk seperti gerigi, atau pada biasanya terletak pada menu drop down yang ada di atas layar ponsel milik anda. Akan tetapi hal ini juga bergantung dari merk serta jenis ponsel android milik anda.

Setelah itu anda juga akan menemukan menu – menu yang seperti Themes, Lock Screen, dan yang lain sebagainya. Menu tersebut juga terdapat dalam section personal. Salah satu pilihan yang ada di dalam menu tersebut yakni Google. Klik menu yang bertuliskan Google maupun Google services, bisa juga Google settings untuk anda para pengguna ponsel android Samsung.

Cara Mengubah Password Email
Cara Mengubah Password Gmail

Didalamnya anda juga akan kembali untuk menemui beberapa macam menu, dan salah satunya yakni menu Account. Pilihlah pada pilihan sign-in & security. Sesudah anda memilih menu tersebut seharusnya anda bisa memasuki pilihan yakni Password dengan tulisan change your password pada bawah pilihan tersebut.

Langkah yang selanjutnya yakni mengetikkan password anda yang sebelumnya untuk memverifikasi data diri anda. Sesudah anda sukses memverifikasi diri maka anda juga akan diminta untuk memasukkan password yang baru milik anda dan memasukkannya sekali lagi hal ini berfungsi untuk mengonfirmasi. Selanjutnya silahkan pilih tombol change password dan kemudian anda dapat melakukan sign in ke dalam akun Google milik anda supaya anda dapat mengetahui apakah penggantian password yang sudah anda lakukan telah berhasil atau tidak berhasil.

Cara Mengubah Password Gmail yang Terlupa

Nah pada bagian ini khusus kami ulas untuk anda semua yang ingin mengubah password gmail yang terlupa. Atau mereset ulang password milik anda.

Langkah pertama anda dapat masuk mengunjungi laman google account support page. Anda bisa melakukan ini dari perangkat apa saja baik dari komputer/laptop maupun dari ponsel android anda. Atau anda dapat memasuki laman ini dengan klik pilihan pada need help? Yang berada di bawah kolom pengisian password pada laman sign in Google.

Kemudian anda juga akan diperintahkan untuk memasukkan akun email milik anda. Kemudian anda juga akan diperintahkan untuk memasukkan password terakhir yang bisa anda ingat. Jika anda telah berhasil memasukkan salah satu dari password terakhir yang masih anda ingat biasanya proses untuk reset password ini akan lebih mudah lagi .

Cara Mengubah Password Email
Cara Mengubah Password Gmail

Apabila anda tidak berhasil untuk mengingat salah satu dari password terakhir milik anda. Anda akan masuk ke laman yang seperti pada diatas. Anda dapat klik pilihan pada try a different question. Pilihan ini juga akan mengarahkan anda ke dalam beberapa metode guna verifikasi identitas milik anda.

Pilihan yang dapat anda pilih juga bergantung dari informasi recovery yang berhubungan dengan akun milik anda. Beberapa metode yang bisa anda pilih misalnya yakni pesan langsung ke dalam piranti Android milik anda. Mendapatkan SMS recovery maupun panggilan telepon, atau memperoleh recovery email. Ditanyakan tanggal dan juga bulan ketika anda membuat akun. Sampai anda disuruh untuk memasukkan alamat email yang baru untuk memperoleh kode verifikasi.

Kesimpulan

Sebelum anda benar – benar dapat mereset password email anda, Google juga akan berusaha untuk memverifikasi identitas anda dulu sebelumnya. Apabila anda telah melakukan verifikasi, anda akan mendapat instruksi baru guna mereset password akun Gmail milik anda.

Sesudah anda berhasil untuk memverifikasi identitas milik anda. Anda akan diminta untuk memasukkan password baru akun anda. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan password baru akun anda sekali lagi, dan anda adapat klik change password.

Apabila sudah berhasil anda dapat mengecek apakah anda sudah berhasil mereset password akun anda. Dengan cara melakukan sign in dengan password baru akun anda.

Itulah beberapa langkah atau cara mengubah password email. Ternyata susah – susah gampang ya. Tetapi jangan risau, apabila anda membaca tutorial diatas pasti anda dapat melakukannya. Untuk mendapat informasi terbaru dari kami jangan lupa untuk kunjungi terus ribuancara.com. Karena kami akan memberikan pengetahuan dan juga informasi yang menarik dan juga bermanfaat.