Cara Mendapat Uang Dari Facebook

Cara Mendapat Uang Dari Facebook – Internet memang sangat multiguna di era sekarang ini. Banyak yang menggunakannya untuk cari rezeki, cari jodoh, bahkan cari mantan yang lama tak dijumpai.

Tapi di sini kita tak akan membahas bagaimana cara cari mantan agar bisa balikan. Yang bakal kita belejeti adalah cara menghasilkan uang dari Internet, terutama Facebook. Lebih spesifik lagi, cara menghasilkan uang dari Facebook tanpa sebar hoax.

Pada sadar gak sih, makin ke sini hoax makin banyak kayak pengunjung Pantai Ancol waktu musim libur Lebaran. Sudah beragam cara dilakukan pemerintah dan masyarakat biasa, tapi pelaku penyebaran hoax seperti tak pernah jera.

Mungkin karena salah satu pendorongnya adalah rupiah. Tak dimungkiri, hoax telah jadi bisnis baru di era teknologi saat ini.

Buktinya, ada sindikat Saracen yang ketahuan membisniskan penyebaran kabar kibul dan ujaran kebencian di dunia maya. Bahkan mereka mengajukan proposal untuk jasa ilegal itu.

Tak tanggung-tanggung, satu paket jasa Saracen dihargai Rp 72 juta. Siapa yang gak ngiler?

Sayangnya, Indonesia masih tegak sebagai negara hukum. Namanya tindakan ilegal pastinya bakal kena konsekuensi hukum.

Kamu gak mau dong berurusan dengan hukum. Makanya, cari yang halal saja untuk dapat cara menghasilkan uang dari Facebook. Panduan di bawah ini boleh banget kalau mau disontek:

Dongkrak traffic

Ini adalah cara menghasilkan uang dari Facebook yang paling umum. Caranya, bikin blog atau situs komersial dulu, lalu bikin akun Facebook. Akun yang disarankan berupa Page atau halaman, bukan akun individu.

Kemudian, share artikel atau apa pun dari blog tersebut ke akun Facebook. Nantinya, pengikut di Facebook bisa melihatnya jika tertarik, lalu masuk ke blog dengan cara mengeklik tautan tersebut.

Kunjungan ke blog itulah yang bakal jadi magnet penarik rezeki halal. Traffic blog yang meningkat dari kunjungan via Facebook diharapkan mengerek naik pendapatanmu dari iklan blog.

Jadi influencer

Facebook adalah ajang ngeksis. Tapi lebih dari itu, ngeksis di Facebook bisa menghasilkan duit tanpa repot dengan cara jadi influencer.

Influencer adalah individu yang punya daya tarik untuk mempengaruhi pengikutnya di social media. Di Instagram, kita mengenal istilah selebgram.

Untuk jadi influencer di Facebook, kita mesti menonjolkan diri dulu. Salah satu caranya adalah sering-sering bikin video yang menarik, misalnya yang lucu-lucu.

Atau cara paling gampang adalah kerap share video lucu dari akun lain. Setelah banyak pengikut, kamu bisa mengajak kerja sama brand atau merek untuk dipromosikan di page Facebook-mu.

Duit didapatkan dari bayaran sponsorhip tersebut. Besarannya tergantung kesepakatan. Rumusnya adalah makin banyak pengikut, bayaran bakal makin gede.

Affiliate marketing

Mungkin ada yang belum tahu, kita bisa mengeruk rupiah hanya dengan membagikan link toko online. Namanya adalah program affiliate marketing.

Salah satu toko online yang punya program ini adalah Lazada. Cara kerjanya adalah kita mendaftarkan diri di situs itu sebagai mitra program affliate marketing.

Lalu, tinggal ikuti tata cara yang tertera di sana. Nantinya, kita mendapat bayaran dari setiap link yang kita bagikan dan diakses orang lain yang kemudian membeli barang terkait.

Situs penyedia kupon diskon seperti Flip It juga mengais rezeki dari program ini. Kamu juga bisa ikut dengan modal blog serta Facebook sebagai sarana untuk membagikan link. Toko online lain yang punya program sama adalah Bhinneka dan Blibli.

Jualan

Ini juga mungkin ada yang belum tahu. Page Facebook sudah bisa dijadikan toko online lho, dan ini bisa dijadikan cara menghasilkan uang dari Facebook yang efektif. Platform jualan Facebook memang masih terbatas.

Tapi gak ada salahnya kita mencoba menyebar jaring di medsos ini agar ikan yang didapatkan lebih banyak. Misalnya kamu sudah punya toko online di platform reguler seperti Bukalapak atau Tokopedia.

Buka juga toko di Facebook. Kelebihan toko Facebook adalah marketingnya lebih gampang karena langsung terhubung dengan para pembeli potensial di medsos tersebut.

Ini beda dengan jualan di Bukalapak, yang memang khusus platform buat dagang. Tapi transaksi di toko Facebook dilakukan terpisah alias tak diperantarai Facebook.

Pay per click (PPC)

Model bisnis ini juga terbilang kurang familier. Namanya adalah pay per click. Merujuk pada namanya, bayaran bisa kita dapatkan dari setiap klik pada link yang kita bagikan.

Mirip-mirip dengan affiliate marketing. Tapi PPC gak terbatas pada toko online saja.

Banyak situs yang memiliki program PPC, baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Yang paling populer adalah Google Adsense.

Kita bisa menggabungkan model bisnis ini dengan blog bikinan sendiri. Nantinya, kita share link dari blog ke page Facebook.

Pengunjung yang datang ke laman blog diharapkan klik Adsense yang terpasang di blog tersebut. Dengan begitu, ada dua saluran rezeki: visitor dan PPC.

Sudah gak zamannya cari rezeki lewat hoax di Facebook. Kalau ada cara menghasilkan uang dari Facebook yang aman dan halal seperti dicontohkan di atas, kenapa masih coba cari masalah?

Memang, secara nominal, bisnis sebar hoax lebih menjanjikan. Tapi dampak dan risikonya itu lho. Mending yang pasti-pasti aja deh. Kunjungi ribuancara.com untuk update informasi terbaru dari kami.