Cara Kompres Video

Cara Kompres Video – Sekarang banyak sekali platform yang mengutamakan file video. Salah satu platform video yang banyak sekali digunakan adalah youtube. Namun video merupakan salah satu file yang cukup besar karena menggunakan kualitas yang besar. Sekarang di youtube saja sudah tersedia 60 fps dan itu menambah ukuran video. 60 fps berarti satu detik ada 60 gambar yang bergantian tayang atau tampil.

Untuk ukuran film saja butuh kuran lebih 1GB untuk kualitas 720p apalagi yang kualitas 1080p. Anak melenial juga sangat suka dengan mulitmedia terutama video. Banyak karya anak muda yang bisa kamu lihat di youtube atau internet. Nah untuk membuat video diperlukan penyimpanan yang besar untuk video. Karena satu video sekarang ini sudah berukuran lebih besar daripada zaman dahulu.

Nah untuk menanggulangi masalah tersebut file video tersebut harus di kompres dahulu agar ukuran mengecil. Dengan menggunakan cara kompres video ini maka video kamu akan lebih kecil dan mudah disimpan. Sehingga bisa mengurangi penyimpanan menjadi lebih besar.

Ada banyak cara kompres video yang dapat kamu lakukan, salah satunya dengan internet. Namun ada cara kompres video di android dan di laptop yang dapat mengurangi ukuran file video. Dengan mengurangi ukuran video tentu saja akan mengurangi kualitas video tersebut. Karena pasti akan mengecilkan ukuran pixel yang ada dalam video tersebut.

Apa saja cara kompres video yang dapat membantu kamu dalam hal video dan lainnya? Berikut adalah beberapa cara kompres video online, di android, dan di laptop yang dapat kamu praktekan. Untuk penjelasan lebih lanjut kamu bisa menyimak dibawah ini.

Cara Kompres Video Online

Pada zaman penuh teknologi ini sudah mengandalkan internet untuk melakukan sesuatu. Orang biasa menyebutnya dengan online, atau dalam jaringan. Apalagi jika tidak ada koneksi maka terasa seperti tinggal di zaman batu. Dengan adanya koneksi atau jaringan maka kita bisa terhubung dengan seluruh dunia.

Untuk cara kompres video juga ada yang online atau menggunakan internet. Sehingga akan lebih mudah daripada menginstal di laptop atau android. Namun kamu harus memiliki koneksi internet yang cepat, karena membutuhkan data yang besar. Simak cara kompres video online lebih lanjut berikut ini.

1. Video Smaller

Kamu bisa menggunakan salah satu penyedia kompres online yaitu videosmaller.com yang mudah. Aplikasi ini berbasis website yang dapat kamu cari di internet. Maksimal ukuran video yang dapat di kompres dalam video smaller adalah 500mb. Kamu bisa menyeting kualitas, scale, dan menghapus audio dalam video. Aplikasi ini sudah banyak digunakan banyak orang untuk cara kompres video online.

2. Clip Champ

Aplikasi cara kompres video online berikutnya adalah Clip Champ, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengkompres video secara online. Kekurangan aplikasi ini adalah berbayar tetapi ada yang gratis walaupun ada watermark. Juga harus mendaftar dahulu untuk mengkompres video secara online. Cara kompres video online menggunakan aplikasi ini tidak begitu bagus.

3. PS2PDF

Kamu bisa juga menggunakan aplikasi ps2pdf yang berbasis website. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menkompres video dengan kualitas bagus. Cara kompres video dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Kamu tinggal memilih file video yang ingin kamu kompres secara online. Kamu juga bisa menyeting preset dan output extension dengan mudah.

Cara Kompres Video Di Android

Sekarang sudah banyak orang yang menggunakan android daripada laptop atau komputer. Karena andorid sekarang sudah setara laptop atau komputer sehingga lebih mudah dibawa. Selain itu kita bisa menyelesaikan tugas menggunakan hp atau android. Ada juga cara kompres video di android yang mudah. Banyak aplikasi di play store yang bisa mengkompress video dengan cepat. Simak lebih lanjut cara kompres video di Andorid berikut ini.

1. VidCompact

Kamu bisa mendownload dan install vidcompact lewat play store atau internet. Ikuti langkah-langkah selanjutnya berikut ini.

  • Setelah mendownload dan menginstall kamu bisa membukanya.
  • Akan muncul 3 pilihan, pilih yang trim & compress
  • Bisa kamu pilih kualitas kompresan yang dihasilkan bisa 240p atau 360p.
  • Setelah kamu setting bisa klik atau tap bagian pojok kanan atas.
  • Selanjutnya kamu bisa menyimpannya di galeri atau mau share ke sosial media.
  • Selesai.

Itulah cara kompres video di android yang bisa kamu gunakan setiap hari. Dengan aplikasi di andorid maka kamu bisa mengkompres video dimanapun dan kapanpun. Terlebih lagi aplikasi ini tidak membutuhkan internet untuk proses kompresinya.

Cara Kompres Video Di Laptop

Banyak sekali pengguna laptop yang menggunakan untuk membuat video. Sehingga lebih bagus kompres video langsung dari alatnya. Ada banyak aplikasi untuk kompres video yang dapat kamu install. Dengan menggunakan aplikasi di laptop maka lebih cepat tanpa memerlukan internet. Sehingga akan lebih mudah dan cepat. Berikut adalah cara kompres video di laptop yang dapat kamu simak.

  1. Download aplikasi handbrake.
  2. Pertama instal handbrake di komputer atau laptop. Setelah selesai instalisasinya kemudian buka dan langsung cari file video yang akan dikompres ukurannya.
  3. Setelah memilih file video yang akan dikompres, kemudian pilih lokasi untuk menyimpan hasil kompresinya. Di bagian “Destination”, Klik “Browse” dan pilih lokasinya sambil memberikan nama file tersebut sesuai keinginan.
  4. Secara otomatis hasil video yang dihasilkan akan tersimpan di lokasi folder yang sama, namun perhatikan dan bedakan nama filenya.
  5. Di daerah“Presets” pilih “Normal”, dan atur “Output Setting” pilih “MP4”, dan centang “Web Optimized”. Kemudian ubah ukuran resolusi video tersebut menjadi 360p, 480p atau 720p. Bisa juga lebih kecil dari aslinya yang otomatis muncul.
  6. Di bagian Tab “Video”, Atur “Video Codec” menjadi “H.264 (x264)”.
  7. Klik “Start Encode” yang ada dibagian atas, setelah itu handbrake akan dengan cepat memproses video tersebut. Tunggu hasil video kompresi tersebut dalam beberapa menit. Kecepatan kompresi tergantung pada spesifikasi CPU yang digunakan.
  8. Setelah proses kompresi videonya selesai, buka folder lokasi yang dipilih tadi diawal serta lihat kualitasnya. Bisa kamu bandingkan sebelum dan sesudah dikompresi dari segi ukuran akan berkurang lumayan banyak. Kualitas videonya pun masih tetap bagus dan masih dapat enak dipandang.

Itulah beberapa cara kompres video yang bisa kamu praktekan sendiri. Dengan kompres video ini kamu bisa mengecilkan ukuran video kamu. Sehingga tidak perlu dengan ukuran video yang kamu punya. Dan memudahkan penyimpanan menjadi lebih longgar dan kosong.

Demikian artikel tentang cara kompres video yang dapat kami jelaskan. Semoga cara tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share ke sosial media dan teman-teman kamu, untuk membantu kami berkembang. Kunjungi terus ribuancara.com untuk mendapatkan informasi dan cara terbaru dari kami. Terima kasih telah membaca artikel ini.