Cara Mengobati Varises

Cara Mengobati Varises
Cara Mengobati Varises

Cara Mengobati VarisesApa itu varises? Varises adalah suatu pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Varises ini ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap dan terlihat bengkak dan menonjol.

Varises dapat terjadi di seluruh pembuluh vena di dalam tubuh. Varises dapat terjadi pada bagian betis, panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus). Tetapi pembuluh vena sering terjadi pada area tungkai, terutama pada bagian betis. Karena, tekanan besar pada saat kita berjalan dan berdiri.

Varises yang terjadi pada bagian tungkai sering terjadi pada wanita, dibandingkan pada pria. Faktor yang dapat meningkatkan seseorang terkena varises, adalah pertambahan usia, berat badan yang berlebihan (obesitas), faktor keturunan, dan lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab dari varises

Penumpukan darah di dalam pembuluh vena menyebabkan terjadinya varises. Pembuluh vena memiliki fungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung. Di dalam pembuluh vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah mengalir melewati katup ini maka tidak dapat kembali lagi. Jika terjadi kerusakan pada katup vena maka dapat menyebabkan darah berbalik arah dan menyebabkan penumpukan darah dalam pembuluh vena.

Cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Jika anda mengalami varises harus segera ditangani dengan cepat, karena jika varises yang nada alami sudah terlalu parah, proses menghilangkan varises akan sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama.

Berikut adalah cara untuk menghilangkan varises ringan dengan cepat.

  • Skleoterapi

Skleoterapi adalah cara menghilangkan varises dengan menyuntikan bahan kimia yang sklerosant ke dalam pembuluh darah kaki. Sklerosant ini berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah dan memudarkan varises.

  • Laser

Menghilangkan varises dengan cara laser ini dilakukan dengan cara mengarahkan laser ke pembuluh darah yang terkena varises. Hal ini bertujuan untuk menutup varises yang ringan pada bagian kaki.

  • Flebektomi

Pada varises ringan yang letaknya dipermukaan kulit, mugkin dokter akan menyarankan anda untuk melakukan flebektomi. Flebektomi adalah cara untuk menghilangkan varises ringan melalui sayatan kecil dan minim rasa sakit.

Cara menghilangkan varises dengan cepat

Ada banyak sekali cara menghilangkan varises dengan cepat serta mudah. Banyak orang yang ingin menghilangkan penyakit dengan waktu yang singkat. Memang ada banyak cara seperti pengobatan alternative atau operasi. Tetapi hal tersebut akan sangat berbahaya apabila tidak di dampingi ahlinya. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menghilangkan varises dengan cepat baca penjelasannya berikut ini.

  • Prosedur vein stripping

Penyakit varises yang sudah parah dapat menghilangkan varises dengan melalui prosedur vein stripping. Menghilangkan varises dapat dipertimbangkan dengan melalui pembedahan. Prosedur vein stripping dikenal dengan cara menghilangkan permasalahan varises yang ampuh.

  • Kateter dengan laser

Bagi anda yang terkena varises berukuran besar, anda dapat melakukan kateter. Prosedur ini melibatkan sayatan kecil untuk memasukan tabung tipis ke dalam pembuluh vena yang membesar. Selanjutnya, tabung akan dipanaskan menggunkan energi laser. Ketika kateter ditarik ke luar, energi panas dapat menghancurkan dan mengecilkan pembuluh vena yang membesar.

Cara mengobati varises secara alami

Varises pastinya dapat merusak penampilan dan juga dapat menimbulkan rasa sakit. Akibat penyakit varises bisa membuat hidup kamu kurang nyaman. Obati varises sebelum varises bertambah parah. Mengobati varises dapat dengan cara yang alami. Berikut adalah car a mengobati varises secara alami.

Minyak chamomile

Minyak chamomile dapat digunakan untuk mengobati varises. Dengan cara mengoselkan minyak chamomile secara rutin sebelum tidur. Minyak chamomile dapat melancarkan aliran darah di pembuluh darah, sehingga anda dapat terbebas dari varises.

Cuka apel

Cuka apel dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembekakan pembuluh darah yang dapat menyebabkan varises. Cara menggunakan cuka apel, anda cukup minum secara teratur. Cairan ini memang memiliki banyak sekali manfaat yang belum di ketahui banyak orang.

Kubis

Kubis adalah sayur sayuran yang kaya dengan vitamin A, C, E, B1, B2, K, kalium , magnesium, kalsium, besi, fosfor, tembaga, sulfur dan serat. Nutrisi yang terdapat pada kobis dapat membantu untuk menghancurkan fermentasi darah sehingga anda dapat terhindar dari varises.

Bawang putih

Selain dapat mengurangi peradangan , bawang putih dapat membantu mendetoksifikasi darah yang membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Anda cukup mengoleskan bawang putih pada bagian yang tekena varises.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mengobati varises, cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada bagian yang terkena varies. Minyak zaitun dapat meningkatkan sirkulasi darah dan dapat mengurangi  peradangan yang membuat varises menjadi menghilang.

Cara mengobati varises ringan

Melakukan olahraga yang ringan dapat membatu anda untuk mengobati varises ringan. Selain dengan olahraga ringan ada beberapa cara mengobati varises ringan. Berikut adalah beberapa olahraga ringan yang dapat megobati varises ringan.

  • Mengayuh

Anda dapat berbaring di atas lantai dengan punggung, tangan berada di samping atau di bawah pantat. Angkat kaki anda dan mulai mengayuh secara perlahan, seolah-olah anda sedang naik sepeda.

  • Peregangan betis

Anda dapat melakukan peregangan betis untuk mengobati varises ringan. Untuk melakukan peregangan betis anda memerlukan tangga aerobic atau bangku yang pendek. Cara melakukan peregangan betis anda dapat berdiri di tangga dengan kedua kaki. Tumit diperpanjang ke ujung tangga. Naikkan badan menggunakan jari-jari kaki kemudian turunkan tumit ke bawah tangga.

Lakukan cara ini dengan teratur dan varises yang anda alami dapat terobati.

  • Berjalan dengan tumit

Cara ini dapat anda lakukan ketika sedang beraktifitas di rumah. Cara ini lebih efektif untuk kekuatan otot betis dan dapat mengobati varises.

  • Pijatan dengan minyak jarak

Minyak jarak juga dapat mengobati varises ringan. Miyak jarak merupakan hasil olahan tanaman yang kaya akan manfaat. Minyak jarak dapat mengobati varises dan mencegah timbul kembali.

Lakukan pemijatan pada bagian varises cecara perlahan dan rutin dengan menggunakan minyak jarak pada malam hari sebelum tidur. Minyak jarak mengandung omega-9 yang dapat memberikan manfaat untuk kecantikan. minyak jarak juga dapat menyerap dengan mudah pada kulit, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

Varises memang penyakit yang berbahaya apabila dibiarkan saja sampai parah. Sebaiknya segera periksa ke dokter terdekat sehingga bisa teratasi dengan mudah. Itulah beberapa cara mengobati varises yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua.

Jangan lupa untuk terus share ke social media dan teman-teman kamu untuk membantu kami berkembang. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*