Cara Mengatasi Biduran

Cara Mengatasi Biduran
Cara Mengatasi Biduran

Cara Mengatasi Biduran – Pernahkah kalian merasa gatal? Dan muncul bentol – bentol merah dibagian yang gatal? Mungkin anda sedang terkena penyakit gatal biduran. Biduran atau Uktikaria adalah kondisi dimana kulit terasa sangat gatal yang ditandai dengan adanya bilur berwarna merah atau putih.

Biduran dapat muncul diseluruh bagian tubuh seperti wajah, kaki, tangan bahkan lidah. Selain merasa sangat gatal, biduran juga memberikan ruam yang terasa perih. Jenis biduran pun beragam mulai dari biduran yang akut sampai biduran yang kronis, jenisnya ditentukan berdasarkan lamanya biduran.

Biduran biasanya muncul karena adanya reaksi alergi kulit terhadap beberapa pemicu seperti hewan peliharaan,alergi makanan, suhu dan udara serta serbuk sari. Bagi kalian yang sedang atau mengalami tanda – tanda akan mengalami biduran jangan khawatir berikut ini adalah beberapa cara mengatasi biduran.

Cara Mengatasi Biduran Secara Alami

Apabila kalian mengalami biduran namun tidak begitu parah mungkin kalian bisa mencoba sendiri secara alami dengan bahan yang mudah didapat.  Ada beberapa bahan alami yang ampuh untuk mengobati biduran. Cara mengatasi biduran secara alami diantaranya:

Daun Sirih

Kandungan saponin, flavonoid, dan tanin pada daun sirih dapat membantu proses penyembuhan luka dikarenakan berfungsi sebagai antimikroba dan antioksidan yang mempengaruhi penyambungan luka dan mempercepat epitelisasi. Cara membuat obat alami dari daun sirih sangatlah mudah cukup rebus daun sirih hingga mendidih kemudian saring rebusan itu dan minumlah air rebusan daun sirih.

Daun Kelor

Daun Kelor juga dapat digunakan untuk mengobati biduran. Kandungan vitamin E yang tinggi pada extrak daun kelor dipercaya dapat meningkatkan kelembapan kulit. Cara membuat obat ini pun sama persis seperti cara membuat obat dari daun sirih yaitu rebus daun kelor hingga mendidih kemudian saring dan ambil air rebusannya untuk diminum.

Air dari Kelapa Hijau

Selain terbukti sangat efektif untuk menghilangkan racun di dalam tubuh kita, air kelapa hijau juga efektif untuk menyembuhkan biduran yang diakibatkan oleh alergi makanan. Tidak perlu diolah, air kelapa hijau cukup langsung diminum.

Temulawak dan Buah Asam

Temulawak dan Buah Asam memiliki kandungan yang memiliki banyak fungsi untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mengobati biduran. Cara pembuatannya pun mudah, cukup siapkan 15 gr temulawak dan buah asam secukupnya serta tambahkan gula aren atau madu sebagai pelengkap rasa manisnya. Setelah itu rebus secara bersamaan dengan 2 gelas air dan tunggu sampai air rebusannya tersisa setengah. Tunggu air rebusan tidak terlalu kemudian saring dan diminum.

Minyak Zaitun dan Minyak Kayu Putih

Cara pembuatan obat biduran dari perpaduan minyak zaitun dan minyak kayu putih cukup mudah. Cukup sediakan masing – masing dari bahan dengan takaran 1 sendok makan. Menthol kristal juga dapat ditambahkan pada bahan dengan takaran yang sama. Kemudian aduk secara merata bahan tersebut. Setelah tercampur rata, oleskan pada bagian badan yang terkena biduran.

Nah itu dia beberapa cara alami yang bisa dilakukan di rumah untuk menyembuhkan biduran. Apabila biduran masih terus mengganggu atau terasa lebih gatal sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mengoobati Biduran Pada Anak

Seperti halnya mengatasi biduran dengan cara yang alami cara itu dapat diterapkan pada anak. Namun, kita harus tetap mengawasi cara pengobatannya. Selain berbagai cara alami tadi, Berikut ini adalah cara mengobati biduran pada anak.

Mandi Air Dingin

Kebanyakan orang tua salah karena biasanya mereka memandikan anak dengan air hangat dengan tujuan untuk mengurangi rasa gatal namun justru air hangat sebenarnya memperparah rasa gatal dan bintik merah dikulit. Saat anak mengalami biduran sebaiknya mandikan anak menggunakan air dingin yang ditambahkan dengan oatmeal atau baking soda yang berfungsi untuk meringankan rasa gatal. Cara memandikannya pun tidak mandi seperti biasa, dianjurkan anak berendam sekitar 10 -15 menit agar tidak kedinginan.

Kompres dingin

Kompres es atau kompres dingin dapat membantu meredakan rasa gatal dan peradangan yang disebabkan karena biduran. Gatal dan peradangan pada biduran ini disebabkan oleh histamin didalam darah.

Cara mengaplikasikannya dengan menempelkan kompres pada ruam secara berkala sekitar 10 – 15 menit sekali setiap 2 jam atau kalau gatal dirasa sudah lebih baik.

Menggunakan Lotion Anti Gatal

Dengan menggunakan lotion anti gatal dapat meredakan biduran, gatal dan ruam. Lotion ini dapat dibeli di apotik atau swalayan. Sebaiknya digunakan setelah anak dimandikan dengan menggunakan air dingin. Lotion ini dapat digunakan untuk meredakan rasa gatal pada anak sehingga anak tidak menggaruk kulitnya terus.

Cara Mengatasi Biduran Pada Balita

Jahe dan Cuka Beras Hitam

Jahe memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita seperti menghangatkan tubuh dan menjaga kondisi itu. Selain itu jahe ternyata dapat digunakan untuk mengobati biduran dengan dikombinasikan dengan cuka beras hitam agar hasilnya lebih maksimal.

Cara pembuatannya cukup mudah, siapkan 30 gr jahe dan 100 cc cuka beras hitam. Agar rasa lebih enak untuk balita, tambahkan dengan gula merah. Setelah itu tumbuklah jahe hingga halus lalu rebus dengan cuka beras hitam dan air bersih. Diamkan sampai agak hangat. Lalu minumkanlah kepada balita 3 kali sehari agar hasil lebih maksimal.

Lebih Memperhatikan Asupan makan si Kecil

Kebanyakan balita mengalami biduran karena alergi dengan beberapa jenis makanan yang dimakan. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk menyeleksi makanan yang akan diberikan pada anak. Bagi ibu yang masih menyusui penting untuk memperhatikan asupan makanan yang dimakan.

Pakaian yang nyaman

Kulit yang gatal saat mengalami biduran akan terasa lebih gatal bila bergesekan dengan pakaian yang dipakai. Untuk itu, pilihkanlah si kecil pakaian dengan bahan kain yang lembut , mudah menyerap keringat dan tidak panas.

Cara Mengobati Biduran Secara Cepat

Semua cara pengobatan di atas semuanya sebenarnya dapat menyembuhkan biduran dengan cepat tergantung dengan kita. Apabila kita rajin mengaplikasikannya maka biduran akan cepat hilang. Kalau bahan cara diatas masih belum berhasil sebaiknya anda konsultasi ke dokter kulit sebelum menjadi lebih parah.

Banyak sekali obat yang bisa kamu temukan sendiri di apotek terdekat, ada berbagai macam obat yang bisa kamu coba. Dengan menggunakan obat dari apotek itu merupakan cara mengobati biduran secara cepat dan mudah.

Itulah beberapa cara mengatasi penyakit biduran yang bisa kamu lakukan sendiri. Ada beberapa cara yang cocok dengan kamu dan ada yang tidak cocok. Semoga beberapa cara diatas ada yang cocok dengan kamu.

Demikian artikel tentang cara mengatasi biduran yang bisa kami sampaikan dalam artkel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share ke social media dan teman-teman kamu untuk membantu kami berkembang. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara lainnya. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*