Cara Membuat Jamu Tradisional Untuk Nyeri Haid

Cara Membuat Jamu Tradisional Untuk Nyeri Haid
Cara Membuat Jamu Tradisional Untuk Nyeri Haid

Cara Membuat Jamu Tradisional Untuk Nyeri Haid – Nyeri Haid merupakan rasa nyeri yang datang sewaktu menjelang haid atau pada saat menstruasi. Gejalanya dapat ditandai dengan rasa yang sakit, perut terasa mules di bagian bawah sampai ke pinggang juga paha. Hal ini dapat terjadi akibat adanya kontraksi yang ada di rahim.

Nyeri haid adalah salah satu masalah yang pasti dialami oleh para wanita, kondisi lainnya yakni keputihan. Nyeri haid merupakan kram otot yang dirasakan di perut bagian bawah yang biasanya muncul sebelum atau saat mengalami haid.

Nyeri yang dirasakan terkadang akan terasa cukup parah serta mampu menyebar sampai ke daerah punggung bahkan ke paha. Sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri ini dapat berlangsung selama dua sampai tiga hari.

Biasa para kaum hawa bila merasakan nyeri yang seperti ini akan mencari jamu sebagai penawar rasa nyeri. Sekarang ini telah banyak jamu nyeri haid yang dijual di pasaran. Namun akan lebih baik apa bila jamu tersebut diolah sendiri dengan bahan tradisional.

Baca Juga Inilah Manfaat Kubis Yang Belum Anda Ketahui

Baca Juga Manfaat Buah Strawberry

Baca Juga Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

Dibawah ini akan admin berikan cara membuat jamu tradisional untuk nyeri haid :

  • Daun Mint

    Daun Mint
    Daun Mint

Cara mengatasi nyeri dengan menggunakan daun mint ini sangat mudah. Tidak perlu dengan dikunyah. Cukup dengan menyeduh bersama dengan teh, lalu diminum 1-2 cangkir setiap harinya. Rasa nyaman akan mulai terasa di perut, dan nyerinya juga akan sedikit menjadi berkurang.

  • Jahe

    Jahe
    Jahe

Iris 5 cm jahe secara tipis-tipis remuka remukkan/digeprek. Kemudian rebus di dalam panci yang berisi 3 gelas air, sisakan sampai 1 gelas saja. Tambahkan dengan sedikit gula, minum jahe tersebut tiga kali dalam sehari (1 gelas untuk sehari, dibagi 3.)

  • Daun Kemangi

    Daun Kemangi
    Daun Kemangi

Kemangi juga pain killer yang sangat efektif sebab kandungan caffeic acid di dalamnya. Kemangi ini bisa meringankanrasa nyeri haid. Akan tetapi, ia juga bisa menurunkan tekanan darah. Sehingga akan lebih baik untuk tidak dikonsumsi terlalu banyak. Cara mengonsumsinya, cukup dengan campurkan pada masakan atau pada sambal sebagai lalapan.

  • Kayu Manis

    Kayu Manis
    Kayu Manis

Kayu manis merupakan bahan anti peradangan dan dapt membantu untuk meredakan nyeri haid. Cukup dengan diseduh bersama teh, atau juga dapat dicampurkan di bahan kue atau bahan masakan lainnya.

  • Kunyit

    Kunyit
    Kunyit

Kunyit juga mengandung kandungan bahan anti peradangan sehingga bisa untuk membantu meredakan rasa nyeri haid. Sekarang ini lebih mudah sebabnya telah ada kunyit kemasan di dalam botol yang siap untuk diminum kapan saja. Namun bila Anda malas membelinya, Anda bisa juga untuk membuatnya dengan sendiri. Caranya yakni ambil kunyit secukupnya lalu diparut dan juga peras airnya. Tambahkan dengan sedikit madu pada air perasan kunyit tadi dan langsung diminum.

  • Air Kelapa Hijau

    Air Kelapa
    Air Kelapa

Air kelapa hijau telah dipercaya dan juga dijadikan sebagai obat untuk mengatasi macam – macam penyakit, seperti keracunan makanan sampai dengan obat nyeri disaat menjelang haid. Caranya, air kelapa hijau dicampur dengan sedikit gula kelapa /madu/gula aren. Minum 2 kali dalam sehari selama 3 hari berturut – turut saat menjelang haid.

  • Asam Jawa dan Temulawak

    Asam Jawa
    Asam Jawa

Bahan yang dibutuhkan adalah Asam jawa yang telah matang sebesar telur merpati, ½ rimpang temulawak, gula jawa secukupnya serta air satu gelas. Cara membuatnya adalah Temulawak diiris dengan tipis, lalu direbus dengan bahan yang lainnya dalam segelas air sampai tersisa ½ gelas. Sesudah itu, saring dan juga minum airnya sekaligus selagi airnya masih hangat. Lakukan pengobatan tradisional ini dengan dosis yang sama dalam kurun waktu selama satu minggu.

Itulah bebrapa cara untuk membuat jamu tradisional nyeri haid yang telah dipercaya dapat meredakan nyeri haid. Lihat ribuancara.com untuk melihat cara yang terbaru dan mudah dilakukan