Cara Mengatasi Cacar Air

Cara Mengatasi Cacar AirCacar air adalah penyakit kulit yang menular yang pada umumnya menyerang anak-anak di bawah umur 10 tahun.Pada orang dewasa cacar air dapat menyerang dengan gejala yang muncul lebih berat daripada gejala yang dialami anak-anak.Cacar air atau biasa disebut varisela ini dapat menular ke orang yang belum pernah menerima vaksin cacar air atau orang yang belum pernah menderita cacar air.

Penyebab cacar air adalah virus herpes yang menyebabkan cacar air pada anak-anak,sedangkan penyebab cacar air pada orang dewasa adalah virus shingles yang dapat mengakibatkan komplikasi yang cukup serius.Cacar air biasanya ditandai dengan adanya gejala seperti demam,batuk ringan,pilek,dan tidak nafsu makan.Lalu muncul bintil yang berisi cairan gatal dan setelah 1-2 hari bintil akan mengering dan akan mengelupas dengan sendirinya.Namun,bagaimana cara mengatasi cacar air? Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat kering

Cacar air merupakan penyakit menular yang mudah disembuhkan namun dengan metode yang tepat.Kondisi cacar air yang telah mengering akan mempercepat proses penyembuhan karena sel kulit yang rusak mudah terangkat dan digantikan dengan sel baru.berikut ini adalah tips mudah cara mengobati cacar air agar cepat kering.

  • Hindari menggaruk

Menggaruk justru menyebabkan bintil berisi cairan pecah yang akan mengakibatkan infeksi.Infeksi ini akan menyebabkan bintil semakin bertambah banyak dan akan menghalangi cacar mengering.

  • Mengkonsumsi Jus Kiwi

Dengan mengkonsumsi jus kiwi 2 kali sehari maka akan memungkinkan cacar akan cepat mengering.Karena kiwi megandung nutrisi yang dapat merawat jaringan kulit yang rusak akibat virus cacar.

  • Bedak Salycil

Bedak Salycil dapat meredakan rasa gatal,dan nyaman digunakan pada permukaan kulit yang terserang cacar.Serta dapat mempercepat proses pengeringan karena mengandung zat mentol dan kamfora.

  • Air es

Salah satu cara mengeringkan cacar air dengan cepat yaitu menggunakan air es yang diguyurkan pada tubuh yang terdapat cacar namun air es yang digunakan harus dicampur dengan air biasa agar tidak terlalu dingin.

Cara Mengatasi Cacar Air Agar Tidak Menyebar

Banyak orang beranggapan bahwa seseorang yang telah mengalami cacar air tidak akan terlular lagi.Padahal penyakit cacar merupakan penyakit yang bisa menular dan dapat menyerang siapa saja.Saat terkena cacar air kulit akan terasa gatal dan timbul bintik merah. Lalu,apakah penyakit cacar dapat menyebar ke seluruh tubuh? Jika demikian,bagaimanakah cara mengatasinya agar tidak menyebar ke seluruh tubuh?

Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Tidak bertukar baju dengan orang lain

Cacar dapat menular melalui kontak langsung,sehingga harus hindari bertukar baju,handuk dengan orang yang sedang terkena cacar agar tidak tertular.

  • Menjaga Kebersihan

Saat sedang terkena cacar kebersihan badan harus dijaga, karena cacar menimbulkan bintik merah pada kulit.Jika kebersihan badan tidak terjaga maka akan mengalami resiko infeksi bakteri yang akan memperparah penyakit cacar yang diderita.

  • Konsumsi Makanan Dingin

Cacar akan menimbulkan suhu tubuh menjadi sangat panas dan untuk meredakan panas tersebut disarankan mengkonsumsi makanan dingin seperti buah-buahan yang dsimpan di dalam kulkas.

  • Berobat

Setelah melakukan cara di atas,jangan lupa untuk periksa ke dokter agar mendapatkan resep obat yang tepat dari dokter,sehingga penyakit cacar yang dialami tidak akan bertambah parah dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara Mengobati Cacar Air Agar Tidak Berbekas

Biasanya cacar akan menimbulkan bekas pada kulit yang diakibatkan oleh goresan dan garukan di area kulit yang terkena cacar.Semakin lama kulit akan menjadi kehitaman dan akibat dari garukan yang sering dilakukan akan menyebabkan luka terbuka dan memicu terjadinya infeksi.Jika bekas cacar air terlajur muncul,dokter akan memberi krim yang mengandung kolagen untuk menyamarkan bekas luka pada kulit.

Berikut ini adalah cara untuk mengobati cacar air agar tidak berbekas.

  1. Menjaga Kebersihan Kulit

Tetaplah mandi dua kali sehari agar badan bersih.Jika tidak menjaga kebersihan kulit maka akan memudahkan kuman masuk ke dalam tubuh dan memicunya infeksi tambahan,sehingga rasa gatal akan sering dirasakan.Mandi dengan air hangat dan basuh secara perlahan serta keringkan badan tanpa digosok dengan handuk.

  • Menggunakan krim anti gatal

Gatal yang diakibatkan dari cacar air dapat dikurangi dengan mengoleskan krim anti gatal yang dapat ditemukan di toko obat terdekat.

  • Jangan mengelupas luka yang telah kering secara paksa

Pada hari ke 6 atau 7 biasanya gelembung cacar mengering dan pada fase ini harus menghindari mengelupas luka yang telah kering secara paksa agar tidak membekas di kulit.

  • Konsumsi Obat Anti gatal

Tetap dengan pengawasan dokter jika ingin mengkonsumsi obat seperti obat antihistamin yang dapat mengurangi rasa gatal.

Cara Mengobati Cacar Air secara Alami

Pastinya setiap orang akan melakukan berbagai cara untuk mengobati cacar air yang diderita.Banyak juga orang yang memilih pengobatan secara medis agar penyakit cacar cepat sembuh.Ternyata terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cacar air dengan cepat secara alami.

Berikut ini ulasannya:

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung gizi yang baik untuk menghilangkan bekas cacar.Caranya dengan tumbuk kacang hijau sampai halus lalu beri sedikit air dan oleskan pada tubuh yang terdapat cacar dan diamkan beberapa saat hingga mengering,lalu bersihkan dengan air.

  • Lada

Walaupun terasa pedas saat dimakan,ternyata lada dapat digunakan untuk menyembuhkan cacar air.Caranya sangat mudah,bersihkan luka bekas cacar dengan air lalu taburkan bubuk lada pada area badan yang mengalami cacar lalu diamkan hingga kering dan bilas dengan air bersih.

  • Bengkoang

Bengkoang memiliki khasiat yang banyak dan salah satunya dapat untuk mengobati cacar air terutama untuk menghilangkan luka bekas cacar.Caranya haluskan bengkoang dan beri sedikit air lalu oleskan pada area badan yang mengalami cacar,tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih.

  • Madu

Cairan alami ini merupakan salah satu yang memiliki banyak sekali khasiat serta manfaatnya. Banyak orang yang mencari madu untuk berbagai keperluan, karena madu memiliki sejuta manfaat. Selain itu madu juga bisa mengobati cacar air secara alami, kamu tinggal oleskan beberapa tetes madu ke bagian cacar air.

  • Cuka Apel

Salah satu cara mengobati cacar air yaitu dengan cuka apel, cairan cuka apel memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satu manfaat cuka apel adalah mengobati cacar air yang menyerang kamu. Dengan mengoleskan beberapa tetes ke bagian cacar air kamu bisa menghilangkan penyakit cacar air tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi penyakit cacar air yang bisa kami sampaikan kepada kamu semuanya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share ke social media dan teman-teman kamu untuk membantu kami berkembang. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru. Terima kasih telah membaca artikel ini.