Cara Mengatasi Kesemutan

Cara Mengatasi Kesemutan – Setiap orang pasti pernah mengalami keram atau kesemutan. Kesemutan bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, bahkan saat kamu sedang berdiam diri juga bisa. Kebanyakan kesemutan menyerang saat sedang duduk atau setelah duduk. Penyebab dari kesemutan ini sangat banyak, sehingga ada kesemutan yang sementara dan ada yang berkepanjangan.

Kesemutan atau dalam bahasa medisnya adalah parestesia, merupakan gejala mati rasa atau geli yang bersamaan dengan rasa seperti tertusuk jarum. Ini biasanya terjadi karena ada yang mengganggu saraf atau aliran darah. Sehingga aliran atau saraf tersebut tidak lancar atau normal. Kebanyakan kesemutan terjadi hanya sementara, namun ada juga yang berkepanjangan.

Parestesia kronis bisa dibilang kesemutan berkepanjangan bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu. Ada banyak sekali penyebab kesemutan semantara dan kronis. Kami akan memberikan penjelasan penyebab kesemutan semantara dan kronis dibawah ini.

Penyebab Kesemutan

Setiap masalah atau penyakit pasti ada penyebabnya. Bahkan kesemutan sekalipun pasti ada penyebabnya. Berikut kami jelaskan tentang penyebab kesemutan sementara dan kronis.

Penyebab Kesemutan Sementara

Kesemutan sementara tidak hanya menyerang bagian tangan dan kaki saja, tetapi seluruh tubuh kamu. Hal tersebut disebabkan ada tekanan yang terlalu lama seperti kaku ata menahan benda. Ini membuat aliran atau pasokan darah ke saraf di bagian tersebut menjadi terhambat.

Salah satu contoh adalah ketika kamu berdiri setelah duduk sila, menggunakan sepatu terlalu keci. Contoh kesemutan pada tangan yaitu tidur dengan posisi tangan tertindih badan. Maka setelah bangun akan terasa kesemutan atau mati rasa.

Dari namanya juga sementara berarti kesemutan ini hanya terjadi sementara. Karena sementara pasti bisa pulih atau sembuh dengan cepat. Kamu hanya perlu membebaskan tekanan yang ada di daerah kesemutan. Seperti meluruskan tangan atau kak yang bersila dan tertindih. Dengan melakukan hal tersebut maka kesemutan akan hilang secara perlahan.

Penyabab Kesemutan Berkepanjangan

Kesemutan ini berarti terjadi secara terus menerus dan tidak bisa hilang dengan sendirinya. Kesemutan ini biasa berhubungan dengan kondisi kesehatan kamu. Misalnya seperti penderita diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, kanker, stroke, tumor otak, kompresi saraf ulnaris atau yang lainnya.

Selain hal diatas juga ada penyebab dari luar seperti obat-obatan yang kamu konsumsi. Bisa saja seperti obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi kanker payudara dan limofa. Juga bisa disebabkan oleh obat HIV/AIDS, anti kejang, dan obat antibiotik.

Kesemutan berkepanjangan juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Akibat pola hidup yang tidak sehat tersebut maka membuat kesemutan berkepanjangan. Pola makan yang buruk, kekurangan vitamin, dan mengkonsumsi minuman yang beralkohol secara berlebihan.

Cara Mengatasi Kesemutan

Segala masalah pasti memiliki solusi untuk menyelesaikannya. Seperti halnya dengan penyakit kesemutan juga bisa diatasi. Ada banyak cara mengatasi kesemutan yang kamu rasakan. Kamu bisa menggunakan cara mengatasi kesemutan ini untuk menyembuhkan kesemutan kamu. Apa saja cara mengatasi kesemutan yang dapat kamu praktekan? Simak penjelasannya berikut ini.

Namun kali ini ada dua cara mengatasi kesemutan yaitu cara mengatasi kesemutan pada tangan dan cara mengatasi kesemutan di kaki. Kedua cara tersebut akan kami jelaskan dengan benar dan jelas. Silahkan kamu baca dengan seksama cara mengatasi kesemutan di bawah ini.

Cara Mengatasi Kesemutan Pada Tangan

Kesemutan pada tangan ini pasti sering terjadi. Karena tangan juga banyak melakukan aktivitas harian. Seperti mengangkan beban berat dan yang lainnya. Tidak usah khawatir dengan kesemutan pada tangan. Berikut adalah cara mengatasi kesemutan pada tangan yang mudah dilakukan.

  1. Istirahatkan tangan

Tangan juga perlu disitirahakan karena terlalu banyak bekerja atau berkativitas. Saat kamu mengalami kesemutan atau kram pada tangan bisa mengistirahatkannya terlebih dahulu. Dengan cara mengatasi kesemutan ini bisa menghilangkan kram atau kesemutan dengan cepat.

  • Regakan kedua tangan

Jika mengalami kesemutan kamu bisa meregakan kedua tangan. Dengan hal tersebut bisa membuat otot atau saraf menjadi lebih fleksibel. Kamu bisa menekan telapak tangan ke lantai selama 5 detik. Dengan cara ini kamu bisa menghilangkan kram atau kesemutan dengan cepat.

  • Lemaskan tangan

Tangan juga perlu dilemaskan atau di gerakan. Karena tangan yang kaku atau terlalu lelah akan membebani bahu. Sebaiknya juga sudah terasa pegal pada bahu lemaskan kedua tangan. Setelah rasa pegal itu hilang kamu bisa melanjutkan kembali aktivitas kamu seperti biasa.

  • Banyak minum air putih

Air putih memang sangat dibutuhkan oleh manusia. Karena 90 persen tubuh manusia terdiri dari mineral. Jadi manusia membutuhkan setidaknya 1 hari 1 liter air minum. Jika jarang minum air putih juga bisa terkena kesemutan dengan mudah. Maka perbanyaklah minum air putih.

  • Membunyikan jari

Jika dirasa jari-jari terasa kram atau kesemutan kamu bisa membunyikan jari untuk melemaskannya. Dengan membunyikan jari maka akan melemaskan otot jari sehingga cepat menghilangkan kesemutan. Cara mengatasi kesemutan pada tangan ini sangat ampuh.

Itulah beberapa cara mengatasi tangan kesemutan dan kaku yang dapat kami sampaikan. Jika kamu mengalami kram atau kesemutan di kaki bisa baca dibawah ini. Simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

Cara Mengatasi Kesemutan Di Kaki

Kesemutan pada kaki pasti sering terjadi karena kaki merupakan bagian tubuh yang sering bergerak. Dengan kaki kamu bisa jalan kesana dan kemari itu membuat kaki perlu istirahat. Kesemutan pada kaki bisa disebabkan oleh aliran darah yang tertekan. Seperti saat kamu buang air besar di wc duduk pasti akan terasa kesemutan bila terlalu lama.

Berikut adalah cara mengatasi kesemutan di kaki yang dapat kamu lakukan. Simak lebih lanjut pembahasan tentang cara mengatasi kesemutan di kaki di bawah ini.

  • Luruskan kaki

Saat kaki kamu terasa kram atau kesemutan kamu bisa meluruskan kaki. Dengan meluruskan kaki maka aliran darah pada kaki akan lancar kembali. Sehingga bisa menghilangkan kesemutan di kaki.

  • Kompres kaki

Jika masih terasa kesemutannya dan tidak hilang kamu bisa mengkompres kaki kamu. Dengan begitu otot akan lemas dan normal kembali. Inilah cara mengatasi kesemutan di kaki yang bisa kamu lakukan.

  • Bunyikan jari kaki

Kamu bisa membunyikan jari kaki untuk mengatasi kesemutan di kaki kamu. Dengan membunyikan jari kaki maka otot akan rileks kembali. Kesemutan pada kaki kamu akan hilang dengan cepat.

  • Regakan pergelangan kaki

Jika kamu masih merasakan kesemutan yang berkepanjangan kamu bisa meregakan kedua kaki. Dengan melakukan ini kamu bisa mengistirahatkan kaki kamu. Sehingga rasa kram atau kesemutan akan hilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara mengatasi kesemutan dan kram pada tangan serta kaki kamu. Kesemutan atau kram memang menjadi gejala yang dapat mengganggu kamu. Apalagi bila mengalami kesemutan yang berkepanjangan, kamu harus menghubungi dokter terdekat.

Demikian artikel tentang cara mengatasi kesemutan yang dapat kami berikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share ke sosial media dan teman-teman kamu. Itu akan membantu kami terus berkembang dan membuat artikel lagi. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih telah membaca artikel ini.