Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Cara Mengatasi Gusi Bengkak
Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Cara Mengatasi Gusi Bengkak – Setiap bagian tubuh memang sangat penting dan memiliki fungsi masing-masing. Jika salah satu saja mengalami gangguan maka perlu untuk disembuhkan. Dengan begitu fungsi tubuh akan seimbang kembali sesuai yang seharusnya. Salah satunya seperti mulut, jika kesehatan mulut tidak dijaga maka akan mengganggu pencernaan makanan. Di dalam mulut terdapat gusi dan gigi yang harus tetap dijaga kebersihannya.

Gusi maupun gigi merupakan salah satu komponen penting dalam mulut kamu. Setiap orang pasti pernah merasakan sakit gigi atau gusi bengkak, hal itu bisa disebabkan karena bakteri dalam gigi banyak. Sehingga kebersihan mulut harus tetap dijaga walaupun hanya berkumur saja. Gusi merupakan pondasi untuk gigi, atau tempat gigi tumbuh dalam mulut.

Apa Penyebab Gusi Bengkak?

Jika kamu mengamali gusi bengkak biasanya akibat gigi yang sakit, bakteri, atau infeksi. Saat terjadi gusi bengkak pasti kamu merasakan rasa sakit yang luar biasa, dan untuk makan menjadi susah. Sebaiknya segera berobat atau diperiksa ke dokter gigi terdekat. Apa saja yang menjadi penyebab gusi bengkak? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Gigi berlubang

Gigi yang berlubang juga perlu untuk diobati karena akan berbahaya untuk kesehatan. Dalam gigi berlubang terdapat kuman atau bakteri yang berbahaya sehingga bisa menyebebkan gusi bengkak.

  • Virus atau jamur

Mulut juga bisa terkena virus atau jamur yang bisa menyebabkan gusi bengkak. Virus atau jamur tersebut dapat menyerang bagian gigi yang berlubang. Virus atau jamur ini masuk melalui makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

  • Menumpuknya karang gigi

Pada umumnya setiap sisa makanan yang kamu makan pasti tersangkut di sela-sela gigi. Dan apabila tidak dibersihkan akan menumpuk itulah yang disebut karang gigi. Bersihkan mulut kamu secara rutin agar tetap sehat dan segar.

  • Pemasangan aksesoris yang salah

Aksesoris gigi seperti behel pada umumnya memang sangat bagus untuk merapikan gigi. Namun apabila tidak cocok atau nyaman dapat berbahaya untuk kesehatan mulut kamu. Sehingga dapat menyebabkan gusi kamu bengkak.

Itulah beberapa penyebab gusi bengkak yang bisa terjadi pada kamu. Lebih baik hindari makanan yang membuat gigi kamu sensitif seperti panas atau dingin. Makan juga yang sewajarnya jangan melebihi batas wajar, seperti terlalu manis atau panas. Apa cara mengatasi gusi bengkak yang tepat dan jitu? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi gusi bengkak secara alami.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Dalam mengatasi atau mengobati gusi yang bengkak memang ada banyak cara. Seperti dengan obat khusus, obat apotik, pergi ke dokter gigi atau yang lainnya. Cara yang bagus yaitu dengan cara alami walaupun tidak cepat dan memerlukan proses lama. Namun cara mengatasi gusi bengkak secara alami ini sangat mudah untuk kamu lakukan sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat mengatasi gusi bengkak secara alami.

  • Air garam

Sejak dahulu garam memang sangat ampuh untuk mengatasi masalah dalam mulut. Berkumur dengan air garam dapat menghilangkan bakteri dalam mulut kamu. Sehingga gusi yang bengkak dapat sembuh dengan cepat.

  • Kompres dengan es atau air hangat

Dengan mengkompres gusi dengan es atau air hangat bisa mengkempeskan gusi yang bengkak. Kompres es atau air hangat memang sejak dahulu sering digunakan bila mengalami sakit seperti gusi bengkak.

  • Lemon

Buah lemon memang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi, dan dapat membersihkan mulut dari kuman atau bakteri. Berkumur dengan air lemon dapat membantu mengatasi gusi bengkak yang kamu alami.

  • Belimbing wuluh

Siapa yang tidak tahu belimbing wuluh, buah ini terkenal dengan rasa asamnya yang tinggi. Justru hal tersebut dapat membantu mengatasi gusi bengkak. Caranya dengan menempelkan belimbing wuluh pada gusi yang bengkak.

  • Madu alami

Banyak sekali kandugan di dalam madu alami, salah satunya meredakan gusi bengkak. Cara menggunankannya dengan mengoleskannya pada bagian gusi bengkak. Pastikan madu yang kamu gunakan alami atau asli.

  • Daun jambu biji

Banyak orang yang mengetahui daun jambu biji hanya untuk diare saja, namun juga bisa untuk mengatasi gusi bengkak. Kamu tinggal merebus beberapa lembar daun jambu biji, kemudian kamu berkumur dengan air tersebut.

  • Getah jarak

Kandungan getah jarak bisa digunakan sebagai salah satu antiseptik alami. Sehingga kandungan tersebut dapat mengatasi gusi yang bengkak. Teteskan getah jarak langsung pada gusi yang bengkak.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri dengan menggunakan bahan alami. Semua bahan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah dan gampang. Jika bingung bisa pergi ke pasar tradisional terdekat karena bisa kamu temukan bahannya disitu. Dengan bahan alami akan lebih aman dan terjamin serta murah meriah.

Semoga cara mengatasi gusi bengkak tersebut bisa bermanfaat bagi semua orang. Jangan lupa share ke sosial media untuk memberikan informasi ini kepada teman-teman kamu. Terus kunjungi ribuancara.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Terima kasih sudah membaca artikel ini.