Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Cara Mengatasi Gigi Ngilu – Manusia pasti membutuhkan makanan untuk beraktivitas seperti biasa. Asupan makanan tersebut diubah menjadi kalori atau tenaga untuk memulai aktivitas harian seperti biasa. Ada proses manusia makan yaitu pertama dikunyah dahulu pada mulut, dalam mulut manusia terdapat gigi dan lidah yang berguna menghaluskan makanan.

Kamu pasti pernah merasakan gigi nyilu atau sakit gigi, saat kamu makan dengan rasa nyilu pasti sangat menyakitkan. Ngilu pada gigi bisa disebabkan oleh beberapa factor salah satunya yaitu suhu, alergi, dll. Rasa ngilut pada saat kamu makan memang menjadi masalah, karena rasa makanan menjadi tidak enak. Sebaiknya kamu sembuhkan dahulu rasa ngilu untuk dapat menikmati makanan tersebut.

Kamu bisa mengatasi ngilu tersebut dengan beberapa cara mengatasi gigi ngilu yang akan kami jelaskan. Dengan membaca cara mengatasi gigi ngilu ini kamu bisa menyembuhkan rasa ngilu pada gigi secara alami dan cepat. Tetapi sebelum itu kamu harus tahu penyebab gigi kamu ngilu, karena dengan mengetahui penyebabnya kamu bisa menghindarinya lagi. Simak penyebab gigi ngilu berikut ini.

Penyebab Gigi Ngilu

Inilah beberapa penyebab gigi ngilu yang perlu kamu ketahui, agar bisa menghindari sakit ngilu pada gigi kamu. Simak pembahasannya berikut ini.

  • Gigi berlubang

Gigi berluang merupakan salah satu penyebab gigi ngilu paling berbahaya, karena terdapat banyak bakteri yang menggerogoti gigi. Jika tidak dihentikan maka bisa mengakibatkan gigi ngilu parah, dan penyakit berbahaya sekali. Bisa juga menjadi infeksi yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

  • Gigi retak

Gigi yang retak bisa dikarenakan mengunyah makanan yang keras, benturan, atau pukulan. Ada juga yang disebabkan karena pertumbuhan manusia tersebut. Kondisi ini menyebabkan akar gigi mudah terpapar oleh makanan, sehingga membuat gigi tersebut terasa ngilu.

  • Gangguan pada gusi

Gusi merupakan tempat gigi tumbuh atau bisa disebut dudukan gigi. Inilah yang membuat gusi bengkak apabila sakit gigi atau dicabut. Gangguan pada gusi ini bisa disebabkan perawatan gigi yang kurang baik. Seperti sikat gigi, makanan yang dimakan, dll.

  • Tambalan gigi rusak

Gigi yang rusak bisa ditambal tetapi apabila tambalan tersebut rusak bisa juga mengakibatkan gigi ngilu. Karena akar gigi tersebut keluar sehingga terkena makanan dan minuman yang sensitif.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami Dan Cepat

Gigi ngilu memang sangat menyakitkan karena tidak bisa menikmati makanan yang dimakan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi gigi ngilu secara alami dan cepat. Simak pembasannya dengan seksama di bawah ini.

1.      Pasta gigi khusus

Cara mengatasi gigi ngilu yang pertama yaitu dengan menggunakan pasta gigi khusus. Kamu pasti pernah melihat iklan yang menyebutkan jika pasta gigi tertentu bisa mengatasi gigi ngilu, bukan? Para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada baiknya penderita masalah gigi ngilu atau  sensitif menggunakan pasta gigi yang khusus.

Biasanya, pasta gigi yang dibuatkan khusus untuk penderita masalah gigi ngilu ini memakai teknologi Novamin yang dapat membantu pembentukan lapisan mineral gigi 1,5 kali lebih kuat jika disamakan dengan lapisan alami dentin. Hal ini tentu akan membuat masalah gigi ngilu atau sensitif mereda.

2.      Hindari kafein

Cara mengatasi gigi ngilu berikutnya yaitu dengan menghindari kafein. Penderita gigi ngilu atau sensitif sebaiknya menghindari konsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh. Tidak hanya itu, beberapa minuman lainnya seperti minuman alkohol atau yang mengandung asam juga perlu kamu hindari karena bisa membuat lapisan akar gigi lebih terbuka sehingga gigi pun bisa menjadi lebih sensitif dan mudah ngilu.

3.      Berhenti menggeretakkan gigi

Salah satu penyebab gigi ngilu yang biasa tidak disadari oleh banyak orang yaitu kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur.  Hal tersebut tentu akan mengikis enamel gigi dengan cepat. Sebaiknya kamu memeriksakan kondisi ini kepada dokter agar tidak mengalami masalah lagi menggeretakkan gigi saat tidur.

4.      Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada gigi yang berlubang atau di antara gigi. Hal ini juga bisa mengurangi masalah gigi ngilu, pembengkakan, dan meredakan sakit tenggorokan.

5.      Kompres es

Kompres dengan menggunakan es bisa membantu meringankan gigi ngilu kamu, terutama bila sakit gigi disebabkan cedera atau gusi bengkak. Cobalah kompres dengan mengggunakan kantong es untuk membius gigi ngilu secara alami di bagian luar pipi atas gigi selama beberapa menit.

Penggunaan kompres es bisa mengkonstriksi atau menyempitkan pembuluh darah yang mperlambat aliran darah ke area gigi ngilu. Cara mengatasi gigi ngilu dengan cepat yang satu ini bisa  membantu mematikan rasa sakit, juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan gigi ngilu.

6.      Obat penghilang rasa sakit

Obat yang dijual bebas di apotek, seperti acetaminophen dan ibuprofen, dapat juga memberikan pereda nyeri sementara untuk gigi ngilu. Perhatian! Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah 16 tahun.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Tradisional

1.      Bawang putih

Bawang putih sejak dahulu telah banyak digunakan untuk berbagai macam pengobatan. Karena bawang putih mengandung zat atau senyawa yang disebut allicin, sebagai sifat antibakteri yang kuat.

2.      Papermint

Seperti cengkeh, peppermint memiliki sifat mati rasa yang dapat membius atau menghilangkan rasa gigi ngilu sementara. Menthol, yang juga dapat memberikan rasa mint dan bau mint, biasa dikenal sebagai antibakteri.

Kantong teh basah yang sedikit hangat juga bisa digunakan untuk kompreskan pada area pipi yang kena gigi ngilu selama beberapa menit hingga rasa sakit berkurang. Beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas juga bisa dibalutkan pada gigi ngilu yang menjadi obat sementara.

3.      Lidah buaya

Gel lidah buaya, juga dapat ditemukan dalam daun tanaman sukulen. Sejak dahulu digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam luka seperti luka bakar dan luka kecil. Namun, saat ini orang menggunakan gel lidah buaya sebagai cara mengatasi gigi ngilu dengan cara alami, membersihkan, dan menenangkan gusi.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa lidah buaya memiliki kantungan antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi. Gel lidah buaya juga harus diterapkan ke area mulut yang sakit serta dipijat lembut.

4.      Cengkeh

Cengkih merupakan rempah asli Kepulauan Maluku di Indonesia. Cengkih mengandung banyak eugenol, senyawa kimia yang bertindak sebagai anestesi alami. Cengkih juga mempunyai sifat anti-inflamasi, serta antibakteri, yang bisa membantu melawan infeksi gigi dan gusi.

5.      Susu sapi

Selain meningkatkan pertumbuhan tulang, susu sapi juga bisa menstabilkan ion fosfat, kalsium, flouride yang bisa memperbaiki kerusakan email gigi. Email gigi yang terkikis juga dapat menyebabkan gigi ngilu. Jadi, susu sangat baik untuk membantu mengatasi terkikisnya email gigi. Sebaiknya minumlah susu sapi murni pada pagi hari.

Itulah beberpa cara mengatasi gigi ngilu menggunakan berbagai macam cara diatas. Dengan demikian cara tersebut bisa kamu lakukan sendiri apabila gigi ngilu parah. Sebaiknya kamu jaga gigi kamu dari makanan yang memiliki potensi terkena gigi sensitif. Cara mengatasi gigi ngilu dengan cara alami yang mudah kamu lakukan.

Demikian artikel cara mengatasi gigi ngilu yang dapat kami sampaikan kepada kamu semuanya. Semoga dengan cara tersebut kamu bisa mengatasi gigi ngilu yang menyerang kamu. Share artikel ini ke social media dan teman-teman kamu. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih sudah membaca artikel ini.