Cara Menanam Cabe

Cara Menanam Cabe – Cabe merupakan salah satu bahan pelengkap untuk sebuah makanan. Rasa pedas yang di ciptakan cabe membuat banyak orang ketagihan. Dengan cabe kamu bisa membuat berbagai macam jenis sambal dengan menggunakan cabe. Cabe di setiap daerah memiliki rasa yang berbeda juga nama yang berbeda. Rasa pedas yang dihasilkan dari cabe karena tingginya kandungan vitamin C dalam cabe.

Pasti masih banyak orang yang belum tahu bahwa cabe ternayata memiliki kandungan vitamin C. Bahkan vitamin C dalam cabe mengalahkan vitamin C yang ada dalam jeruk ataupun lemon. Cabe biasa digunakan sebagai lalapan atau sebagai tambahan rasa pedas pada makanan. Apalagi jika memakan gorengan dengan cabe akan lebih nikmat. Potensi cabe memang sangat tinggi untuk dijadikan sebagai bahan makanan.

Inilah yang membuat banyak orang yang ingin menanam cabe sebagai salah satu usaha sampingan atau menghemat. Petani cabe juga saat ini bisa menguntungkan bagi peminatnya. Karena hampir semua orang pasti membutuhkan cabe sebagai bumbu. Cara menanam cabe yang benar juga belum banyak orang yang tahu. Sebaiknya kamu pahami dahulu cara menanam cabe yang baik dan benar sebelum menjadi petani cabe.

Banyak hal yang perlu kamu lakukan untuk menanam cabe rawit, merah, dan yang lainnya. Cara menanam cabe rawit, merah ini bisa kamu lakukan dalam pot maupun hidroponik. Sehingga kamu tidak memerlukan lahan yang besar dan bisa kamu lakukan di dalam rumah. Banyak orang yang masih menggunakan lahan sebagai sumber utamanya. Namun sekarang ini juga bisa menggunakan sistem hidroponik, pot, dan polybag. Sehingga lebih praktis dalam menanam cabe.

Kandungan Cabe

Cabe memiliki berbagai macam kandungan yang belum kita ketahui. Jika kamu ingin tahu kandungan cabe simak di bawah ini.

– Vitamin C (asam askorbat) 240%

– Vitamin B6 (pyridoxine) 39%

– Vitamin A 32%

– Besi 13%

– Tembaga 14%

– Kalium 7%

– Non Kolesterol

Itulah kandungan cabe yang bisa kami berikan kepada kamu. Memang kandungan Vitamin C dalam cabe lebih banyak daripada lemon atau jeruk. Itulah yang membuat cabe terasa pedas saat dimakan.

Cara Menanam Cabe Di Pot

Cara menanam cabe dalam pot juga memiliki cara khusus tidak asal tanam dalam pot. Simak lebih lanjut pembahasannya berikut ini.

1. Persiapkan pot

Pertama kamu siapkan dahulu pot atau tempat untuk menanam bibit cabe. Sebaiknya pilih dua pot, yang pertama untuk bibit kecil dan yang kedua untuk bibit besar. Ini akan memudahkan perkembangan bibit cabe yang akan berkembang. Pilihlah tempat yang terpapar sinar matahari, berada di tempat yang terlindung, bagian bawah pot di taburi tanah. Yang paling penting adalah dekat dengan sumber air, sehingga bisa menyiram dengan baik.

2. Persiapkan tanah

Setelah pot atau wadah disiapkan kemudian tinggal tanah yang akan dimasukan dalam pot. Pilihlah tanah yang subur, kamu bisa mengambil dari tanah sawah atau tanah gambut. Setelah itu kamu bisa campurkan tanah dengan pupuk alami seperti kotoran hewan. Baru kamu bisa taruh atau masukan dalam pot sehingga tanah tersebut subur. Karena hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan cabe. Lebih subur tanah maka akan semakin baik.

3. Pemilihan bibit cabe

Bibit cabe yang ingin di gunakan juga harus baik dan sempurna, sehingga meminimalisir kegagalan. Kamu bisa memilih bibit cabe yang memiliki tampilan dan bentuk yang bagus. Ada beberapa cara memilih bibit cabe yang bagus dan baik. Untuk cara menanam cabe merah dan juga cara menanam cabe rawit juga harus memperhatikan bibitnya. Kamu bisa menanam bibit kecil dalam polybag kecil sehingga menghemat tempat. Setelah besar kemudian bisa di pindahkan ke pot yang besar.

4. Pemindahan bibit

Setelah bibit cabe berusia kurang lebih 1 bulan kamu bisa memindahkan dari polybag ke pot. Kamu tidak bisa memindahkan langsung ke pot yang besar, ada beberapa tahap pemindahan bibit. Pertama kamu siram bibit terlebih dahulu, kemudian lakukan pemindahan pada sore hari untuk menghindari layu. Yang kedua kamu gali lubang pada pot yang besar sehingga tinggal memasukan bibit kecilnya. Setelah selesai kamu siram terlebih dahulu dengan air.

5. Pemupukan

Selanjutnya tahap pemupukan, kamu bisa menggunakan pupuk yang bagus dan berkualitas. Lakukan pemupukan secara rutin untuk menjaga perkembangan bibit cabe yang bagus. Pada tahap inilah proses perkembangan cabe akan menentukan hasil dari cabe tersebut. Kamu bisa cari cara pemupukannya di internet atau bisa tanyakan pada petani cabe yang asli.

Cara Menanam Cabe Hidroponik

Hidroponik sekarang ini sedang menjadi trend untuk petani muda. Karena sistem ini tidak menggunakan lahan kosong sebagai medianya. Kamu bisa menanam apapun dalam hidroponik. Berikut cara menanam cabe hidroponik yang dapat kami sampaikan kepada kamu semuanya.

1. Pilih benih cabe hidroponik

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk melakukan cara menanam cabe hidroponik adalah benih cabe. Benih cabe yang dipilih untuk cara menanam cabe hidroponik juga tidak sembarangan. Berikut kami berikan cara memilih benih cabe hidroponik yang bagus.

  • Kamu bisa memilih jenis benih cabe yang sesuai. Ada dua pilihan jenis benih cabe hidroponik yaitu lokal dan hibrida.
  • Benih cabe lokal lebih praktis karena mudah ditemukan dan juga mempunyai harga yang murah.
  • Jenis cabe lokal tidak hanya murah, tetapi lebih mudah juga untuk ditanam.
  • Pilihlah benih cabe yang berkualitas bagus, karena akan menentukan hasil panen cabe hidroponik

2. Penyemaian benih cabe hidroponik

Setelah berhasil memilih benih cabe hidroponik selanjutnya kamu bisa melakukan penyemaian. Cara menanam cabe hidroponik ini merupakan cara yang mudah untuk dilakukan. Simak lebih lanjut di bawah ini.

  • Pertama kamu bisa menyediakan media tanam terlbih dahulu seperti tanah, polybag, alat spray, dan lain-lain.
  • Kemudian masukan benih cabe ke dalam wadah yang berisi air hangat, kemudian biarkan hingga airnya dingin.
  • Setelah itu campurkan terlebih dahulu tanah, cocopeat dan arang sekam dengan perbandingan 1: 1: 1.
  • Masukkan tanah campuran ke dalam polybag atau tray kemudian taburkan benih secara merata, dan tutup dengan tanah secara tipis.
  • Benih akan berubah menjadi bibit siap tanam pada 5 hingga 7 hari setelah di semai.

3. Perawatan cabe hidroponik

Tahap terakhir dari cara menanam cabe hidroponik adalah perawatan cabe tersebut. Banyak petani yang lebih mempentingkan perawatan daripada semua hal di atas. Sehingga proses ini akan menentukan hasil akhir dari panen cabe. Proses perawatan ini sebaiknya kamu lakukan secara rutin dan bertahap. Hal tersebut akan membantu perkembangan bibit cabe menjadi pohon yang bagus.

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Banyak yang ingin tahu cara menanam cabe rawit di polybag. Karena ini merupakan cara mudah untuk menamam cabe dalam rumah. Kelebihannya cara menanam cabe rawit di polybag ini lebih murah dan mudah. Berikut adalah cara menanam cabe rawit di polybag.

1. Pilih bibit

Pertama kamu pilih bibit cabe yang cocok dengan sistem polybag ini. Karena ada bibit cabe yang cocok dan ada yang tidak cocok. Sebaiknya pilihlah bibit cabe yang unggul, sehingga mudah untuk di tanam.

2. Tanah subur

Kemudian kamu pilih tanah yang subur yang bisa kamu gunakan untuk sistem polybag. Banyak orang yang asal memasukan tanah, itu akan membuat bibit cabe susah untuk berkembang. Sebaiknya pilih tanah yang sudah subur lalu masukan ke dalam polybag.

3. Pemupukan

Setelah bibit cabe rawit di tanam dalam tanah yang subur tinggal proses pemupukan yang rutin. Ini akan menentukan kualitas cabe yang akan dihasilkan dari bibit tersebut. Sebaiknya kamu gunakan pupuk yang bagus dan berkualitas tinggi.

4. Perawatan

Tahap terakhir adalah perawatan cabe rawit dalam polybag. Banyak orang yang melupakan tentang perawatan ini. Malahan tahap inilah yang menjadi kunci utama dalam bertanam di polybag. Ini akan menentukan kualitas cabe yang dihasilkan.

Itulah beberapa cara menanam cabe yang bisa kami jelaskan dalam artikel ini. Cabe merupakan bahan utama untuk membuat sambal yang enak dan lezat. Setiap daerah pasti memiliki sambal yang khas dan rasa sendiri. Inilah yang membuat cita rasa kuliner di Indonesia sangat enak. Banyak sekali jenis sambal yang ada di indonesia, sehingga ada restoran yang menyediakan berbagai macam sambal.

Demikian artikel tentang cara menanam cabe rawit dan merah ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi siapa saja. Jangan lupa untuk terus share ke sosial media dan teman-teman kamu. Itu akan membantu kami terus berkembang dan membuat artikel baru. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru. Terima kasih telah membaca artikel ini.