Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal – Saat kita makan pasti harus melewati tenggorokan terlebih dahulu sehingga bisa sampai pada lambung. Tenggorokan ini biasanya yang paling sering terkena berbagai masalah. Hal tersebut diakibatkan dengan makanan yang beragam seperti berkuah, berminyak, dan lain-lain. Sehingga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti batuk, gatal tenggorokan, bahkan radang.

Yang biasa terjadi pada semua orang yaitu tenggorokan gatal atau batuk, hal itu memang sudah biasa dialami banyak orang. Saat mengalami hal tersebut memang membuat nafsu makan berkurang atau hilang. Karena saat kita menelan makanan tersebut akan merasakan gatal pada tenggorokan kita.

Tenggorokan gatal terjadi karena beberapa penyebab, seperti alergi, cuaca, atau udara berpolusi. Itu merupakan sedikit penyebab dari banyak penyebab tenggorokan gatal. Sebisa mungkin kamu hindari penyebab tenggorokan gatal tersebut, karena bisa membuat tenggorokan kamu gatal.

Penyebab Tenggorokan Gatal

  • Alergi

Untuk mengatasi tenggorokan gatal yang diakibatkan oleh alergi, kamu harus mengetahui apa yang menyebabkan alergi dan menghindarinya. Ketika tidak mungkin untuk menghindari alergi, seperti serbuk sari di udara, obat-obatan yang termasuk antihistamin dapat membantu mengurangi iritasi.

  • Infeksi sinus

Infeksi sinus atau dikenal sinusitis, merupakan penyebab umum lain dari tenggorokan yang gatal. Jika flu berlangsung selama lebih dari 10 hari, atau mulai menjadi lebih baik. Tapi kemudian memburuk lagi, ini bisa berarti bahwa kamu telah terinfeksi sinus.

Infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dapat diatasi dengan antibiotic. Sementara infeksi virus ini dapat ditangani dengan penghilang rasa sakit yang dijual apotek.

  • Dehidrasi

Meningkatkan produksi air liur dapat membantu meringankan gejala dehidrasi dan menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan yang disebabkannya.

Penggunaan humidifier sebagai penambah kelembapan udara juga bisa mengatasi tenggorokan gatal yang disebabkan dehidrasi. Selain itu, kamu perlu meningkatkan minum air putih hangat untuk meringankan gejala gatal tenggorokan

  • Debu

Faktor lingkungan, seperti debu, polusi udara, dan asap rokok, bisa menyebabkan tenggorokan gatal. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi tenggorokan gatal adalah dengan berhenti merokok dan membatasi terkena asap.

  • Asma

Asma merupakan kondisi paru-paru kronis yang di mana saluran udara menjadi meradang dan menyempit, sehingga sulit untuk mengambil nafas.

Bagi beberapa orang, tenggorokan gatal dan batuk kronis merupakan gejala utama dari asma. Orang dengan penyakit asma perlu mengikuti rekomendasi perawatan dari dokter yang dapat mengendalikan gejalanya.

Ada cara mengatasi tenggorokan gatal yang sangat mudah kamu coba sendiri. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tenggorokan gatal. Sehingga kamu bisa cepat sembuh dengan berbagai macam cara mengobati tenggorokan kamu tersebut. Simak lebih lanjut pembahasan tentang cara mengatasi tenggorokan gatal berikut ini.

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dan Batuk

Batuk juga bisa disebabkan karena tenggorokan gatal, sehingga mungkin saja bisa berakibat batuk apabila tidak disembuhkan. Itulah mengapa kamu perlu mengatasi tenggorokan gatal apabila menyerang kamu. Berikut adalah cara mengatasi tenggorokan gatal dan batuk dengan cepat serta mudah.

·         Berkumur dengan air garam

Air garam memiliki kandungan yodium yang tinggi sehingga bisa membunuh kuman atau bakteri dalam mulut. Bakteri atau kuman di tenggorokan disebabkan oleh banyaknya kuman di daerah mulut. Kamu bisa berkumur dengan air garam untuk mengurangi gatal pada tenggorokan kamu.

·         Minum obat penyegar tenggorokan

Cara cepat mengatasi gatal tenggorokan yaitu dengan minum obat penyegar tenggorokan. Sekarang ini sudah banyak sekali obat yang bisa kamu temukan di apotek terdekat. Kamu bisa dengan cepat menghilangkan gatal tenggorokan menggunakan obat tersebut.

·         Minum jahe

Jahe merupakan obat alami yang bisa menyembuhkan berbagai macam hal. Salah satu manfaat jahe bisa menghangatkan tubuh kamu. Rasa pedas yang menyerang hidung juga sangat bagus untuk kesehatan tenggorokan. Kamu bisa mengkonsumsi susu jahe, stmj, atau yang lainnya.

Cara Mengatasi Batuk Yang Gatal Di Tenggorokan

Batuk bisa disebabkan berbagai macam hal seperti bakteri atau kuman yang menyerang tubuh. Demam tinggi atau flu parah yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara mengatasi batuk yang gatal di tenggorokan di bawah ini.

·         Madu

Madu juga merupakan minuman yang dihasilkan oleh alam seperti jahe atau tumbuhan lainnya. Khasiat madu sangatlah banyak untuk kesehatan dan juga kecantikan wajah. Kamu bisa mendapatkan madu murni di pasar tradisional. Dengan mengkonsumsi madu juga bisa mengatasi batuk akibat tenggorokan gatal.

·         Lemon

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan memiliki rasa asam yang tinggi. Dengan mengkonsumsi air lemon kamu bisa melegakan tenggorokan yang gatal tersebut. Untuk mengurangi rasa asam kamu bisa mencampurkan dengan teh atau sedikit gula. Vitamin C ini bisa menyehatkan tenggorokan kamu secara alami.

·         Teh madu & lemon

Cara ketiga yaitu dengan mencampurkan lemon, madu, serta teh untuk di minum. Dengan mencampurkan tiga bahan tersebut bisa membuat tenggorokan kamu segar kembali secara alami. Teh hangat dapat menghangatkan tubuh dari kedinginan, selain itu juga memiliki banyak khasiat. Kamu bisa menkonsumsi minuman ini untuk melegakan tenggorokan.

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami

Jika kamu ingin mengatasi tenggorokan gatal secara alami dan cepat bisa melakukan cara di bawah ini. Tetapi tenggorokan gatal apabila tidak terlalu parah bisa sembuh dalam waktu kurang lebih seminggu. Sehingga kamu tidak perlu pergi ke dokter atau puskesmas kecuali penyakit tersebut tidak sembuh-sembuh. Berikut adalah cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami.

·         Istirahat ekstra

Istirahat adalah cara alami paling ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Saat kamu sedang tidak enak badan juga perlu istirahat ekstra untuk bisa cepat sembuh. Dengan beristirahat tenaga serta otak akan kembali segar kembali. Istirahat juga bisa mengatasi tenggorokan gatal secara alami.

·         Minum teh panas

Teh panas juga dapat menjadi obat alami untuk menyehatkan tubuh kamu sehingga tidak terserang berbagai penyakit. Teh panas memiliki rasa yang enak dan menenangkan pikiran sejenak. Dengan mengkonsumsi teh panas kamu bisa berpikir dengan jernih kembali. Teh panas juga bisa melegakan tenggorokan yang gatal.

·         Banyak minum air putih

Kamu pasti belum tahu bahwa air putih merupakan salah satu obat alami yang sangat ampuh menghilangkan berbagai penyakit. Dengan banyak minum air putih, racun yang ada di dalam tubuh bisa cepat keluar. Hal itu dikarenakan ginjal akan terus mengalirkan air yang akan menjadi urine secara cepat. Minum air putih juga bisa menyehatkan tenggorokan.

Demikian cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bisa berguna. Tenggorokan gatal memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebaiknya kamu hindari berbagai hal yang bisa menyebabkan tenggorokan kamu gatal atau batuk. Banyak orang yang memiliki sistem metabolisme yang kuat dan lemah, sebaiknya jaga kesehatan tubuh kamu.

Itulah beberapa cara mengatasi tenggorokan gatal yang bisa kami sampaikan kepada kamu semuanya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share ke social media dan teman-teman kamu untuk membantu kami berkembang. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru. Terima kasih telah membaca artikel ini.