Cara Mengubah Huruf Kapital Di Excel

Cara Mengubah Huruf Kapital Di Excel
Cara Mengubah Huruf Kapital Di Excel

Cara Mengubah Huruf Kapital Di Microsoft Excel – Siapa yang tidak tahu tentang aplikasi microsoft office. Hampir semua orang pernah menggunakan aplikasi tersebut. Kegunaan microsoft office memang sangat banyak sekali untuk berbagai tugas kantor maupun sekolah. Skill menguasai microsoft office sangat dicari oleh berbagai macam perusahaan. Dengan memiliki skill tersebut kamu bisa melamar pekerjaan di kantoran yang membutuhkannya.

Salah satu aplikasi dalam microsoft office yang berguna untuk database sekaligus perhitungan adalah microsoft excel. Dengan microsoft excel kamu bisa menyimpan berbagai macam data yang kamu inginkan. Sehingga lebih mudah untuk memilih data serta menghitung jumlahnya. Tidak semua orang bisa menguasai excel karena terdapat rumus yang bermacam-macam.

Selain itu untuk menguasai microsoft excel lebih lama daripada microsoft word dan power point. Hal tersebut yang membuat orang dengan skill excel yang bagus bisa untuk perusahaan kantoran. Salah satu banyak orang yang tidak bisa yaitu dengan rumus hitung microsoft excel. Mengubah huruf kapital juga tidak mudah karena ada 4 macam cara mengubah huruf kapital di excel.

Bagaimana Cara Mengubah Huruf Kapital Di Excel?

Adanya microsoft excel dapat membantu menyimpan data yang banyak atau lebih besar. Namun biasanya ada yang perlu diubah mulai dari huruf atau angkanya. Hal tersebut akan membuat proses pemilihan datanya sangat lama. Tapi ada cara yang lebih cepat dan simpel yang belum kamu ketahui. Sehingga mengubah data secara keseluruhan akan lebih mudah.

Huruf kapital dalam excel memang tidak biasa untuk mengubahnya. Tapi pasti mudah membuat atau mengubah satu kolom huruf kapital hanya dengan CapsLock. Namun bagaimana bila data yang diubah ada puluhan bahkan ratusan? Berikut akan kami jelaskan bagaimana cara mengubah hutuf kapital di excel.

Cara Mengubah Huruf Kapital Di Excel Tanpa Rumus

Cara ini sangatlah mudah sekali untuk dilakukan semua orang pasti bisa bahkan sudah tahu. Dengan bermodalkan microsoft word sudah bisa mengubah seluruh huruf di excel menjadi kapital. Berikut adalah cara mengubah huruf biasa kecil menjadi huruf kapital.

  • Pertama kamu buka data excel yang ingin kamu ubah menjadi huruf kapital semua.
  • Copy semua data yang ingin diubah ke huruf kapital.
  • Setelah itu buka microsoft word, kemudian paste data tersebut.
  • Pilih semua data dengan Ctrl + A dan pilih menu Change Case pada menu Font.
  • Kemudian pilih UPPERCASE untuk membuat semua huruf yang dipilih menjadi kapital.
  • Copy semua data atau huruf yang sudah diubah ke huruf kapita.
  • Paste ke data excel yang sebelumnya. Maka semua huruf sudah menjadi kapital.

Itulah cara mudah untuk mengubah semua huruf kecil menjadi huruf kapital di excel tanpa rumus. Cara tersebut memang sangatlah mudah sehingga semua orang bisa mencobanya. Berikut ini cara mengubah huruf kapital menggunakan rumus di excel. Simak lebih lanjut di bawah ini.

Cara Mengubah Huruf Kapital Di Microsoft Excel

Huruf kapital di excel memang tidak semudah di microsoft word karena perlu diatur terlebih dahulu. Dalam microsoft excel juga terdapat rumus untuk mengubah hurud kecil menjadi kapital. Berikut ini adalah cara mengubah huruf kapital di mocrosoft excel dengan rumus.

1. UPPER

Salah satu rumus dalam excel yang bisa mengubah menjadi huruf kapital adalah UPPER. Dengan menggunakan rumus ini bisa mengubah seluruh data yang dipilih. Berikut ini cara menggunakan rumus upper di microsoft excel.

  • Pertama buka dahulu data excel yang ingin kamu ubah menjadi huruf kapital.
  • Kemudian pilih cell atau kolom yang kosong untuk memasukan rumus tersebut.
  • Setelah itu klik pada menu formula yang menggunakan tulisan (Fx).
  • Ketik =UPPER, kemudian klik pada cell yang berisi data tersebut.
  • Tekan enter untuk mengubah menjadi huruf kapital semua.
  • Seret cell tersebut kebawah agar data yang dipilih bisa kapital semua.
  • Silahkan coba pada data excel yang ingin kamu ubah menjadi kapital.

2. PROPPER

Selain UPPER terdapat juga PROPPER yang berfungsi mengubah data yang ada di dalam cell tersebut. Tetapi yang berubah hanya huruf depannya saja. Sehingga fungsi ini sangat berguna sekali apabila lupa dengan huruf kapital pada awal kalimat. Berikut ini cara menggunakan fungsi rumus PROPPER.

  • Seperti biasa, buka dahulu data excel yang ingin diubah.
  • Setelah itu pilih cell atau kolom sebelah data persis.
  • Ketikan pada menu function =PROPPER, klik pada cell yang ingin diubah.
  • Kemudian tekan enter sehingga akan muncul data dengan huruf kapital.
  • Ulangi pada semua data yang ingin diubah menjadi huruf kapital.

Itulah cara menggunakan rumus PROPPER pada excel, hampir sama dengan UPPER. Namun memiliki fungsi yang berbeda, yaitu pada huruf kapitalnya saja. Pilihlah cara yang paling mudah untuk dilakukan agar lebih cepat menghemat waktu. Semoga artikel tersebut bisa membantu kamu semua. Share ke sosial media agar website ini terus berkembang. Terima kasih sudah membaca artikel ini.