Cara Membuat Animasi Di PowerPoint

Cara Membuat Animasi Di PowerPoint – Animasi dalam PowerPoint betul-betul dapat menarik perhatian audience anda ke elemen presentasi. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi terpisah untuk membuat efek animasi. Ada dua jenis animasi utama dalam Microsoft PowerPoint yang akan anda pelajari untuk digunakan dalam tutorial Cara Membuat Animasi Di Powerpoint ini:

Object animations (animasi objek), yang merupakan item individual seperti teks atau bentuk yang bergerak dalam slide.

  1. Animated transitions (animasi transisi), efek yang dimainkan saat anda berpindah dari satu slide ke slide berikutnya di PowerPoint.
  2. Animated transitions (animasi transisi), efek yang dimainkan saat anda berpindah dari satu slide ke slide berikutnya di PowerPoint.

 Dalam tutorial ini, saya akan mengajarkan cara menguasai animasi PowerPoint. Anda akan belajar menambahkan beberapa jenis animasi utama ke dalam presentasi. Anda juga akan belajar menggunakan i9 Temlate System, yang menampilkan animasi terbaik yang pernah saya lihat di PowerPoint.

Anda dapat menemukan lebih banyak template powerpoint animasi yang menakjubkan di GraphicRiver, atau melihat-lihat pilihan yang telah diseleksi berikut ini: 

Sekarang mari kita masuk ke tutorial animasi PowerPoint ini, dimulai dengan tips bermanfaat:

Tips Menggunakan Animasi di PowerPoint

Hanya karena anda dapat menganimasikan segala sesuatu dalam PowerPoint tidak berarti anda harus melakukannya. Kita semua pernah merasakan presentasi yang membosankan karena animasi yang mengganggu.

Animasi berfungsi untuk melengkapi konten dan menarik mata pengguna ke elemen kunci. Efek animasi seharusnya tidak menjadi fokus utama slide; konten anda seharusnya yang menjadi hal utama. Berikut adalah tips utama untuk menambahkan animasi ke presentasi PowerPoint dengan selera yang tinggi:

  • Batasi diri anda pada satu sampai dua animasi kunci pada setiap slide agar tidak mengganggu penonton.
  • Gunakan animasi untuk menarik perhatian pada poin-poin kunci pada slide daripada menerapkannya secara acak.
  • Gunakan efek animasi sederhana seperti fade atau dissolve yang mana tidak terlalu mengganggu daripada flashier.

Dengan pemikiran tersebut, mari dalami cara untuk menambahkan animasi PowerPoint dalam presentasi:

Menambahkan Animasi Objek di PowerPoint

Animasi objek membawa elemen ke atau keluar dari slide PowerPoint. Anda dapat menggunakan efek ini untuk mengungkapkan poin kunci atau menarik perhatian ke bagian tertentu dari slide. Misalnya, bayangkan membiarkan kesimpulan untuk setiap slide tersembunyi sampai anda menekan tombol pada remote anda.

Untuk memulai dengan animasi objek, mulailah dengan mengklik sebuah elemen pada slide anda. Anda dapat memilih elemen seperti text box, gambar, chart, atau bahkan segala bentuk yang anda buat pada slide tersebut.

Sekarang, klik tab Animations pada ribbon PowerPoint. Menu ini memudahkan dalam memilih animasi untuk ditambahkan ke objek.

Klik pada bagian slide yang ingin anda animasikan. Sekali lagi, ini bisa berupa text box, gambar, chart, atau segala objek yang dapat anda pilih pad slide.

Setelah anda memiliki objek untuk dipilih, cukup klik salah satu thumbnail animasi. PowerPoint akan memainkan preview animasi yang dipilih dan anda akan melihat objek tersebut muncul di slide.

Sekarang, cukup klik pada animasi yang ingin anda tambahkan ke dalam objek. Sebaiknya pilih efek animasi sederhana seperti Fade atau Appear. Menjaga animasi tetap sederhana akan membawanya ke slide secara alami dan tidak mengalihkan perhatian penonton.

Sequence Object Animations dalam PowerPoint

Jika anda telah menambahkan beberapa animasi ke slide yang sama, anda mungkin ingin menyusun ulang (reorder) objek animasi tersebut. Misalnya, gambar anda mungkin masuk ke slide sebelum judulnya muncul.

Dalam hal ini, cara berikut membantu untuk melakukan resequence animasi. Untuk reorder animasi, alihkan ke tab Animations pada ribbon PowerPoint.

Kemudian, cari tombol Animation Pane dan klik di atasnya untuk membuka panel yang menampilkan semua animasi pada slide.

Di sisi kanan, anda akan melihat Animation Pane terbuka, dan anda akan melihat daftar animasi yang akan dimainkan di slide. Pada contoh di bawah ini, anda dapat melihat dua animasi di samping, yang masing-masing mewakili animasi yang dimiliki objek.

Untuk menyusun ulang (reorder) animasi, cukup drag and drop mereka ke list pada Animation Pane. Anda dapat mengeklik Play All untuk melihat preview animasi setelah mereka di-reorder.

Menambahkan Transisi Slide PowerPoint

Transisi (transition) slide ditunjukkan sebagai efek saat anda berpindah dari satu slide ke slide berikutnya. Ini adalah bentuk animasi lain yang bisa anda gunakan dengan relatif mudah.

Untuk menerapkan transisi slide, mulailah dengan memilih (selecting) slide dan mengklik Transitions pada ribbon PowerPoint. Dengan slide yang dipilih, anda cukup mengklik salah satu thumbnail animasi pada ribbon untuk menerapkannya pada slide saat ini. Anda akan melihat preview pemutaran animasi transisi yang aktif tersebut.

Perhatikan bahwa slide yang memiliki animasi menampilkan ikon kecil di sidebar-nya, sehinggaaAnda dapat dengan mudah mengidentifikasi slide yang telah anda gunakan untuk transisi. Anda selalu bisa mengklik tombol Preview untuk memutar animasi pada slide yang aktif.

Ada tiga opsi utama lainnya yang dapat anda atur pada ribbon untuk setiap transisi slide: 

  1. Sound – Pilih opsi dropdown untuk memutar suara saat slide bergerak maju.
  2. Duration – Ini menggambarkan durasi (kecepatan) yang dimainkan animasi tresebut. Anda dapat mengatur durasi yang lebih lama dalam hitungan detik agar animasi dapat dimainkan lebih lambat, atau mempersingkatnya untuk transisi yang lebih cepat.
  3. Advance Slide – Daripada menjalankan slide dengan mengklik melalui presentasi bersangkutan, anda dapat mencentang opsi “After” untuk secara otomatis mengubah slide setelah jangka waktu tertentu.

Prinsip-prinsip dalam membatasi animasi dan efek adalah sama untuk transisi slide: gunakan dengan hemat, dan gunakan efek dissolve atau fade yang sederhana. Presentasi PowerPoint hanyalah sebuah bantuan untuk menampilkan konten anda dan itu tidak boleh mengalihkan perhatian pemirsa dari konten itu sendiri.

Buat Animasi PowerPoint yang Lebih Baik

Sejauh ini, kami telah membahas dasar-dasar animasi PowerPoint. Sementara efeknya sederhana dan mudah diterapkan, ada opsi animasi yang lebih baik di luar sana berkat sistem template i9. Sistem i9 adalah kumpulan tema PowerPoint yang dapat anda gunakan untuk membuat presentasi animasi yang profesional. Penulis file template ini telah berusaha keras untuk membangun animasi yang lebih mengesankan daripada opsi built-in di PowerPoint.

Pada bagian ini, saya akan memandu anda membangun presentasi PowerPoint dengan i9. Anggap saja kita mencoba merekrut karyawan ke perusahaan kita dan akan menggunakan template i9 untuk membuat presentasi yang menarik.

Terus Belajar Lebih Banyak tentang PowerPoint & Membuat Presentasi yang Hebat

Tutorial ini menunjukkan betapa mudahnya menambahkan animasi di Microsoft PowerPoint. Apakah Anda menggunakan animasi objek built-in atau memilih template presentasi PowerPoint teratas seperti i9, animasi dapat menarik perhatian pada saat yang tepat ke titik-titik utama Anda.

Untuk panduan yang lebih komprehensif untuk membuat presentasi, pastikan dan lihat Panduan Ultimate.

Juga, jangan lewatkan dan kunjungi ribuancara.com untuk informasi terbaru. Yang akan membantu Anda mempelajari animasi di PowerPoint.