Cara Mengatasi Laptop Panas

Cara Mengatasi Laptop Panas
Cara Mengatasi Laptop Panas

Cara Mengatasi Laptop Panas – Sekarang ini banyak anak muda yang banyak mempunyai gadget ketimbang komputer atau pc. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya laptop yang cepat rusak ketimbang gadget. Sehingga membuat gadget menjadi pilihan utama ketimbang laptop atau pc. Selain itu gadget bisa digunakan seperti pc atau laptop yang memiliki kemampuan edit, game, dan lain-lain.

Salah satu kekurangan laptop yaitu cepat panas atau sering rusak apabila menjalankan aplikasi yang berat. Laptop atau pc juga tidak bertahan lama, karena banyak aplikasi yang berkembang dengan update tinggi. Sehingga membuat spek laptop harus ditingkatkan atau upgrade ke yang lebih besar lagi.

Pada umumnya laptop jika digunakan secara terus menerus bahkan sampai berhari-hari itu akan menyiksa laptop tersebut. Selain itu akan membuat laptop cepat panas dan kemudian bisa terjadi mati total karena terlalu panas. Cara mengatasi laptop panas juga sangat bervariasi dan beragam cara yang bisa kamu gunakan.

Dalam pembahasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi laptop panas dengan baik dan benar. Ada beberapa cara mengatasi laptop panas yang mengakibatkan laptop tersebut mati. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang cara mengatasi laptop panas bisa simak di bawah ini.

Penyebab Laptop Panas

Setiap masalah pasti ada penyebabnya, masalah laptop panas juga mempunyai beberapa penyebab khusus. Ada banyak penyebab laptop panas yang bisa menjadi solusi perbaikan laptop kamu. Simak pembahasan lebih lanjut tentang penyebab laptop panas di bawah ini.

· Kipas atau heatsink kotor

Kipas atau heatsink merupakan pendingin atau colling fan utama dari sebuah laptop atau pc. Jika kipas atau heatsink ini kotor maka bisa mengakibatkan laptop panas dan lemot, bisa juga mati total. Bersihkan kipas atau heatsink apabila terlihat kotor dan banyak sekali debu yang menempel.

· Ventilasi udara tertutup debu

Ventilasi atau saluran pembuangan udara panas pada laptop juga perlu di perhatikan, karena bisa mengganggu pendinginan. Untuk membersihkan ventilasi udara kamu bisa mencopot casing pada laptop. Sehingga aliran atau pendinginan laptop berjalan dengan lancar.

· Thermal pasta kering

Thermal pasta merupakan cairan untuk prosesor agar tidak cepat panas dan tahan lama. Pasta ini persis sekali dengan pasta gigi, namun memiliki fungsi yang berbeda. Jika pasta thermal kamu kering juga bisa mengakibatkan laptop panas dan lemot. Apabila dirasa sudah kering bisa diganti dengan yang baru.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Hampir semua laptop pernah mengalami panas yang sangat tinggi atau overheat. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan berbagai macam cara. Laptop panas memang sangat mengkhawatirkan karena bisa menyebabkan laptop atau pc tersebut mati total. Ada berbagai macam cara untuk mengatasi laptop cepat panas di bawah ini.

· Bersihkan sirkulasi udara

Sirkulasi udara untuk alat ekeltronik atau device memang diperlukan untuk membuang udara panas dalam mesin. Sebagai salah satu contoh yaitu komputer server, pasti membutuhkan udara dingin yang banyak. Hal tersebut dikarenakan saat mesin bekerja akan mengeluarkan tenaga yang besar itu yang membuat mesin panas.

Jangan sering bermain laptop di kasur, karpet, atau alasan yang berdebu. Karena itu akan masuk ke dalam kipas atau heatsink dan mengganggu pendinginan. Jika merasa laptop kamu panas bisa mengecek langsung kipas atau heatsink kotor atau tidak.

· Gunakan colling pad/kipas

Pasang pendingin atau colling pad untuk membantu mendinginkan laptop panas. Cara mengatasi laptop panas ini bisa di bilang sangat mudah. Karena ini merupakan cara mengatasi laptop panas tahap awal untuk mendinginkannya. Sehingga mudah kamu lakukan, biasanya banyak yang menjual kipas atau colling pad.

Cara mengatasi laptop yang panas ini bisa membuat laptop kamu cepat dingin. Tahap awal yang mudah kamu lakukan apabila mengalami laptop panas dengan cepat. Dengan menggunakan colling pad/kipas laptop kamu akan dingin dengan perlahan. Sehingga bisa membuat laptop kamu bisa dingin kembali atau normal.

· Istirahatkan laptop

Kamu bisa mengistirahatkan laptop kamu terlebih dahulu apabila laptop kamu mengalami pasa atau overheating. Dengan mengistirahatkan laptop, kamu bisa menghemat waktu hidup dan menghindari kerusakan fatal. Dengan langkah awal ini bisa membuat daya tahan laptop menjadi tambah lama dan tidak panas lagi.

Banyak laptop yang digunakan terus menerus sehingga tidak mendapat istirahat yang baik. Jika digunakan secara terus menerus bisa merusak laptop dan membahayakan pengguna. Karena laptop yang panas bisa mengakibatkan ledakan hebat. Sebaiknya kamu istirahatkan saja laptop jika sudah lama digunakan.

· Tambah thermal pasta

Pasta thermal memang sangat membantu untuk meredakan laptop yang panas. Karena bisa mengurangi panas pada prosesor laptop. Sehingga akan membuat laptop tetap dingin dan tahan lama untuk digunakan. Thermal pasta juga bisa membantu menyalurkan panas prosesor ke kipas atau pendingin.

Hindari juga untuk tidak terlalu lama memakai laptop karena bisa mengakibatkan pasta thermal kering. Sehingga panas laptop tidak bisa dikurangi atau padamkan, jika merasa pasta thermal sudah kering bisa diganti atau tambah. Dengan menambah pasta thermal pada prosesor laptop akan berjalan dengan baik dan lancar.

· Bersihkan heatsink

Heatsink juga berfungsi mendinginkan laptop agar tidak panas, sehingga perlu di perhatian pula heatsink tersebut. Apabila laptop terasa panas kamu bisa mengecek heatsink apakah kotor atau terhalang sesuatu. Karena bisa jadi lubang heatsink tertutup oleh debu yang menumpuk sehingga perlu di bersihkan.

Saat membersihkan heatsink juga perlu kamu perhatikan aliran udara dalam laptop tersebut. Jika ada aliran pendingin udara yang terganggu kamu bisa membersihkannya kembali dengan cepat. Heatsink yang kotor bisa menjadi masalah laptop yang panas karena akan mengganggu kerja laptop tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Mati Sendiri

Kamu bisa menggunakan cara di atas untuk mengatasi laptop panas dan mati sendiri. Ketahui dahulu penyebab laptop kamu panas, jika sudah kamu ketahui bisa menggunakan cara mengatasi laptop panas yang tepat. Banyak sekali orang yang tidak tahu penyebab laptop panas dan cara mengatasinya. Walau hanya kipas yang berdebu tetapi harga service atau perbaikan juga lumayan.

Itulah beberpa cara mengatasi laptop yang panas menggunakan berbagai macam cara diatas. Dengan demikian cara tersebut bisa kamu lakukan sendiri apabila laptop kamu terasa panas. Sebaiknya kamu jaga laptop kamu agar tidak rusak dan cepat panas, hindari ruangan berdebu karena bisa menyebabkan rusak.

Demikian artikel cara mengatasi laptop panas yang dapat kami sampaikan kepada kamu semuanya. Semoga dengan cara tersebut kamu bisa membuat laptop panas kamu menjadi normal kembali. Karena jika terlalu panas bisa menyebabkan laptop kamu rusak dan tidak bisa hidup alias mati. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*