Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung TersumbatHidung tersumbat merupakan salah satu hal yang dapat menghambat aktivitas karena kita sulit untuk bernafas. Apalagi saat waktu tidur tiba,kita akan sulit bernafas sehingga tidur pun tidak nyenyak. Hidung tersumbat terjadi karena adanya penyumbatan yang diakibatkan oleh pembengkakan pada saluran hidung.

Penyebab hidung tersumbat adalah penyakit  ringan seperti influenza atau pilek yang menyebabkan peradangan sehingga pembuluh darah melebar dan menimbulkan pembengkakan. Pada artikel ini,kita akan membahas bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat.

Saat mengalami hidung tersumbat biasanya kepala akan terasa pusing karena keseimbangan tubuh tidak bagus. Hal tersebut dikarenakan udara yang dihirup hidung tidak banyak atau sedikit. Sehingga aliran darah ke otak sedikit berkurang sehingga mengalami rasa sedikit pusing. Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang ampuh, berikut ini penjelasannya:

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada  Bayi

Tidak hanya orang dewasa saja yang merasa tidak nyaman saat hidung tersumbat,bayi pun demikian bahkan bayi akan rewel dan nafsu makan menurun. Hal ini akan membuat resah para orang tua. Karena bayi memiliki sistem metabolisme yang cukup rendah, sehingga rentan terkena penyakit seperti hidung tersumbat atau flu. Jadi bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi? Berikut ini adalah ulasannya:

  • Tepuk-tepuk punggung bayi

Tepuk punggung bayi secara perlahan dengan cara tengkurupkan bayi dan tepuk punggungnya  perlahan. Cara ini dapat membantu lendir yang menyumbat pada hidung keluar.

  • Tekan hidung bayi dengan lembut

Dengan menggunakan sapu tangan atau tisu basah tekan hidung bayi dengan lembut agar lendir di hidung bayi dapat keluar. Namun jangan dilakukan terlalu sering agar tidak terjadi lecet pada area hidung bayi.

  • Menggunakan uap hangat

Caranya mudah siapkan air hangat dalam baskom kecil lalu hirupkan uap nya kepada bayi,cara tersebut dapat membantu lendir tidak mengeras dan dapat dikeluarkan dengan mudah.

  •  Menggunakan balsam atau minyak kayu putih

Balsam atau minyak kayu putih juga dapat membantu mencairkan lendir yang telah mengeras. Cara penggunaannya adalah letakkan minyak kayu putih atau balsam dekat dengan hidung bayi agar aroma dari minyak kayu putih dapat dihirup bayi untuk melegakan pernafasannya.  

  • Cukupi kebutuhan cairan bayi

Saat sedang pilek bayi harus tercukupi kebutuhan cairannya untuk membuat bayi merasa lebih baik,untuk mencukupi kebutuhan cairan berikan asi atau susu formula seperti biasa.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

Saat sedang mengalami flu masalah yang sering dikeluhkan adalah hidung tersumbat. Hidung tersumbat sebelah maupun menyeluruh juga dapat menggangu aktivitas sehari-hari karena sulit untuk bernafas. Hal ini karena jaringan dan pembuluh darah disekitar hidung mengalami pembengkakan akibat lendir yang berlebih,kondisi tersebut disertai dengan keluarnya ingus.

Penyebab hidung tersumbat sebelah adalah gejala dari suatu penyakit. Pada umumnya disebabkan oleh penyakit flu,alergi atau pilek. Pada kondisi yang lebih serius penyebab hidung tersumbat adalah tumor,asma,atau kelenjar gondok yang membesar. Namun tidak usah khawatir,berikut ini adalah ulasan mengenai cara mengatasi hidung tersumbat sebelah.

  • Menghirup uap hangat

Dengan menghirup uap hangat maka akan membantu meredakan hidung tersumbat sebelah. Caranya dengan menghirup uap hangat yang dihasilkan dari air yang mendidih,lalu hiruplah dengan hati-hati. Cara lain yang bisa anda coba yaitu mandi menggunakan air hangat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan meredakan hidung tersumbat sebelah.

  • Mengkonsumsi obat medis

Mengkonsumsi obat seperti paracetamol dapat membantu meredakan hidung tersumbat sebelah. Namun harus sesuai anjuran dokter untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Minum air putih yang cukup

Dengan tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh maka akan membantu  tubuh terhidrasi dengan baik. Dengan begitu,lendir akan secara otomatis berkurang dan terhindar dari hidung tersumbat.

  • Gunakan bantal yang agak tinggi

Saat tidur hidung tersumbat sering kali terjadi dan membuat tidur tidak nyenyak. Sebaiknya gunakan bantal sedikit lebih tinggi agar lendir dapat mengalir ke dalam tenggorokan dan terhindar dari hidung tersumbat sebelah.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Ibu Hamil

Flu merupakan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Flu dapat sembuh dengan sendirinya namun hidung yang tersumbat akan mengganggu aktivitas anda.  Pada kondisi hamil sebaiknya harus lebih berhati-hati saat mengkonsumsi obat dan lebih disarankan mengatasi hidung tersumbat dengan cara yang dapat dilakukan di rumah tanpa harus mengkonsumsi obat. Berikut ulasannya:

  1. Atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin,supaya tidak memperparah keluhan hidung tersumbat. Anda bisa menggunakan baskom sedang yang berisi air hangat dan tetesan minyak kayu putih untuk melembabkan udara dan mengatasi hidung tersumbat.
  2. Hindarkan diri dari udara kotor seperti asap rokok dan debu agar tidak memperparah hidung tersumbat.
  • Konsumsi cairan/minum air putih hangat yang banyak agar kebutuhan cairan terpenuhi sehingga dapat mengatasi hidung tersumbat dan meredakan pernafasan.
  • Boleh mengkonsumsi obat yang dijual bebas seperti paracetamol apabila anda mengalami demam atau sakit kepala. Namun anda harus memastikan meminum obat sesui dosis yang tertera pada kemasan obat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Hidung tersumbat merupakan keluhan yang sering dirasakan saat sedang mengalami flu. Setiap orang pasti akan terganggu apabila terkena hidung tersumbat, mau makan susah, minum juga susah. Ada cara mengatasi hidung tersumbat secara alami yang bisa kamu coba lakukan. Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat secara alami:

  • Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat melegakan hidung tersumbat. Seringnya mengkonumsi jahe  atau sari jahe dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  • Daun Mint

Mentol yang terkandung dalam daun mint dapat membantu meluruhkan lendir sehingga pernafasan jauh lebih lancar.

  • Tomat

Tomat dapat dijadikan sebagai obat alami yang dapat mengobati hidung tersumbat dan mengurangi peradangan.

  • Memijat hidung dengan ringan

Pijat hidung bagian atas dengan menggunakan jempol dan telunjuk lakukan gerakan memutar hingga hidung terasa lega untuk bernafas.

  • Menghangatkan badan

Dengan tidak menyalakan AC untuk sementara waktu. Tidur dengan menggunakan selimut hangat yang menutupi tubuh. Atau mandi dengan air hangat untuk mengatasi hidung tersumbat.

Itulah beberapa cara mengobati hidung yang tersumbat akibat flu yang berat, saat terserang flu berat memang sangat mengganggu aktivitas kita. Sehingga perlu diobati dengan sesegera mungkin agar cepat hilang hidung tersumbat. Semoga dengan cara mengatasi hidung tersumbat ini dapat membantu kamu untuk menghilangkan hidung yang tersumbat.

Demikian penjelasan tentang cara mengobati hidung tersumbat yang sudah kami jelaskan diatas ini. Jika kamu suka dengan artikel ini kamu bisa share ke social media dan teman-teman kamu. Hal tersebut akan membantu kami terus berkembang. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*