Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Cara Mengobati Asam Lambung Naik – Asam lambung merupakan salah satu mesin pencerna makanan yang masuk. Dalam mencerna makanan memang membutuhkan asam lambung. Namun ada kalanya asam lambung naik dan membuat sakit pada lambung. Hal tersebut dapat menganggu sistem pencernaan.

Asam lambung dapat naik ketika kita mengkonsumsi makanan yang tidak cocok dengan lambung. Penyebabnya karena gaya hidup yang tidak sesuai dengan kesehatan tubuh. Anda memiliki masalah dengan asam lambung naik? ada beberapa cara mengobati asam lambung naik. Simak penjelasan cara mengobati asam lambung naik berikut ini.

Cara Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami

Mengobati asam lambung yang sedang naik memang tidak cepat dan mudah. Apalagi jika menggunakan herbal atau alami, maka harus bertahap dan bersabar. Anda bisa menggunakan bahan alami atau tanpa obat di bawah ini untuk mengobati asam lambung yang sedang naik.

Baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk penderita asam lambung naik. Sebagian besar orang menggunakan baking soda untuk nyeri dada akibat asam lambung. Baking soda memiliki sifat basa yang membantu menetralisir asam pada lambung.

Jahe

Tanaman obat tradisional ini memang bisa meredakan berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi jahe dapat bermanfaat bagi penderita refluks asam lambung. Namun harus di konsumsi dengan takaran yang pas.

Pisang

Buah ini memang memiliki rasa yang sangat enak dan memperlancar pencernaan. Hal tersebut dapat mengobati asam lambung, karena pisang bisa menjadi antasida alami. Dinding perut dilapisi dengan zat tersebut agar tidak teriritasi oleh asam lambung.

Cara Mengobati Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Ketika asam lambung sedang naik pasti akan menyerang bagian kerongkongan. Hal tersebut memang sangat menyakitkan saat terjadi di kerongkongan. Anda bisa menggunakan cara mengobati asam lambung naik ke kerongkongan dengan hal berikut.

Lidah Buaya

Manfaat tanaman ini sangat banyak sekali, salah satunya bisa mengobati asam lambung naik. Dengan mengkonsumsi setengah gelas lidah buaya dapat meredakan inflamasi di kerongkongan akibat asam lambung.

Mengubah gaya hidup

Gaya hidup yang tidak teratur juga perlu dirubah karena dapat menyebabkan berbagai penyakit. Asam lambung juga bisa menyerang kapan saja, jadi sebaiknya ubahlah gaya hidup sejak dini dan mulai berolahraga.

Mengkonsumsi ramuan alami

Ramuan alami memang menjadi salah satu obat herbal yang sangat bagus untuk kesehatan. Salah satunya seperti diatas tadi, banyak sekali obat herbal yang bisa kita temukan di sekitar kita.

Cara Mengobati Asam Lambung Naik Saat Puasa

Saat puasa memang menjadi tantangan untuk tidak makan dan minum sampai adzan maghrib. Tetapi bagaimana bila memiliki masalah dengan asam lambung? Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan dari asam lambung.

Makan dan minum obat teratur sebelum tidur

Usahakan saat berbuka makan dengan yang mudah di cerna oleh lambung, seperti buah, sayur, dan lainnya. Hal tersebut dapat menjaga asam lambung agar tidak naik. Setelah itu jangan lupa untuk makan obat secara teratur baik saat sahur maupun berbuka.

Menjaga pola makan

Pola makan yang baik juga harus dijaga pada saat berpuasa. Sehingga tidak menjadi masalah bila menjalankannya. Saat sahur dan berbuka jangan makan yang berbahaya bagi asam lambung. Hindari gorengan, makanan pedas, makanan asam, dll.

Memperhatikan porsi makan saat berbuka

Ketika berbuka juga tidak boleh terlalu banyak makan, karena dapat menyebabkan asam lambung naik. Oleh karena itu makan yang seperlunya saja dan tidak berbahaya bagi lambung.

Itulah beberapa cara mengobati asam lambung ketika sedang naik. Dengan mengkonsumsi secara rutin juga bisa menyehatkan badan. Semoga dengan cara tersebut bisa membantu kita semua. Terima kasih sudah membaca artikel ini.