Cara Menghilangkan Rasa Pahit Di Lidah

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Di Lidah
Cara Menghilangkan Rasa Pahit Di Lidah

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Di Lidah – Indra manusia dibagi menjadi 5 jenis yaitu, pengelihat (mata), pendengar (kuping), pencium (hidung), peraba (kulit), dan pengecap (lidah). Kelima indra tersebut sangat penting bagi hidup manusia, dengan tidak adanya salah satu indra maka dicap sebagai tuna. Indera yang berguna untuk merasakan makanan adalah pengecap atau lidah.

Lidah berfungsi merasakan jenis rasa yang berbeda pada makanan yang dimakan. Sehingga kita bisa tahu rasa apa yang ada di masakan tersebut, seperti manis, asam, pedas, asin, dan pahit. Rasa yang tidak disukai kebanyakan orang adalah pahit. Banyak orang yang tidak mau minum obat tradisional karena rasanya yang sangat pahit.

Rasa pahit memang menjadi salah satu rasa yang tidak disukai oleh banyak orang. Namun apabila orang sedang sakit pasti lidahnya tidak terlalu peka terhadap rasa. Biasanya lebih cenderung merasakan rasa pahit pada semua makanan yang dimakan. Hal tersebut umum ditemukan pada orang yang sedang sakit, seperti demam, tipes, atau yang lainnya.

Penyebab Lidah Terasa Pahit Ketika Sakit

Lidah terasa pahit terus dan tidak tahu cara menghilangkannya, kami akan menjelaskan penyebab lidah terasa pahit dan cara menghilankannya. Saat kamu sedang sakit lidah lebih peka terhadap rasa pahit. Apabila kamu mengalami sakit seperti infeksi atau peradangan kadar protein tertentu dalam tubuh pasti naik. Salah satu jenis protein yang meningkat dalam tubuh adalah TNF-α.

Protein tersebut sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit yang menyerang. Akibat proten TNF-α yang meningkat menyebabkan indra pengecap kamu merasakan rasa pahit terus. Protein tersebut mengaktifkan sel-sel tertentu untuk mengecap rasa pahit di lidah.

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Di Lidah Saat Sakit

Dibalik lidah yang terasa pahit pasti ada cara untuk menghilangkan rasa pahit tersebut. Ada beberapa cara menghilangkan rasa pahit di lidah yang akan kami jelaskan berikut ini. Alat dan bahan yang digunakan untuk menghilangkan rasa pahit tidak berbahaya untuk tubuh kamu. Berikut adalah penjelasan tentang cara menghilangkan rasa pahit di lidah dengan bahan alami.

1. Jeruk

Makan buah yang mengandung vitamin c yang tinggi dapat menghilangkan rasa pahit di lidah. Salah satu buah yang memiliki vitamin c jeruk atau lemon. Kedua buah tersebut sangat bagus untuk menghilangkan rasa pahit di lidah. Karena asam merupakan salah satu rasa yang sangat tajam ketika terkena lidah.

2. Soda kue

Baking soda dapat menghilangkan rasa pahit di lidah kamu. Karena dapat menetralisir rasa pahit di lidah. Caranya campurkan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam di air hangat. Kemudian aduk hingga tercampur, setelah itu kumur dengan air tersebut.

3. Sikat lidah

Lidah kamu pasti belum pernah kamu bersihkan, hal tersebut dapat membuat lidah terasa pahit. Dengan menyikat lidah bisa menghilangkan bakteri yang tumbuh pada lidah dan gusi. Secara perlahan akan menghilangkan rasa pahit yang ada di lidah kamu.

4. Hindari makanan berlemak, asam, dan pedas

Makanan yang memiliki rasa yang berlebihan seperti asam dan pedas. Karena dapat membuat asam lambung naik. Dengan memicu asam lambung naik pasti akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja. Sehingga bisa membuat lidah pahit.

5. Jaga kebersihan mulut

Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan mulut kamu. Dengan menjaga kebersihan mulut maka bakteri yang ada di mulut bisa hilang. Sehingga kamu aman terhadap penyakit yang ingin menyerang kamu. Jagalah kebersihan mulut dengan sikat gigi, sikat lidah, berkumur, dan banyak minum air.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa pahit di lidah saat sakit melanda. Cara diatas memang sangat mudah untuk kamu lakukan. Tidak perlu obat atau bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Cara alami tersebut dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Jagalah kebersihan diri kamu sebelum banyak penyakit yang menyerang kamu.

Dengan menjaga kesehatan mulut maka makanan yang masuk juga bisa dikurangi zat negatifnya. Sehingga bisa terhindari dari berbagai macam penyakit dan juga rasa pahit yang mengganggu. Semoga artikel ini bisa membantu kamu semua dalam mencari apa yang dicari. Terima kasih sudah membaca artikel ini.