Cara Menghilangkan Stres

Cara Menghilangkan Stres

Cara Menghilangkan StresPikiran yang sedang kacau memang membuat kita jadi bingung dan mudah berbuat buruk. Stres berat juga bisa membuat pikiran menjadi gila, karena setiap orang yang terkena stres pasti bingung. Stres terjadi karena pikiran sedang terbebani masalah yang membuat otak memikirkan masalah tersebut. Stres biasanya dialami oleh para pekerja, karena para pekerja biasanya akan dibebani pekerjaan yang banyak dan berat.

Sebagai pekerja tentu wajib untuk melaksanakan pekerjaannya karena untuk mencari nafkah hidup. Namun banyak pekerja yang mengeluh tentang pekerjaannya sehingga membuat mereka berpikir negatif. Timbulnya stres juga bisa terjadi akibat hal itu, memikirkan hal negatif malah akan menambah stres. Namun ada cara menghilangkan stres yang mudah dilakukan untuk membuat pikiran nyaman.

Stres dibagi menjadi dua stres ringan dan stres berat. Stres ringan hanya menyerang pikiran akibat terlalu memikirkan hal yang membebani hidupnya. Stres berat merupakan stres yang menyerang hingga ke otak dan membuat orang tersebut gila. Untuk menghindari stres berat bisa melakukan cara menghilangkan stres berikut ini.

Baca Juga :

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Manfaat Daun Mint

Manfaat Buah Plum

Cara Menghilangkan Stres Berat

Sebagai manusia pasti memiliki masalah karena manusia tidak ada yang sempurna di dunia. Maka wajar saja jika setiap manusia pernah merasakan stres yang menimpanya. Sebaiknya ini dihindari karena jika dibiarkan terus menerus akan menjadi stres berat dan membuat gila. Berikut cara menghilangkan stres berat.

1.      Curhat dengan sahabat

Mengutarakan seluruh isi hati kepada seseorang dapat membuat stres hilang dengan cepat. Karena dengan memberi tahu isi hati dan jujur kepada diri sendiri membuat beban dalam pikiran hilang. Curhat dengan sahabat atau teman dekat bisa menjadi cara jitu untuk menghilangkan stres berat.

 

Biasanya wanita sering melakukan hal ini karena mereka mempunyai perasaan yang lembut. Sebaliknya, pria tidak suka curhat dengan teman karena hampir semua pria tidak suka curhat. Karena di khawatirkan akan bocor ke publik, sehingga membuat pria takut curhat.

2.      Meditasi

Meditasi merupakan aktivitas yang dilakukan pada suasana yang sunyi dan tenang untuk membuat pikiran kosong. Meditasi dilakukan untuk menghilangkan stres, memfokuskan pikiran, berlatih mengatur nafas, dan membersihkan pikiran.

 

Meditasi biasanya dilakukan pada alam bebas yang sunyi seperti air terjun, sungai, bahkan pegunungan. Dengan meditasi tubuh Anda akan lebih santai dan stres pun hilang. Cara menghilangkan stres dengan meditasi cukup ampuh.

3.      Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat pasti semua orang menyukainya, karena dengan mandi air hangat tubuh merasa nyaman. Aktivitas ini efektif untuk menghilangkan stres karena akan mengembalikan stamina tubuh yang hilang. Mandi air hangat akan memberikan sedikit relaksasi pada tubuh Anda.

 

Setelah seharian penuh bekerja atau sekolah lalu pulang dan mandi air hangat pasti tubuh akan terasa normal kembali. Makannya setiap hotel pasti menyediakan bathroom yang ada air hangatnya. Dengan maksud mengembalikan stamina orang tersebut.

4.      Olahraga di pagi hari

Melakukan aktivitas positif bisa juga menghilangkan stres salah satunya seperti olahraga di pagi hari. Dengan olahraga pada saat udara masih segar dan matahari belum terik pasti membuat pikiran jernih. Dengan olahraga di pagi hari pasti tubuh dan pikiran akan merasakan relaksasi.

 

Pada pagi hari udara masih mengandung oksigen yang segar sehingga tubuh akan menyerap partikel sehat di udara. Hal ini sangat baik untuk tubuh manusia karena membuat metabolism tubuh menjadi baik. Selain tubuh yang sehat pikiran pun mernjadi jernih dan segar.

5.      Mendengarkan music

Music merupakan sebuah suara yang dijadikan hiburan oleh kebanyakan orang, dengan mendengarkan music pikiran akan tenang. Music bisa membawa suasana hati kita dan juga pikiran. Saat sedang stres sebaiknya mendengarkan music yang positif dari lirik, makna, dan judulnya.

 

Banyak orang yang mendengarkan music untuk menghilangkan stres ringan, hal ini terbukti ampuh. Setiap orang memiliki jenis music favorit masing-masing, jika stres bisa mendengarkan music favoritnya. Dengan begitu stres bisa hilang dengan cepat.

6.      Hiburan

Setiap orang pasti membutuhkan hiburan, music juga masuk ke dalam hiburan. Selain itu hiburan juga bermacam – macam. Seperti menonton film, bercanda, liburan, dan bermain games. Itu semua dapat digunakan untuk cara mengilangkan stres berat yang mudah dilakukan.

 

Orang yang memilki pikiran yang banyak pasti hal pertama yang dilakukan adalah mencari hiburan. Dengan mencari hiburan, pikiran kita akan menjadi normal kembali dan stres pun hilang. Cara menghilangkan stres dengan hiburan ini sangat ampuh untuk di praktekan.

7.      Rajin beribadah

Beribadah atau mendekatkan diri dengan tuhan merupakan cara menghilangkan stres secara rohani. Biasanya orang yang mendekatkan diri dengan tuhan akan mencurahkan segala permasalahannya di dalam hati kepada tuhan.

 

Bagi orang islam menghilangkan stres bisa dilakukan saat shalat malam, karena pada saat malam hari suasana sunyi sekali. Shalat malam bisa dijadikan untuk curhat kepada Allah S.W.T sehingga pikiran akan kembali kosong. Untuk lebih lanjutnya silahkan baca cara menghilangkan stres menurut islam berikut ini.

Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam

Dalam islam juga ada cara menghilangkan stres yang baik secara islam dan para ulama. Mari simak cara menghilangkan stres menurut islam berikut ini.

1.      Niat dengan iklhas

Dalam islam setiap perbuatan harus diawali dengan niat terlebih dahulu. Setiap hasil akhir perbuatan kita tergantung dari niat awal kita. Sebaiknya niatkan dengan iklhas dan berdoa kepada Allah. Sehingga niat kita akan membuahkan hasil yang baik pula.

Jika semua perbuatan kita niatkan dengan iklhas hanya untuk mengharapkan ridha Allah semata maka hasil akhirnya tidak akan membuat kita stres.

2.      Rajin shalat

Shalat merupakan cara kita berkomunikasi dengan Allah S.W.T. dengan shalat lima waktu dan juga tepat waktu akan membuat kita dekat dengan Allah. Banyak orang yang stres karena melupakan shalat atau shalatnya tidak tepat waktu. Sebaiknya saat kita sedang stres shalat tepat waktu tanpa bolong – bolong. Cara menghilangkan stres dengan shalat ini bisa mendekatkan diri dengan Allah, dan juga menambah pahala untuk kita.

3.      Dzikir

Setelah selesai shalat sebaiknya kita selalu berdzikir dan menyerahakan segala masalah kepada Allah. Akan lebih baik lagi jika kita selalu berdzikir setiap waktu seperti para malaikat Allah. Dzikir sendiri berarti mengingat Allah, hadirkan Allah dalam setiap masalah yang kita hadapi agar dimudahkan. Dengan berdzikir akan menghilangkan stres yang melanda pikiran.

4.      Berdoa

Berdoa juga merupakan media kita berkomunikasi dengan Allah. Saat berdoa sebaiknya kita mencurahkan seluruh isi hati kita. Dengan begitu Allah akan mendengar seluruh masalah dan isi hati kita. Setelah curhat kepada Allah, insyallah masalah serta beban kita akan terasa ringan karena dibantu Allah. Setiap masalah yang kita hadapi selalu berdoa kepada Allah agar dimudahkan dan dihilangkan masalah tersebut.

5.      Tawakal

Stres timbul akibat pikiran negatif yang terlalu banyak sehingga membuat perbuatan negatif juga. Saat mengalami stres sebaiknya bertawakal kepada Allah untuk berpikiran positif dan berbuat positif. Orang yang selalu tawakal akan bersyukur apa yang selalu ia terima kepada Allah. Insyallah dengan bertawakal kepada Allah akan menghilangkan masalah yang kita hadapi.

6.      Berperasangka baik

Bekhusnudzon atau berpersangka baik kepada setiap orang juga akan membuat pikiran kita menjadi positif. Kita hanya perlu berusaha dan menyerahkan semua hasilnya kepada Allah. Dengan berpikiran positif juga akan membuat perbuatan kita postif juga. Selain itu berperasangka baik akan cepat menghilangkan stres.

7.      Melakukan alam saleh

Melakukan perbuatan baik atau amal saleh akan membuat pikiran kita menjadi lebih baik. Beramal saleh juga merupakan kunci untuk hidup damai dan tentram. Otomatis dengan beramal saleh akan menjauhi perbuatan jelek. Dengan melakukan amal saleh insyallah stres akan dihilangkan oleh Allah.

Cara Menghilangkan Stres Belajar

Setiap siswa sekolah pasti selalu stres akan tugas yang diberikan gurunya kepada muridnya. Biasanya tugas tersebut memberatkan siswa untuk belajar. Sehingga timbul stres belajar yang berlebihan. Dan akan memunculkan rasa akan tidak ingin sekolah. Untuk menghilangkan stres belajar, simak cara menghilangkan stres belajar berikut ini.

1.      Rapikan ruang belajar

Ruangan yang berantakan biasanya akan membuat pikiran menjadi kacau juga. Sebaiknya setela atau rapikan ruang belajar agar nyaman dilihat. Dengan begitu Anda akan bisa belajar dengan tenang dan nyaman. Sehingga stres belajar pun hilang.

2.      Sedia makanan ringan

Setiap belajar pasti berpikir dan berpikir membutuhkan tenaga jadi siapkan makanan ringan. Sehingga saat kita lapar pas belajar bisa memakan makanan ringan tersebut. Dan tidak perlu lagi khawatir dengan perut lapar.

3.      Sedia air putih

Air putih merupakan kebutuhan mineral manusia. Banyak minum air putih juga akan membuat pikiran tenang. Saat belajar minum air putih juga bisa menghilangkan stres saat pusing memikirkan materi. Dan stres belajar hilang seketika.

4.      Mencari Lokasi nyaman

Lokasi yang nyaman juga bisa menghilangkan stres belajar, karena akan berpengaruh pada pikiran kita. Sebaiknya gunakan lokasi yang sunyi dan membuat pikiran tenang. Seperti kamar, ruang terbuka hijau, dan taman.

5.      Tidur

Dengan tidur akan menghilangkan stres belajar, sehingga saat merasa stres belajar tinggal tidur saja. Tidur efektif menghilangkan stres belajar atau pelajaran. Setiap siswa pasti merasakan stres pelajaran. Tidur pada waktunya bisa menghilangkan stres dalam singkat.

Itulah cara menghilangkan stres yang bisa kami sampaikan dan berikan kepada Anda. Semoga cara menghilangkan stres tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika suka artikel ini share ke media social kamu dan teman – teman kamu. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima Kasih.