Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering – Bibir sendiri merupakan salah satu hal yang mebuat sebagian wanita terlihat semakin cantik dan menarik selain kulit yang indah. Namun, apakah kalian tahu bahwa bibir yang kering adalah cara tubuh kita memberi respon bahwa ada sesuatu yang salah dengan kesehatan tubuh kita contohnya seperti dehidrasi, iritasi pada bibir, dan malnutrisi.

Selain karena adanya masalah kesehatan tubuh, ada beberapa hal dan faktor external yang membuat bibir kita menjadi kering.  Kebiasaan yang dapat membuat bibir kita kering dan pecah-pecah diantaranya adalah menggigit bibir, menjilat bibir, minum terlalu banyak alkohol, makan makanan asin atau pedas dan mengkonsumsi banyak obat obatan.

Faktor Externalnya diantaranya Ekspos matahari yang berlebihan, perubahan temperatur suhu dan lain sebagainya. Lalu Bagaimana cara mengatasi Bibir yang kering? Berikut ini akan dijelaskan bagaimana si cara mengatasi bibir yang kering, pecah-pecah, dan mengelupas dengan bahan yang alami.

Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah – Pecah

Bibir Kering dan Pecah – pecah adalah kondisi yang umum dialami oleh seluruh orang. Dengan bibir yang kering dan pecah-pecah membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Akibat yang ditimbulkan dari bibir yang kering dan pecah-pecah adalah pendarahan pada bibir. Namun jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah – pecah dengan bahan yang alami. Di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-peach :

Banyak Minum Air Putih

Selain menjaga cairan agar seimbang didalam tubuh, banyak minum air putih juga bagus untuk bibir. Karena dengan meminum air putih yang cukup kelembapan bibir akan terjaga. Apabila kita kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, itu juga akan berpengaruh pada keringnya bibir kita.

Melakukan Scrub Bibir

Menggosok bibir dengan scrub memiliki efek yang bagus bagi bibir. Karena dengan melakukan scrubbing sel sel kulit mati didalam bibir kita akan terangkat dan terkelupas.  Scrub bibir dapat dengan mudah dibuat di rumah dengan bahan dapur loh yaitu dengan menggunakan madu dan gula pasir. Cara membuatnya pun sangat mudah, kita campurkan 2 sendok makan gula pasir dan 1 sendok teh madu kemudian aduk rata dan oleskan secara merata pada bibir.

Mentimun

Kandungan yang terkandung dalam mentimun dapat berkhasiat untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah serta dapat mencerahkan bibir dan mengurangi bercak hitam dalam bibir. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah. Kita hanya perlu beberapa potongan timun kemudian oleskan potongan timun ke seluruh bagian bibir dengan ditekan secara perlahan. Lakukan secara rutin sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker Bibir dengan Tomat

Kandungan vitamin A, vitamin C dan likopen yang terkandung pada tomat memiliki dampak yang baik bagi kesehatan bibir. Cara mengaplikasikannya pun sama dengan mentimun. Cukup siapkan beberapa irisan tomat yang kemudian dioleskan secara merata pada bibir. Selain itu tomat juga dapat membantu bibir anda terlihat semakin merah loh.

Menggunakan Produk Pelembab Bibir (Lip Balm)

Hal yang paling mudah dan bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun apabila bibir kita kering adalah menggunakan lipbalm. Sekarang sudah banyak sekali produk lip balm yang dijual di Indonesia. Kita hanya perlu memilih produk mana yang cocok dengan bibir kita.

Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Mengelupas

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas hampir sama dengan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Dikarenakan bibir yang terlalu kering akan mengelupas. Namun,Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas.

Menggunakan Minyak Kelapa

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, minyak kelapa juga dapat kita manfaatkan sebagai pelembab bibir. Selain Minyak Kelapa ada minyak lain yang dapat dimanfaatkan sebagai pelembab bibir. Seperti minyak zaitun dan munyak mustard,

Susu Cream atau Mentega

Kandungan lemak yang tinggi dalam susu cream atau mentega dapat kita gunakan untuk melembabkan bibir. Caranya pun mudah dengan dioleskan secara merata pada bibir.

Kelopak Bunga Mawar

Manfaat kelopak bunga mawar bagi bibir sangatlah banyak. Selain dapat digunakan untuk memerahkan bibir, kelopak bunga mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas.

Caranya dengan menggunakan beberapa kelopak bunga mawar yang kemudian direndam didalam air susu selama satu malam. Pagi harinya buatlah pasta dari bahan tadi. Kemudian oleskan secara merata pada bibir.

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Cara mengatasi bibir kering secara alami dapat dilakukan oleh diri kita sendiri dengan menghindari penyebab – penyebab yang dapat membuat bibir kita menjadi kering. Berikut ini adalah penyebab yang dapat membuat bibir menjadi kering.

Menjilat Bibir

Kebiasaan yang kita lakukan saat bibir kita mulai kering adalah dengan spontan lidah kita akan menjilat bibir kita. Meskipun bibir kita akan terasa basah namun kebiasaan ini malah akan membuat bibir kita semakin mudah mengering. Mengapa? Karena air liur kita mengandung enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan bukan sebagai pelembab bibir. Air liur ini akan dengan cepat mengupat dan membuat bibir menjadi kering.

Menggigit Bibir

Sama halnya dengan kebiasaan menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir juga perlu anda hindari karena saat anda menggigit bibir, gigi anda akan mengiritasi bibir dan membuat lapisan bibir menjadi retak dan terkoyak.

Cara Mengatasi Bibir Kering Dengan Madu

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh kita memang sudah tidak diragukan lagi. Selain itu madu juga memiliki manfaat untuk bibir kering loh.  Cara mengatasi bibir kering dengan madu juga sangatlah mudah. Cukup oleskan madu dengan merata keseluruh bibir lalu tunggu sampai kering dan kemudian bilas. Madu juga dapat dicampukan dengan bahan lain agar dapat lebih maksimal.

Berikut adalah beberapa langkah-langkah untuk mengatasi bibir kering menggunakan madu. Ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan baik dan benar.

  • Pilihlah madu alami atau madu pilihan yang memiliki kandungan madu asli.
  • Setelah itu teteskan madu pada jari telunjuk kamu.
  • Kemudian oleskan pada bibir kamu sampai merata.
  • Tunggu sampai kurang lebih 5-10 menit.
  • Setelah itu kamu bersihkan menggunakan air bersih atau hangat.
  • Selesai, bibir kering kamu sudah bisa diatasi.

Itulah cara mengatasi bibir kering dengan madu yang bisa kamu lakukan agar bibir menjadi tidak kering. Semoga kamu bisa membuat bibir kamu bersih dan mulus lagi. Karena dengan bibir yang pecah-pecah membuat kamu tidak percaya diri atau pede. Sebaiknya rawatlah bibir kamu agar tidak pecah-pecah atau kering.

Demikian sedikit informasi cara mengatasi bibir kering yang dapat kami sampaikan kepada kamu semuanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bagi yang mencarinya. Jangan lupa share ke social media dan teman-teman kamu untuk membantu kami berkembang. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih sudah membaca artikel ini.