Cara Membuat Watermark Di Excel

cara membuat watermark di excel
cara membuat watermark di excel

Cara Membuat Watermark Di Excel – Watermark merupakan salah satu cara untuk menjaga copyright atau hak milik kita. Sehingga orang yang menggunakan file atau aplikasi tersebut dapat mengetahui hak milik seseorang. Salah satu contohnya foto atau gambar, sekarang untuk mendapatkan foto atau gambar sangat mudah. Sehingga perlu di beri watermark agar copyright masih ada.

Dengan adanya watermark maka creator atau pembuat akan merasa aman karena masih ada hak ciptanya. Tidak hanya foto, tetapi musik, aplikasi, barang mahal juga mempunyai copyright namun tidak menggunakan watermark.

Kali ini kami akan menjelaskan cara membuat watermark di excel dengan mudah. Siapa yang tidak tahu excel? Pasti semua orang mengetahui aplikasi dari microsoft ini. Nah dalam membuat excel yang bagus pasti tidak ingin dibagi secara gratis. Untuk menanggulangi hal tersebut kamu bisa membuat watermark.

Cara Membuat Watermark Tulisan Di Excel

Tipe watermark yang sering kita temui merupakan tulisan, karena sangat mudah dibaca. Watermark ini sering di temui pada web gambar yang mempunyai copyright. Penggunaan tulisan dalam watermark lebih mudah dibuat dan dibaca. Sehingga lebih banyak digunakan ketimbang gambar atau logo.

  1. Langkah pertama kamu buka excel atau file excel yang ingin di beri tulisan watermark.
  2. Setelah itu kamu pilih pada tab Insert > Word Art (Alt + N + W).
  3. Pilih jenis font atau word art yang sesuai dengan keinginan kamu. Namun lebih baik menggunakan yang standart karena bisa dilihat dengan mudah.
  4. Pada Tab Format pilih tanda panah kecil di pojok kanan bawah bagian WordArt Style, akan muncul format shape.
  5. Setelah itu pilih icon A , bagian text file pilih solid fill, bagian text outline pilih no line, kemudian atur transparency sesuai selera.
  6. Sekarang kamu sudah bisa membuat watermark tulisan di excel dengan mudah.

Itulah cara membuat watermark di excel yang bisa kami sampaikan kepada kamu. Cara tersebut terbilang mudah untuk dibuat dan dilakukan, karena termasuk simple.

Cara Membuat Watermark Gambar Di Excel

Setelah bisa membuat watermark tulisan ada satu lagi tipe watermark yaitu gambar atau logo. Penggunaan watermark ini memang jarang digunakan karena memerlukan gambar khusus. Sehingga lebih mudah menggunakan tulisan dibandingkan gambar atau logo.

  1. Buka file exel yang ingin di tambahkan watermark gambar atau aplikasinya.
  2. Setelah itu pilih pada tab Insert > Header & Footer (Alt + N + H)
  3. Kemudian akan masuk ke header & footer, pilih tab Design > Picture.
  4. Akan muncul pilihan untuk menginsert gambar, pilih Form a file kemudian pilih gambar yang ingin di tambah.
  5. Setelah dipilih maka akan keluar kode gambar &picture di bagian header. Hal tersebut karena gambar berhasil di tambahkan.
  6. Letakan kursor di bagian tulisan tersebut, kemudian enter sampai di tengah. Hal tersebut agar gambar berada di tengah. Lalu asal klik untuk memunculkan gambar.
  7. Selanjutkan tinggal mengatur transparency saja agar gambar atau watermark tidak terlalu terang. Masuk pada tab Design > Format Picture pada bagian image control ubah bagian color menjdai Washout setelah itu atur Brightnes & Contrast sesuai selera.

Itulah beberapa cara membuat watermark gambar atau tulisan yang dapat kami sampaikan. Semoga cara tersebut bisa kamu lakukan dengan baik dan mudah. Ikuti step by step atau langkah demi langkah agar tidak salah. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kamu.