Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Cara menghilangkan bekas luka bakar

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar – Kulit manusia memang sangat sensitif dengan hal yang sangat tajam, panas, dingin, dan lain – lain. Kulit manusia terdiri dari beberapa lapis yang menjadi satu, sehingga menjadi kulit manusia. Manusia sering terkena kecelakaan entah ringan maupu berat, Namanya juga manusia. Luka bakar merupakan luka akibat kena benda panas atau yang terbakar seperti api atau knalpot. Pasti Anda punya luka bakar waktu Anda masih kecil, dan mungkin sekarang masih ada.

Luka bakar sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu luka bakar tingkat satu, luka bakar tingkat dua, dan luka bakar tingkat tiga. Simak penjelasan luka bakar menurut tingkat.

Tingkat Satu

Luka bakar tingkat satu merupakan luka bakar yang baru mengenai lapisan luar kulit manusia. Luka hanya timbul di bagian permukaan kulit, warna kulit menjadi merah dan rasa nyeri. Pada luka bakar tingkat satu tidak menginggalkan bekas luka bakar.

Luka bakar ini bisa ditangani dengan penanganan ringan, dan jika tidak hilang hanya menginggalkan sedikit luka bakar ringan.Luka bakar tingkat ini peyembuhannya hanya kurang lebih 6 hari atau seminggu. Jadi luka bakar tingkat satu tergolong ringan. Hanya membutuhkan pengobatan apotik saja atau yang lainnya.

Tingkat Dua

Luka bakar tingkat dua jenis luka bakar yang tembus ke bagian bawah lapisan luar. Sehingga pada luka bakar ini paling sakit, dengan ditandai gelembung pada kulit, munculnya cairan nanah, bengkak, bisa jadi kulit berwarna putih.

Luka bakar jenis ini akan meninggalkan bekas luka bakar apabila sudah sembuh. Namun tergantung juga pada penangannya saat terkena luka bakar. Dan penyembuhan luka bakar tingkat dua ini membutuhkan waktu paling tidak 2-3 minggu untuk sembuh. Juga tergantung pada pengobatannya.

Tingkat Tiga

Luka bakar tingkat tiga merupakan luka bakar paling parah dan pasti meninggalkan bekas luka bakar. Luka bakar jenis ini harus mendapatkan penanganan medis serius. Harus dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Pada luka bakar jenis ini tembus ke bagian tulang dan tendon, sehingga  warna kulit berubah menjadi hitam pekat atau hangus. Bagian yang terkena luka bakar ini akan mengalami mati rasa karena saraf kulit terkena luka. Bekas luka bakar yang ditimbulkan akan permanen dan tidak bisa dihapus.

Untuk luka bakar tingkat satu dan dua masih bisa dihilangkan dengan cara menghilangkan luka bakar dibawah ini. Nah, bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar tersebut? Ada bermacam – macam cara menghilangkan bekas luka bakar. Orang – orang biasanya belum mengetahui cara – cara menghilangkan bekas luka bakar yang sudah lama.

Saat terkena luka bakar pasti setiap orang mencari air untuk mendinginkannya. Setelah itu harus segera diobati agar tidak meninggalkan luka bakar. Apa saja cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga :

Cara Menggunakan Susu Beruang Untuk Wajah

Manfaat Daun Mint

Manfaat Buah Plum

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami

·         Madu

Madu merupakan cairan paling bermanfaat selain air, madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri. Kandungan dalam madu bisa mempercepat regenerasi sel – sel pada kulit. Mengoleskan madu pada bekas luka bakar bisa membersihkan dan menyembuhkan area yang terkena luka.

 

Selain itu madu juga bisa mengurangi rasa sakit, serta menyamarkan bekas luka bakar. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa madu merupakan obat alami yang ampuh menyembuhkan luka bakar. Bahkan lebih cepat daripada krim antibiotic tradisional dan kain kasa.

·         Lidah buaya

Selama ribuan tahun lidah buaya telah digunakan sebagai obat medis pertama. Gel dalam lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Selain itu gel atau getah lidah buaya dapat menghilangkan rasa sakit, dan bengkak.

 

Lidah buaya terbukti secara penelitian dapat menyembuhkan luka bakar dengan cepat. Dan lidah buaya merupakan tanaman alami yang bisa dijadikan obat penyembuhan herbal. Cara menghilangkan bekas luka bakar yang sudah lama dengan lidah buaya efektif.

·         Minyak lavender

Tanaman lavender selain bisa mengusir nyamuk juga bisa menyembuhkan bekas luka bakar. Tanaman ini memiliki minyak lavender yang mengandung anti bakteri sehingga menghilangkan rasa sakit. Dua – tiga tetes minyak lavender bisa menghilangkan jaringan parut yang terbentuk.

 

Dalam penggunaan obat minyak lavender ini harus berhati – hati karena bisa menimbulkan rasa menenangkan. Sebelum oleskan pada bekas luka bakar, campurkan dahulu dengan 1 – 2 tetes minyak lain. Seperti minyak zaitun dan minyak baby oil.

·         Susu atau yoghurt

Susu dan yoghurt dapat membantu menyembuhkan bekas luka bakar secara alami. Karena susu dan yohurt terbuat dari hasil perasan sapi murni dan termasuk jenis hewani. Susu mengandung vitamin K yang bermanfaat pada tulang.

 

Cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami dengan susu dan yoghurt ini tidak boleh sembarang susu. Karena membutuhkan susu skim atau susu tanpa lemak. Setelah itu tuangkan susu dingin pada wilayah luka.

·         Air dingin

Salah satu penganganan pertama yaitu dengan menggunakan air dingin. Luka bakar dapat dibasuh dengan air dingin. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. Selain mengurangi rasa sakit air dingin bisa mencegah pertambahan luka bakar.

 

Namun dalam menggunakan air sebaiknya gunakan air yang siap minum atau matang. Untuk menghindari bakteri yang berbahaya. Apabila tidak memungkinkan air kran biasa. Dan jangan menggunakan es karena bisa menyebabkan kerusakan nadi.

·         Kentang dan mentimun

Kentang dan mentimun merupakan tanaman yang digunakan untuk makan sehari – hari. Bahan alami tersebut dapat menghilangkan panas akibat luka bakar karena diserap oleh kedua sayuran tersebut.

 

Cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam menggunakan sayuran ini yaitu dengan menghaluskan kedua bahan tersebut. Namun sebelum dihaluskan harus dicuci dan dikupas kulitnya. Kemudian oleskan pada bagian bekas luka bakar di kulit. Cara menghilangkan luka bakar yang menghitam dengan menggunakan ini.

·         Tea tree

Tea tree adalah pengobatan anti mikroba dan anti inflamasi yang efektif. Tea tree merupakan obat seperti salep luka bakar, dan ini merupakan bahan alami. Antiseptik yang efektif ini dapat menghilangkan memar dan dapat menghilangkan bekas luka.

 

Untuk memar atau cedera secara topical dapat menggunakan tea tree dan mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan bekas luka bakar. Tea tree merupakan bahan kimia yang baik digunakan untuk menyembuhkan bekas luka.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar yang efektif dan menggunakan bahan alami. Semoga bisa menginformasikan cara menghilangkan bekas luka bakar yang baik dan benar kepada para pembaca. Jika ada kesalahan mohon koreksinya di komentar agar dapat memperbaikinya.

Jangan lupa untuk terus share ke media social kamu untu membantu kami membuat konten yang lebih baik lagi. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Semoga artikel cara menghilangkan bekas luka bakar bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.