Cara Menggunakan Rufus

Cara Menggunakan Rufus РSekarang ini banyak orang yang menginstal ulang laptop dengan flashdisk. Dan itu menguntungkan jasa instal ulang laptop, karena tidak memerlukan CD. Instal ulang bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti terkena virus atau ada yang rusak. Sehingga harus menginstal ulang windows atau os kamu.

Ada banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk menginstal ulang laptop kamu. Pertama kamu bisa membeli windows original dengan harga yang mahal atau menggunakan bajakan. Saya sarankan untuk menggunakan original karena itu bisa membuat peforma laptop menjadi lebih baik.

Tetapi kebanyakan windows sekarang ini adalah bajakan semua, karena yang bajakan itu lebih murah bahkan gratis. Kamu bisa mendownload sistem operasi windows di internet. Sudah banyak website yang menggunggah windows bajakan di internet.

Dengan media flashdisk saja kamu sudah bisa melakukan instal ulang laptop dengan mudahnya. Aplikasi untuk membuat flashdisk menjadi bootable adalah rufus. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa mengubah format flashdisk menjadi bootable.

Berikut adalah tutorial cara menggunakan rufus yang baik dan benar. Ada berbagai macam menu dan fungsi yang berbeda-beda. Kami akan memberikan penjelasan tentang menu dan fungsi tersebut. Baca dan simak tutorial cara menggungakan rufus di bawah ini.

Tutorial Cara Bootable Dengan Rufus

Banyak sekali orang yang mencoba menginstal ulang laptop mereka sendiri. Hal itu karena sekarang tidak memerlukan CD lagi untuk menginstal ulang. Yang dibutuhkan hanya flashdisk dan file ISO.

Kamu bisa membuat flashdisk kamu menjadi bootable, sehingga bisa melakukan instal ulang dengan cepat. Dengan menggunakan rufus kamu bisa membuat bootable secara cepat. Ada berbagai settingan yang bisa kamu atur sendiri untuk sistem operasi kamu. Simak penjelasan tentang cara menggunakan rufus berikut ini.

  1. Pertama-tama kamu harus download dan instal rufus.
  2. Setelah itu kamu tancapkan flashdisk kamu ke laptop yang sudah diinstal aplikasi rufus..
  3. Buka aplikasi rufus kemudian tunggu hingga flashdisk terbaca. Secara otomatis biasanya langsung terbaca.
  4. Pada kolom Device merupakan nama atau merk flashdisk kamu. Kemduian kolom Partition scheme and target system type merupakan jenis bootablenya. Kamu bisa memiliki MBR atau GPT. File System bisa kamu pilih NTFS, FAT32, atau exfat. 
  5. Kemudian kamu klik gambar DVD untuk memilih ISO atau sistem operasinya.
  6. Maka secara otomatis nama beserta file system akan berubah secara langsung. Kamu bisa merubah Nama Flashdisk kamu sesuai keinginan di Name Volume Label.
  7. Setelah melakukan penyetingan kamu bisa langsung klik Start untuk memulai proses membuat bootablenya.
  8. Akan muncul notifikasi tentang Apakah kamu yaking menghapus file dalam flashdisk tersebut?. Klik saja yes.
  9. Tunggu hingga proses selesai, sampai hijau semua.
  10. Akan terdengar bunyi atau pop up selesai.

Itulah cara menggunakan rufus yang bisa membuat bootable dengan mudah. Jika sudah selesai maka kamu siap untuk menginstal ulang laptop kamu. Akan lebih mudah jika kamu sudah mendownload isonya terlebih dahulu. Note: sebaiknya kamu pindahkan data flashdisk ke local disk dahulu. Karena akan di format oleh aplikasi rufus.

Demikian artikel tentang cara menggunakan aplikasi rufus ini yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua orang yang membacanya. Share ke sosial media dan teman-teman kamu untuk membantu kami berkembang. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru. Terima kasih telah membaca artikel ini.